PKPM Pengolahan Sampah Bakar Ramah Lingkungan Muhammadiyah Menggunakan Rancang Bangun Insinerator

Faisal Irsan Pasaribu, Abdul Azis, Noorly Evalina, Cholish Cholish

Abstract


Permasalahan lingkungan perkotaan khususnya di Kota Medan semakin meresahkan. Peningkatan jumlah penduduk tentunya menjadi alasan yang paling mendasar terhadap permasalahan lingkungan dengan naiknya pos pembuangan sampah liar hasil rumah tangga. Berdasarkan informasi media cetak maupun elektronik saat ini Tempat Pembuangan Akhir Terjun atau yang lebih dikenal TPA di Kota Medan saat ini sudah tidak mampu mengelola limbah rumah tangga dengan cepat akibat meningkatnya volume hingga mencapai 2000 ton sehari. Melihat ancaman terhadap keterbatasan teknologi maupun sarana pengelolaan persampahan tersebut, masyarakat memilih membakar sampah sehingga menghasilkan polusi diudara. Proses pengelolaan sampah yang dilakukan hampir sebagian besar masyarakat dikota medan menimbulkan bahaya yang sangat besar untuk kesehatan. Pengelolaan pembakaran sampah dengan rancang bangun Insinerator merupakan solusi dalam menyelesaikan hal tersebut. Muhammadiyah di Kecamatan Medan Perjuangan terdapat lebih dari 10 ranting. Pimpinan Ranting Muhammadiyah An Nur dan Al Furqon diharapkan dapat menjadi mitra binaan dalam melakukan pengelolaan sampah yang ramah lingkungan sehingga dapat menjadi percontohan ditengah masyarakan padat penduduk khususnya Muhammadiyah akan menjadi lebih berkembang

Keywords


Insinerator, Tempat Pembuangan Akhir, Pengolahan Sampah

Full Text:

PDF

References


Budiyono, A. (n.d.), (2015),Pencemaran Udara : Dampak Pencemaran Udara Pada Lingkungan, 2127 Berita Dirgantara.

Hermansyah, (2017), Rancang Bangun Insinerator Dua Tahap (Solusi Mengatasi Polusi Udara Pada Pembakaran Sampah), Fakultas Sains Dan Teknologi Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Jansen, F, (2016),Tingkat Pencemaran Udara Akibat Lalu Lintas dengan Model Prediksi Polusi Udara Skala Mikro, 1(2), 119126, Jurnal Ilmiah Media Engineering.

Marlita, D. (n.d.), (2015),Pencemaran Udara Akibat Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor, 1(3)Jurnal Manajemen Transportasi & Logistik.

Ratnani, R. D. (n.d.), (2015),Teknik Pengendalian Pencemaran Udara yang diakibatkan Oleh Parikel Momentum.

Sakka, A., & Palopo, U. C. (2017),Dampak Limbah dan Polusi terhadap Manusia dan Lingkungan.

Andi Soepomo, J. P. (2016), Pembuatan Arang Aktif dari Tempurung Kelapa dan Aplikasinya untuk Penjernihan Asap Cair, ISSN : 1963-6590.

Spektrum Industri Surakarta, D. I. K., & Ilmiah, P., (2016),Analisis Pencemaran Udara dan Pemetaan Menggunakan Sistem Informasi Geografis di Kota Surakarta, Fakultas Geografi Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Universitas, D., Negeri, I., & Ampel, S. (2018),Studi literatur tentang pencemaran udara akibat aktivitas kendaraan bermotor di jalan kota surabaya, 1, Jurnal Teknik Lingkungan.




DOI: https://doi.org/10.30596/ihsan.v2i1.5148

DOI (PDF): https://doi.org/10.30596/ihsan.v2i1.5148.g4756

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Online ISSN:2685-9882