Peningkatan Pemahaman Kalender Hijriah Global Tunggal kepada warga Muhammadiyah Cabang Medan Helvetia

Muhammad Hidayat, Arwin Juli Rakhmadi, Abu Yazid Raisal, Alfath Khair

Abstract


Saat ini Jamaah Warga Muhammadiyah Cabang Medan Helvetia belum begitu memahami Kalender Hijriyah Global Tunggal (KHGT), baik dari segi konsep, argumentasi dan Implementasinya. Sementara itu Muhammadiyah sudah akan segera memberlakukan KHGT oleh karena itu pengabdian ini penting dilakukan agar masyarakat Indonesia, khususnya warga persyarikatan dapat memahami KHGT dengan baik. Metode yang akan digunakan dalam pelaksanaan program ini dimulai dari tahap persiapan program, tahap pelaksanaan program, dan tahap evaluasi program. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa warga yang sebelumnya tidak memahami konsep, argumentasi dan implementasi dari KHGT dan setelah dilakukan kegiatan pengabdian ini para warga dapat memahami dengan baik konsep, argumentasi dan implementasi KHGT hal tersebut dibuktikan dengan mampu menjawab contoh kasus yang diberikan.


Keywords


Peningkatan, Pemahaman, Kalender Hijriyah Global Tunggal

Full Text:

PDF

References


Anwar, Syamsul . Diskusi & Korespondensi Kalender Hijriyah Global. 2014. Yogyakarta : Suara Muhammadiyah.

Anwar, Syamsul dkk. Kalender Hijriyah Global Tunggal : Konsep, Argumen dan Implementasinya. Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Januari 2024.

Ar-Raziq, A.J, Kalender Kamariyah Islam Unifikatif Satu Hari Satu tanggal di Seluruh Dunia (Yogyakarta: Itqan Publishing, 2013). h.8. diterjemahkan oleh Prof. Dr. Syamsul Anwar, M.A dari judul asli. At-Taqwim al-Qamari al-Islami al-Muwahhad Maroko: Marsam. 2004)

Hidayat, M. Book Chapter Astronomi Islam Vol II : Kalender Islam Global : antara Terpadu dan Bizonal Yogyakarta: Bildung. 2023

Hidayat. M. Aplikasi Kriteria Kalender Islam Global Muktamar Turki 2016 dan Rekomendasi Jakarta 2017. Al-Marshad : Jurnal Astronomi Islam dan Ilmu-Ilmu Berkaitan. Vol 4. 2018

Leong Wen Xin, Lunar Visibility and The Islamic Calender, Department of Matematic National University of Singapore, 2012, hlm 22.

Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah. Pedoman Hisab Muhammadiyah. Yogyakarta :2009

https://www.astronomycenter.net/record.html

https://www.moonsighting.com/

https://muhammadiyah.or.id/2024/02/munas-tarjih-ke-32-di-pekalongan-akan-bahas-tiga-masalah-penting-apa-saja/




DOI: https://doi.org/10.30596/ihsan.v6i1.19118

DOI (PDF): https://doi.org/10.30596/ihsan.v6i1.19118.g11241

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Online ISSN:2685-9882