Pembelajaran Yang Diperoleh Dari Covid-19 Dan Harapan Ke Depan: PKPM Di Ranting Aisyiyah Laksana

Nurhilmiyah Nurhilmiyah, Masitah Pohan

Abstract


Wabah pandemi Covid-19 sejak bulan Maret 2020 menginfeksi Indoneisa, dan sebelumnya, dunia. Selama kurun waktu itu pula banyak hal mengalami perubahan. Sendi-sendi kehidupan masyarakat menjalani pergeseran, seiring dengan meningkatnya tuntutan untuk mampu beradaptasi dengan hal-hal yang sebelumnya tidak lazim dilakoni. Semua berusaha memenuhi tatanan kehidupan kenormalan baru. Tim PKPM LP2M UMSU bergerak cepat merefokus judul yang tidak relevan dan tidak realistis untuk dilaksanakan menjadi tema yang aktual dan potensial memecahkan permasalahan mitra. Kegiatan PKPM ini mendapat sambutan hangat dari para pengurus dan anggota Aisyiyah Ranting Laksana. Sebab terkait tema yang diangkap sangat aktual dan berkaitan dengan kondisi yang dialami masyarakat yaitu di masa pandemi Covid-19 yang belum jelas kapan berakhirnya. Melalui kegiatan ini, Tim pelaksana PKPM mengupayakan peningkatan pemberdayaan masyarakat sesuai dengan persoalan yang dihadapi, khususnya harapan untuk hidup optimis di masa kenormalan baru. Saran yang dapat diberikan oleh tim pelaksana adalah agar kiranya LP2M berkenan menyokong dana sebagaimana yang diusulkan di dalam proposal awal PKPM. Harapannya supaya semakin optimal bantuan yang diserahkan kepada masyarakat khususnya para pengurus dan anggota Aisyiyah Ranting Laksana, guna kepentingan pengembangan organisasi Aisyiyah

Keywords


pembelajaran, Covid-19, harapan ke depan, Aisyiyah

Full Text:

PDF

References


Ahdiah, Indah. Organisasi Perempuan Sebagai Modal Sosial (Studi Kasus Organisasi Nasyiatul Aisyiyah Di Sulawesi Tengah). Jurnal Academica Fisip Untad. Vol. 03. No. 01. Februari. 2011.

http://www.aisyiyah.or.id/en/page/sejarah.html

Diwanti, Dyah Pikanthi., dkk. Pemberdayaan Perempuan Melalui Bina Usaha Ekonomi Keluarga Aisyiyah (BUEKA). Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial. Vol. 6, No. 2, Tahun 2019.

http://m.muhammadiyah.or.id/id/content-199-det-aisyiyah.html

Hidayat, Neila. Pemberdayaan Kelompok Pengajian Perempuan Berbasis Modal Sosial Di Kota Medan. Jurnal Antropologi Sumatera. Vol. 15. No. 1. Edisi Desember 2017. hlm. 259-269.

Fatimah, Feti., Manfaluhty, Mauludi., Wilyanti, Sinka. Meningkatkan Kemampuan Anggota Aisyiyah Dalam Pemberdayaan Potensi Ekonomi Daerah Untuk Meningkatkan Kemandirian Diri Dan Kemajuan Amal Usaha Muhammadiyah Di Balung Jember (Improving Members 'Ability Aisyiyah In Empowering Regional Economic Potentials To Improve Self-Independence And Progress Of Business Ways Of Muhammadiyah In Balung Jember). Jurnal Pengabdian Masyarakat Ipteks, Vol. 4 No.1 Juni 2018.

Dyah Siti Nuraini. Corak Pemikiran Dan Gerakan Aktivis Perempuan (Melacak Pandangan Keagamaan Aisyiyah Periode 1917-1945). Jurnal Studi Islam. Vol. 14. No. 2. Desember 2013.

Mulia, Musdah. (2010) Islam dan Hak Asasi Manusia Konsep dan Implementasinya. Jakarta: Naufan Pustaka.

Nur Rohim Yunus dan Annisaa Rezki, 2020. https://www.researchgate.net/publication/340103987_Kebijakan_Pemberlakuan_Lock_Down_Sebagai_Antisipasi_Penyebaran_Corona_Virus_Covid-19

Protokol Pencegahan Penularan Covid-19, 2020, Kemkes.go.id




DOI: https://doi.org/10.30596/ihsan.v2i1.5151

DOI (PDF): https://doi.org/10.30596/ihsan.v2i1.5151.g4487

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Online ISSN:2685-9882