Program Konsultansi, Pendampingan Tata Kelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Desa Tonjong, Kecamatan Tajurhalang, Kabupaten Bogor

Olivia Idrus, Andi Sylvana, Meirani Harsasi, Kurnia Endah Riana, Ami Pujiwati, Andriyansah Andriyansah

Abstract


Perdesaan merupakan salah satu strategi dalam upaya mengentaskan kemiskinan. Ada tiga pilar pokok pembangunan desa salah satunya adalah pemberdayaan ekonomi masyarakat. Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) adalah salah satu solusi yang dapat menjawab permasalahannya, dimana BUMDes merupakan lembaga ekonomi desa yang dikelola oleh masyarakat desa, yang kepengurusanya terpisah dari pemerintah desa. BUMDes yang profesional, mandiri, dan memiliki jejaring kerja yang baik dengan berbagai pihak diharapkan sebagai upaya konsolidasi kekuatan ekonomi perdesaan menuju desa mandiri dan otonom. Desa Tonjong sudah memiliki BUMDes, namun dalam perkembangannya BUMDes tidak berjalan secara optimal. Program-program kerja BUMDes tidak berjalan sesuai dengan perencanaan. Tata kelola BUMDes pun tidak dilakukan secara profesional dan akuntabel. Hal ini disebabkan karena para pengurus BUMDes memiliki pekerjaan utama lain, selain menjadi pengurus BUMDes, sehingga waktu yang diberikan untuk mengelola BUMDes sangat terbatas. Permasalahan yang muncul adalah pengelola BUMDes sampai saat ini belum memahami pengelolaan bisnis secara profesional, dan belum optimal dalam memasarkan produknya. Sejalan dengan kondisi diatas, untuk menambah pengetahuan dan skill dari pengelola BUMDes, Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Terbuka (UT) memberikan pelatihan dan pendampingan tentang Penyusunan perencanaan bisnis, dan Pembuatan media promosi. Manfaat utama dari kegiatan ini adalah terwujudnya BUMDes sebagai basis kekuatan ekonomi Desa Tonjong yang dapat meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat Desa Tonjong melalui peningkatan kapasitas pengelola BUMDes

Keywords


Pengelola BUMDes; Pengelolaan Bisnis; Pemasaran produk

Full Text:

PDF

References


Agustina, F., Pranoto, Y. S., & Atmaja, E. J. J. (2020). PENDAMPINGAN BUMDESma MITRA LADA BERSATU DALAM PENGELOLAAN MANAJEMEN USAHA LADA DI DESA AIR GEGAS KABUPATEN BANGKA SELATAN. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Bangka Belitung, 7(1), 34–39.

Andriyansah, A., Purnama, R., Tamjuddin, T., Suhartono, S., Nasoha, M., & Cahyadi, M. A. K. (2023). MENDORONG EKONOMI PEDESAAN DENGAN PEMANFAATAN SOLAR PANEL UNTUK PENCIPTAAN PRODUK YANG ERGO-IKONIK DI DESA KURIPAN, CISEENG, BOGOR. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(3), 835–841.

Andriyansah, Fatimah, F., Rezi, R., Sadiah, A. A., Al-Rasyid, H., & Meirisa, M. (2023). Menambahkan Nilai Ergo-Ikonik Pada Produk Kewirausahaan Mahasiswa untuk Meningkatkan Penjualan. IHSAN: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 5(1), 40–47.

Andriyansah, Harsasi, M., Pujiwati, A., Ginting, G., Hidayah, Z., Sylvana, A., Irmawaty, Nasoha, M., Sunarsih, N., Maesaroh, I., Subekti, R., & Praningtyas, E. R. V. (2023). EKSPLORASI NILAI PRODUK ERGO-IKONIK PADA UMKM DI PULAU DUA KEPEMILIKAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA DAN KERAJAAN MALAYSIA. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(5), 1734–1739.

Caya, M. F. N., & Rahayu, E. (2019). Dampak Bumdes Terhadap Kesejahteraan Masyarakat Di Desa Aik Batu Buding, Kabupaten Belitung, Provinsi Bangka Belitung. Jurnal Ilmu Kesejahteraan Sosial, 20(1), 1–12.

Geraldina, I., Andriyansah, A., Safitri, J., Auliq, M. A., & Nugraha, A. Y. (2023). IMPLEMENTASI MODEL BISNIS PESANTREN BERBASIS DIGITAL DENGAN METODE CANVAS. AMALIAH: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 7(1), 98–103.

Hariani, P. P., Sari, I. P., & Batubara, I. H. (2021). Implementasi e-Financial Report BUMDes. IHSAN: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 3(2), 169–177.

Harsasi, M., Minrohayati, M., & Anfas, A. (2019). The role of perceived organisational support influences organisational citizenship behaviour and employees attitudes: study case of a public university in Indonesia. International Journal of Public Sector Performance Management, 5(2), 164–177.

Prayogi, M. A., Biha, M., Hanum, A., Fadhillah, L., Eriska, P., & Ahda, N. (2021). Pemberdayaan Digital Enterpreneurship Upaya Go Public Memperluas Jaringan Pemasaran Produk Kerajinan Tangan Masyarakat di Kampung Nelayan. IHSAN: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 199–205.

Pujiwati, A., Iriani, F., Susanty, E., Konda, V., Amarullah, F., & Andriyansah, A. (2023). Pendampingan Kreativitas Kewirausahaan Mahasiswa Sebagai Upaya Perintisan Usaha Sablon Az-Zumar di Desa Ciparay Kabupaten Bandung Jawa Barat. Amaliah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(2), 307–312.

Puspitasari, N. F. D., Riyani, E. I., & Idrus, O. (2022). Community Empowerment in Tonjong Area Through Financial Application Training,“SIAPIK”. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani, 6(2), 315–324.

Riana, K. E., Halim, E. R., Suroso, S., & Chairy, C. (2022). The effect of co-creation on relationship quality: the role of outcome quality. Asian-Pacific Management Accounting Journal, 17(1), 250–282.

Ridlwan, Z. (2013). Payung hukum pembentukan BUMDes. FIAT JUSTISIA: Jurnal Ilmu Hukum, 7(3).

Sylvana, A., Awaluddin, M., & Mutahajjid, A. (2020). Marketing strategy model based on the benefit of sharia property developers in Indonesia. PalArch’s Journal of Archaeology of Egypt/Egyptology, 17(7), 8123–8135.

Sumber Lainnya

Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa.

Peraturan Pemerintah nomor 43 Tahun 2014 Tentang Peraturan Pelaksanaan Undang- Undang Nomor 6 tahun 2014 Tentang Desa.

Peraturan Pemerintah No. 72 Tahun 2005 tentang Desa.

Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 9 Tahun 2010 tentang Badan Usaha Milik Desa

Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 7 Tahun 2007 tentang Kader Pemberdayaan Masyarakat

Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 19 Tahun 2007 tentang Pelatihan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa/Kelurahan




DOI: https://doi.org/10.30596/ihsan.v6i1.18550

DOI (PDF): https://doi.org/10.30596/ihsan.v6i1.18550.g11147

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Online ISSN:2685-9882