Accounting Fun Learning untuk Mendukung Semangat Kewirausahaan Siswa-Siswi SMA Dharma Karya Tangerang Selatan

Rini Subekti, Elisabeth Ria Viana Praningtyas, Putu Ayu Anggya Agustina

Abstract


Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Program Studi Akuntansi, Universitas Terbuka telah melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat melalui pembelajaran akuntansi dalam bentuk skenario yang diberikan kepada Siswa-siswi SMA Dharma Karya. Kegiatan ini dilakukan berdasarkan informasi bahwa semangat kewirausahaan ada dalam diri Siswa-siswi SMA Dharma Karya. Hal ini terbukti dari kepemilikan terhadap online business di sosial media mereka. Sayangnya, semangat kewirausahaan ini belum didukung dengan pencatatan akuntansi yang tepat. Padahal, pencatatan akuntansi yang tepat dapat membuka peluang bisnis mereka menjadi semakin besar. Berangkat dari hal tersebut, kegiatan PkM ini dilakukan terhadap Siswa-siswa SMA Dharma Karya melalui metode Accounting Fun Learning. Metode pembelajaran ini mendapat antusias dari siswa-siswa SMA Dharma Karya. Hasil dari PkM menunjukkan adanya kesadaran bahwa bahwa sebenarnya selama ini siswa telah melakukan kegiatan akuntansi dalam kehidupan sehari-hari. Mereka juga menyadari bahwa pencatatan akuntansi sangat penting sehingga jika dilakukan dengan lebih baik lagi maka akan dapat mendukung bisnis mandiri yang sedang mereka jalankan. Pada kesimpulannya, mempelajari akuntansi tidak selalu berkutat pada angka-angka di buku cetak dan aktivitas penjurnalan yang monoton di kelas, namun justru dapat dilakukan dengan pendekatan sehari-hari yang seru dan mengasyikkan sehingga siswa dapat memahami materi akuntansi lebih baik


Keywords


Accounting Fun Learning, Pelatihan Akuntansi, Online Business, SMA Dharma Karya

Full Text:

PDF

References


Akpanobong, Uyai Emmanuel. 2019. Basic Accounting Education: A Necessity For All. European Journal of Accounting, Auditing and Finance Research Vol.7, No. 1, pp.39-47

Efriyenti, D., & Tukino, T. (2020). Pembinaan Pengelolaan Keuangan Dengan Aplikasi ABSS Accounting Pada UKM Snack dan Cookies di Kota Batam. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Politeknik Negeri Batam, 2(2), 73-85.

Safriansah, S., Zukhri, N., & Andriyansah, A. (2021). Analysis of Financial Performance Using Budget Absorption Indicators. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 4(1), 1467-1478.

Susanto, L, Merry Susanti. 2019. Pelatihan PenerapanAkuntansi Perusahaan Dagang SMA TRI RATNA. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia ISSN 2620-7710 (Versi Cetak) Vol. 2, No. 1, Mei 2019, Hal. 99-104 ISSN 2621-0398 (Versi Elektronik)

Sedayu, A. S., & Andriyansah, A. (2021). Pemanfaatan Big Data pada Instansi Pelayanan Publik. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(7), 543-548.

Sitompul, D. N., & Hariani, P. P. (2020). Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan Menggunakan Aplikasi Accurate Untuk Guru-Guru SMK Di Kota Binjai. IHSAN: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 7-12.

Zahra, Femilia, Ni Made Suwitri Parwati, Siswandaru Kurniawan, Rickson Heriyanto Simanjuntak, Hamonangan Siallagan, and Retno Mulatsih. "DOES ACCOUNTING CONTROL SYSTEM BOOST MARKETING CAPABILITIES?."

Zahra, F. (2017). Student awareness towards social entrepreneurship: A qualitative study. Technology, 8(6), 457-464.




DOI: https://doi.org/10.30596/ihsan.v5i1.14426

DOI (PDF): https://doi.org/10.30596/ihsan.v5i1.14426.g9108

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Online ISSN:2685-9882