Penguatan Branding UMKM melalui Sosialisasi Unique Selling Point (USP) pada Pelaku Usaha di Kampung Kue Rungkut Surabaya
Abstract
Saat ini, UMKM menjadi salah satu pilar utama yang mendukung perekonomian di Indonesia. Namun, banyak UMKM yang mengalami persaingan cukup berat di era globalisasi ini, termasuk para pelaku UMKM di Kampung Kue Rungkut Surabaya. Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini ialah untuk memperkuat branding produk UMKM di Kampung Kue Rungkut Surabaya melalui penciptaan Unique Selling Point (USP). Metode yang digunakan dalam pengabdian ini melibatkan diskusi dan sosialisasi bersama para pelaku UMKM. Kegiatan berlangsung dari tanggal 27 Mei hingga 9 Juni 2024 dengan diikuti oleh 9 pelaku UMKM. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa para pelaku UMKM telah mengetahui dan memahami pentingnya USP pada setiap produk yang dijual. Selain itu, para pelaku UMKM mendapatkan desain logo, brand tag, dan banner yang telah dicetak. Dengan bantuan yang diberikan ini, para pelaku diharapkan dapat meningkatkan daya saing produk serta menarik banyak konsumen. Kegiatan ini berhasil dalam memberikan dampak positif terhadap pemahaman dan penerapan branding yang efektif oleh para pelaku UMKM di Kampung Kue Rungkut Surabaya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustianti, R., Pandriadi, Nussifera, L., Angelianawati, L., Meliana, I., Sidik, E. A., Nurlaila, Q., Simamarta, N., Himawan, I. S., Pawan, E., Ikhram, F., Andriani, A. D., Ratnadewi, & Hardika, I. R. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Tohar Media.
Aini, A. N., Safitri, E. N., Majalina, G., & Muhammad Zainul Abidin, N. K. (2023). Analisis Peluang dan Tantangan Teknologi terhadap Pemberdayaan UMKM di Indonesia. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(4), 1275--1289.
Bappenas. (2023). SDGs Knowledge Hub : Agenda 2030 untuk Pembangunan Berkelanjutan. Badan Perencanaan Pembangunan Nasional.
Batubara, C., Safitri, D., Permata Sari, D., Tasya Luthfiah, H., & Utama Putra, B. (2023). Strategi Pengembangan Identitas Visual UMKM Melalui Pembuatan Logo: Studi Kasus Pada Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Di Desa Aras. Bagaskara Utama Putra Journal of Human And Education, 3(2), 420–427.
Faizal, M., Prasetyo, H., & Kristiana, N. (2023). Redesain Logo Sebagai Corporate Identity Yeye Craft Di Nganjuk Jawa Timur. Junal Desgrafia, 1(2), 76–85.
KADIN Indonesia. (2024). UMKM Indonesia. Kadin Indonesia.
Kurnia, O. T., & Sari, R. P. (2021). Pengaruh Tingkat Pendidikan, Pemahaman Akuntansi, Pengalaman Kerja, dan Lama Usaha Terhadap Penyusunan Laporan Keuangan yang Berkualitas pada UMKM (Studi Kasus pada UMKM di Kota Surabaya Tahun 2021). Soetomo Accounting Review, 2(3), 459–474.
Kusumastuti, A. D. (2022). Strategi Peningkatan Penjualan Produk Melalui Pendekatan Unique Selling Point Dalam Menunjang Eksistensi Bisnis HNI HPAI. Jurakunman (Jurnal Akuntansi Dan Manajemen), 15(1), 31.
Syahrullah, M. (2023). Strategi Branding Sebagai Upaya Optimalisasi Pengumpulan Wakaf. Jurnal Islamika, 6(1), 1–13.
DOI: https://doi.org/10.30596/ihsan.v6i2.20564
DOI (PDF): https://doi.org/10.30596/ihsan.v6i2.20564.g12468
Refbacks
- There are currently no refbacks.




Online ISSN:2685-9882
This work is licensed under CC BY-NC-ND 4.0