Penguatan Tata Kelola Menuju Pengembangan Desa Digital

Zainur Hidayah, Minrohayati Minrohayati, Putu Ayu Anggya Agustina, Moh Abdul Basir, Resti Monica, Muhammad Akram Ramadhan, Andriyansah Andriyansah

Abstract


Pelaksanaan kegiatan ini bertujuan untuk penguatan tatakelola agar desa dapat menjadi desa yang berbasis digital. Pelaksanaan tersebut Merujuk pada Undang-undang nomor 6 Tahun 2014 pasal 86 tentang Sistem Informasi Pembangunan Desa dan Pembangunan Kawasan Perdesaan.  Mitra yang menjadi kegiatan ini adalah Desa Senang Hati yang berada di Kabupaten Lebak dengan jarak tempuh sepanjang 177 km dari Universitas Terbuka lama perjalanan selama 3,5 jam menggunakan kendaraan mobil. Untuk menuju desa digital tim melaksanakan pelatihan dan pendampingan dalam tiga tahap. Tahap pertama merupakan materi tentang tata Kelola, materi kedua tentang pemasaran digital dan tahap ketiga adalah evaluasi. Hasil kegiatan ini masyarakat lebih akrab dengan dengan teknologi dan behasil membuat website desa. Adapun tujuan dari pembuatan website tersebut adalah untuk media imformasi, komunikasi dan promosi.

Keywords


Tatakelola, Desa Digital, Pemasaran Digital

Full Text:

PDF

References


Andriyansah. (2023). Online Shop Favorit Baru Transaksi Jual Beli Produk yang Semakin Digemari. https://www.jalurinfosulbar.id/

Andriyansah, Fatimah, F., Rezi, Sadiah, A. A., Al Rasyid, H., & Meirisa. (2023). Menambahkan Nilai Ergo-Ikonik Pada Produk Kewirausahaan Mahasiswa untuk Meningkatkan Penjualan. Ihsan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 40–47. https://jurnal.umsu.ac.id/index.php/IHSAN/article/view/14361

Andriyansah, Harsasi, M., Pujiwati, A., Ginting, G., Hidayah, Z., Sylvana, A., Irmawaty, Nasoha, M., Sunarsih, N., Maesaroh, I., Subekti, R., & Praningtyas, E. R. V. (2023). EKSPLORASI NILAI PRODUK ERGO-IKONIK PADA UMKM DI PULAU DUA KEPEMILIKAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA DAN KERAJAAN MALAYSIA. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(5), 1734–1739.

Andriyansah, Rulinawaty, Adamy, Z., Yunitasari, S. E., & Djajasasmita, A. S. N. G. (2023). Mengembangkan Bisnis Kopi Berbasis Nilai Ergo-Ikonik: Coffee Business Development Based on Ergo-Iconical Values. PengabdianMu: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(4)., 8(4).

Geraldina, I., Andriyansah, Safitri, J., Auliq, M. A., Latif, A. S., & Nugraha, A. Y. (2023). IMPLEMENTASI MODEL BISNIS PESANTREN BERBASIS DIGITAL DENGAN METODE CANVAS. Amaliah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1).

Pratiwi, W. R., Acfira, L. G., Ilmudinulloh, R., Gusti, H. I., & Andriyansah. (2023). PELATIHAN TOURISM ENGLISH PUBLIC SPEAKING UNTUK GENERASI MUDA BULUKUMBA. Amaliah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1).

Pratiwi, W. R., Andriyansah, Arifin, A. H., Sultan, Z., & Acfira, L. G. (2023). PENTAS LITERASI RELIGI DAN SENI: MEMOTIVASI ANAK USIA DINI AGAR SEMAKIN MENUMBUHKAN AKHLAK KHARIMAH. 6(5), 1523-1532.




DOI: https://doi.org/10.30596/ihsan.v6i1.16215

DOI (PDF): https://doi.org/10.30596/ihsan.v6i1.16215.g11242

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Online ISSN:2685-9882