Penyuluhan Penerapan Sapta Pesona Pada Wisata Alam Gunung Dago Parung Panjang. Bogor

Triandi Pradana, Veri Dimas, Excelsis Pratasia

Abstract


Pengabdian kepada masyarakat ini bermanfaat untuk membantu warga desa Dago dalam menjaga dan melestarikan obyek wisata alam di Gunung Dago Resort melalui penyuluhan penerapan Sapta pesona yang akan memberikan pengetahuan dan penyuluhan dalam melihat daya tarik dan fasilitas pendukung yang ada di wisata alam gunung dago serta menjaga dan melestarikan daya tarik dan fasilitas tersebut dengan melakukan sapta pesona karena masyarakat ataupun penglola menjadi kunci keberhasilan untuk menjaga dan melestarikan wisata alam gunung dago Parung Panjang sehingga dapat menjadi pendapatan dan meningkatkan perekonomian masyarakat. Peserta penyuluhan sapta pesona adalah pengelola objek wisata yang tergabung didalam Lembaga Masyarakat Desa Hutan ( LMDH ) yang berjumlah 11 Peserta. Sebelum dilakukan penyuluhan, tim terlebih dulu membuat Pre-test untuk mengukur sejauh mana pemahaman peserta mengenai sapta pessona, hasil pre-test menunjukan angka yang rendah. Setelah dilakukan penyuluhan dan kemudian tim melakukan post-test untuk mengukur sejauh mana pemahaman akan materi dan pengetahuan yang disampaikan, dan kemudian ada kenaikan yang sangat signifikan mengenai pemahaman konsep sapta pesona.

Keywords


Sapta Pesona, Wisata Alam

Full Text:

PDF

References


Candra, A., & Husin, A. (2018). Identifikasi Kebutuhan Masyarakat Terhadap Pendirian Taman Bacaan Masyarakat di Desa Tanjung Seteko Kecamatan Indralaya. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment.

Choiria, I., Hanafi, I., & Rozikin, M. (2015). Pemberdayan Masyarakat Desa Hutan Melalui Lembaga Masyarakat Desa Hutan (Lmdh) Sebagai Upaya Meningkatkan Pendapatan Masyarakat (Studi Pada Lmdh Salam Jati Luhur KPH Nganjuk). Brawijaya University.

Elvirandini, V. (2018). Kerjasama Pemerintah Daerah Dengan Perum Perhutani Dan Lembaga Masyarakat Desa Hutan Dalam Pengelolaan Hutan (Studi Pada Program Paha Sylpi Di Desa Setren Kecamatan Ngasem Kabupaten Bojonegoro). Publika, 6(2).

Isdarmanto, SE., MM., M. P. (2017). Dasar-Dasar Kepariwisataan dan Pengelolaan Destinasi Pariwisata.

Kanom, Darmawan, R. N., & Nurhalimah. (2020). Sosialisasi Penerapan Sapta Pesona Dalam Perencanaan Dan Pengembangan Destinasi Pariwisata Berkelanjutan Di Lider Desa Sumberarum Kecamatan Songgon Kabupaten Banyuwangi. CENDEKIA: JURNALPENGABDIAN MASYARAKAT, 2(1), 24–32.

Kurniawan, H. C. (2022). ANALISIS PENGARUH INSTAGRAM TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG WISATAWAN DI BUKIT DAGO PARUNG PANJANG, BOGOR. Jurnal Hospitality dan Pariwisata, 8(1).

Lapotulo, N., Widia, K., & Aisah. (2023). Penyuluhan sapta pesona kenangan di pulau buluh kecamatan bulang kota batam. Jurnal Keker Wisata, 1(1), 116–127.

Muhtadi, & Pawast, D. I. (2021). Implementasi Program Pengelolaan Hutan Bersama Masyarakat ( PHBM ) di Kawasan Wisata Alam Gunung Dago Kabupaten Bogor. Jurnal Hutan Dan Masyarakat, 13(2), 135–146. https://doi.org/10.24259/jhm.v13i2.18758

Pradana, T., & Simamora, V. I. J. (2023). PELATIHAN MEMBUAT MINUMAN KOPI HERBAL SEBAGAI PRODUK MINUMAN UMKM DI KAMPUNG BEKELIR TANGERANG. AMALIAH: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 7(1), 76-82.

Pradana, T., & Purba, A. S. (2023). Pengaruh Atraksi Wisata, Citra Destinasi dan Aksesibilitas, Terhadap Minat Berkunjung Wisatawan di Objek Wisata Gunung Dago, Bogor. Cakrawala Repositori IMWI, 6(1), 275-288.

Rahim, I. F. (2012). Buku Pedoman Kelompok Sadar Wisata. Jakarta: Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.




DOI: https://doi.org/10.30596/ihsan.v5i2.15591

DOI (PDF): https://doi.org/10.30596/ihsan.v5i2.15591.g10318

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Online ISSN:2685-9882