LITERASI MEDIA SOSIAL SEBAGAI PELUANG BISNIS ONLINE BAGI IBU RUMAH TANGGA MENDUKUNG PENDAPATAN RUMAH TANGGA

Rini Astuti, Delyana Rahmawany Pulungan, M.Firza Alpi, Sudirman Lubis

Abstract


Ibu rumah tangga harus mampu mengembangkan dirinya menjadi lebih produktif membantu perekonomian keluarga. Salah satu caranya adalah membangun bisnis online menggunakan media sosial. Tetapi tidak semua media sosial bisa secara tepat dan baik penggunaanya karena banyaknya peluang terbuka informasi dan pengguna media sosial yang banyak dan tanpa batas. Perlu adanya pemahaman dan keterampilan dalam menggunakan media sosial secara tepat dan baik sehingga perlu dilakukan edukasi kepada para ibu rumah tangga. Edukasi ini dilakukan untuk meningkatkan literasi ibu rumah tangga agar bisa memilih dan menggunakan media sosial yang tepat, memilih bisnis on line yang tepat dan sesuai dengan pasar yang bisa bersifat jangka panjang. Tidak hanya itu, dilakukan juga edukasi tentang cara mengelola keuangan rumah tangga dan keuangan bisnis yang tepat sehingga ada keberlanjutan bisnis di masa depan. Pengabdian ini dilakukan untuk memberikan edukasi kepada para ibu rumah tangga dengan target mitra Ibu PKK Kecamatan Medan Estate dan Kelompok Ibu-Ibu Pengajian Istiqomah Medan Estate. Edukasi dilaksanakan secara bersamaan di Kantor Desa Medan Estate, dan mendapat sambutan sangat baik dari mitra pengabdian. Hasilnya adalah ada perubahan pola pikir, adanya pemahaman yang lebih baik dalam menggunakan dan manfaat media sosial untuk meningkatkan keuangan keluarga dengan membangun bisnis online. Target ke depannya keberlanjutan program ini akan ada pelatihan langsung kepada ibu rumah tangga dalam membangun bisnis online pada media sosial yang punya peluang pasar besar. Program ini pun sangat diharapkan oleh mitra untuk dilanjutkan pada tahun depan.


Keywords


Literasi, Media Sosial, Peluang, Bisnis Online, Ibu Rumah Tangga, Pendapatan

Full Text:

PDF

References


Adair, John. 2008. Kepemimpinan Yang Memotivasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama Herlitah, Herlitah. 2018. Edukasi Kewirausahaan Bagi Remaja Melalui Media Sosial di

Kecamatan Beji Kota Depok. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM). 2. 32-43. 10.21009/JPMM.002.1.03.

Kasali Rhenald. 2010. Modul Kewirausahaan. Jakarta Selatan: PT. Mizan Publika

Keller, M. 2013. Social Media and Interpersonal Communication. Social World Today. Vol 13 (3) : 10.

Potter, W.James.2004. Theory of Media Literacy; A Cognitive Approach. London Sage Publication

Republika, 2012. Pengguna Internet Indonesia di Sosial Media Nomor Satu. Harian Umum Republika 28 Maret 2012.

Sugiyono, 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

https://edukasi.kompas.com/read/2011/12/13/15504492/Kewirausahaan.Dibutuhkan.Genera si.Muda. Diakses Pada Tanggal 13 Januari 2018

http://www.uajy.ac.id/tag/edukasi-berbasis-entrepreneurship. Diakses Pada Tanggal 13 Januari 2018

https://www.kompasiana.com/hidayah06/5b1fcf33ab12ae11e5650272/peluang-bisnis- dengan-media-sosial. Diakses Pada Tanggal 13 Januari 2018

https://lifestyle.kompas.com/read/2011/12/15/10345824/Wirausaha.untuk.Ibu.Rumah.Tangg a.dan.Petani.Perempuan. Diakses Pada Tanggal 13 Januari 2018




DOI: https://doi.org/10.30596/ihsan.v2i1.5152

DOI (PDF): https://doi.org/10.30596/ihsan.v2i1.5152.g4488

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Online ISSN:2685-9882