Pemetaan Kebutuhan dalam Rangka Peningkatan Pelayanan dan Kesejahteraan Anggota Koperasi Jasa Pegawai Republik Indonesia (KJPRI) Universitas Brawijaya

Asfi Manzilati, Nayaka Artha Wicesa, Muhammad Dandy Alif Wildana, Virginia Nur Rahmanti

Abstract


Koperasi merupakan sebuah badan usaha yang didirikan dengan tujuan memenuhi kebutuhan dan meningkatkan kesejahteraan anggotanya. Beberapa manfaat yang dapat ditawarkan oleh koperasi adalah akses kepada pasar, sumber pembiayaan, pelatihan dan pendidikan, keuntungan bersama, serta keamanan dan perlindungan anggota. Manfaat- manfaat tersebut dapat terlaksana secara baik apabila koperasi berjalan sesuai dengan asas-asas pendirian koperasi. Koperasi Jasa Pegawai Republik Indonesia Universitas Brawijaya (KJPRI UB) sebagai sebuah koperasi yang menaungi para pegawai UB (Dosen dan Tenaga Kependidikan) memiliki misi yang sama, yaitu memenuhi kebutuhan dan kesejahteraan anggotanya. Oleh karenanya, KJPRI UB memerlukan pemetaan dan informasi komprehensif mengenai kebutuhan anggotanya sehingga dapat lebih berperan dan berkontribusi dalam peningkatan kesejahteraan anggota. Kegiatan pengabdian yang dilakukan bertujuan membantu KJPRI UB untuk memetakan kebutuhan anggota, sehingga dapat merumuskan strategi dan kebijakan dalam mencapai tujuan utama koperasi, yaitu kesejahteraan anggota.


Keywords


Koperasi, Anggota, Kebutuhan, Kesejahteraan

Full Text:

PDF

References


Indriani, Y. (2021). Strategi Pengembangan Usaha Koperasi Dalam Era multi Disrupsi. Prosiding Seminar Nasional: Adaptasi dan Sinkronisasi Kebijakan Pembangunan Memanfaatkan Momentum New- Normal Pasca Covid-19. Jatinangor, 21 Desember 2021.

KJPRI UB. (2022). Profil Singkat Koperasi Jasa Pegawai Republik Indonesia Universitas Brawijaya.

Paramata, S., H. (2015). Peran Koperasi Annisa Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Anggota di Desa Parungi Kecamatan Boliyohuto Kabupaten Gorontalo. Publik:

Jurnal Ilmu Administrasi, Vol. 4, No. 2, pp. 71 – 76.

Saefullah, E., Wasman, & Asih, D. I. N. (2018). Peran Koperasi dalam Mewujudkan Pembangunan Ekonomi Kerakyatan. Al-Mustashfa: Jurnal Penelitian Hukum Ekonomi Islam, Vol. 3, No. 2, pp. 200 – 210.

Syaiful, M., Aedy, H., & Tamburaka, I. P. (2016) Strategi Koperasi dalam Meningkatkan Kesejahteraan Anggota. Jurnal Progres Ekonomi Pembangunan, Vol. 1, No. 1, pp. 96 – 110.




DOI: https://doi.org/10.30596/ihsan.v6i1.17023

DOI (PDF): https://doi.org/10.30596/ihsan.v6i1.17023.g11141

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Online ISSN:2685-9882