Peran Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) Dalam Pembinaan Sekolah Sehat

Sabrina Sella, Henni Febriawati, Afriyanto Afriyanto

Abstract


Usaha kesehatan Sekolah (UKS) memiliki peran yang penting dalam pembinaan sekolah sehat. Trias program pokok UKS yaitu upaya pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan dan menciptakan lingkungan kehidupan di sekolah. upaya dari berbagai pihak khususnya pihak sekolah dalam mengembangkan peran dan fungsi UKS merupakan faktor utama penentu keberhasilan dari UKS. UKS SDN 102 terlihat tidak berjalan, permasalahannya adalah minimnya pembelajaran UKS disekolah, tidak lengkapnya sarana prasarana penunjang, proses penerapan PHBS, guru tidak dibekali cukup pelatihan tentang praktik baik PHBS sesuai dengan kaidah/pedoman UKS, kurangnya minat serta pemahaman terhadap UKS, dan rendahnya kesadaran siswa dalam menerapkan PHBS sesuai dengan kaidah UKS dalam kehidupan sehari-hari. Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan Guru Pembina UKS, guru dan peserta didik terhadap UKS, PHBS dan P3K di sekolah sehingga dapat meningkatkan derajat kesehatan warga sekolah. Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini dilaksanakan di SDN 102 kota bengkulu dengan rangkaian kegiatan yaitu memberikan penjelasan atau pengetahuan yang berkaitan dengan konsep UKS, PHBS dan P3K di sekolah. Metode yang digunakan yaitu ceramah, diskusi, tanya jawab serta pengisian angket. Hasil pengabdian ini yaitu adanya keinginan siswa untuk mulai peduli terhadap lingkungannya, antusias siswa/siswi SD Negeri 102 Kota Bengkulu dalam rangkaian kegiatan mulai dari edukasi kesehatan PHBS, pemahaman tentang bagaimana menciptakan sekolah sehat dilaksanakan melalui  : sosialisai tentang peran UKS dalam pembinaan sekolah sehat kepada peserta didik, pendampingan dan Perencanaan tindak lanjut peserta didik sekolah untuk melakukan perubahan hidup bersih dan sehat seperti menerapkan PHBS di sekolah, hingga kegiatan gotong royong untuk menjaga kebersihan lingkungan sekolah. Disarankan untuk sekolah dapat meningkatkan praktik baik PHBS melalui minat dan pemahaman siswa yang tinggi terhadap UKS di setiap sekolah dasar sesuai dengan pedoman dan kaidah UKS, Hal ini agar UKS dapat berperan aktif dalam pembinaan sekolah sehat.


Keywords


UKS, PHBS, Sekolah Sehat

Full Text:

PDF

References


Angraini, W., Febriawati H., Oktarianita., & Achmad,F.R.(2023). Edukasi Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (Phbs) Pada Siswa Smp Negeri 6 Kota Bengkulu. Bengkulu : https://doi.org/10.33024/jkpm.v6i4.8947

Anwar, R. S., Rasyid, W., & Mariati, S. (2019). Pelaksanaan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) di SMP Negeri 3 Pelepat Ilir Kabupaten Bungo Jambi. Jurnal JPDO, 2(4), 1–5.

Apriani, L., & Gazali, N. (2018). Pelaksanaan Trias Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) di Sekolah Dasar. Jurnal Keolahragaan, 6(1), 20–28.

Arsil. 2017. Evaluasi Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Padang Wineka Media

Candrawati, E., & Widiani, E. (2015). Pelaksanaan Program UKS dengan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Siswa Sekolah Dasar di Kecamatan Kedung Kandang Kota Malang. Care: Jurnal Ilmiah Ilmu Kesehatan, 3(1), 15–23.

Fauziah, A. A., Nikmawati, E. E., & Patriasih, R. (2014). Studi Tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Pada Siswa SDN Sukarasa 3. Media Pendidikan, Gizi, Dan Kuliner, 3(1)

Hidayat, K. (2020). Peran Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) Sebagai Proses Prilaku Hidup Bersih dan Sehat Peserta Didik. Universitas Negeri Padang.

Harizon, P., Yanuarti, R., Febriawati, H., & Wati, N. (2023). Faktor yang Berhubungan Dengan Penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di SDN 42 Kota Bengkulu. Journal of Nursing and Public Health (JNPH), 11(1), 246–257.

Huliatunisa, Y. et. al. (2020). Kumpulan Materi Pengelolaan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) SD. Samudra Biru Yogyakarta. www.samudrabiru.co.id

Kasimbara, R. P. (2019). Layanan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) di SD Negeri Pagentan 5 Singosari Kabupaten Malang. Jurnal Kesehatan Hesti Wira Sakti, 7(2), 29–43.

Mardhiati, R. (2019). Pendidikan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (Phbs) Anak Usia Dini. Ikraith-Abdimas, 2(3), 133–141.

Notoatmodjo Soekidjo, dkk. 2012. Promosi Kesehatan di Sekolah. Jakarta : Rineka Cipta

Nurhayu, M. A., Shaluhiyah, Z., & Indraswari, R. (2018). Pelaksanaan Trias Usaha Kesehatan Sekolah pada Tingkat Sekolah Dasar di Wilayah Kecamatan Tembalang Kota Semarang. Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-Journal), 6(1), 770–779.

Raharjo, A. S., & KM, S. I. S. (2014). Hubungan Antara Pengetahuan, Sikap, dan Ketersediaan Fasilitas di Sekolah dalam Penerapan PHBS Membuang Sampah pada Tempatnya (Studi di Sekolah Dasar Negeri Banjarsari 02 Kecamatan Gabus Kabupaten Pati). Unnes Journal of Public Health, 3(1).

Susanto, dkk. 2017. Pedoman Pelaksanaan UKS/M. Jakarta : direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud




DOI: https://doi.org/10.30596/ihsan.v5i2.15101

DOI (PDF): https://doi.org/10.30596/ihsan.v5i2.15101.g10312

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Online ISSN:2685-9882