PKM Pojok Baca Untuk Meningkatkan Literasi Siswa Di UPT Sekolah Dasar

Chairunnisa Amelia, Indah Pratiwi

Abstract


Mitra yang dilibatkan dalam kegiatan ini adalah 2 sekolah mitra UMSU, yakni SD Negeri 067775 Medan Kec.Medan Johor dan SD Negeri 064034 Medan Kec.Medan Johor. Kontribusi yang diharapkan dari dua sekolah mitra tersebut adalah menyediaan kelas yang akan di dampingi dalam pembuatan pojok baca kelas. Permasalahan yang ditemukan pada sekolah mitra dan soulsinya adalah menanggapi masih rendahnya minat baca anak, pemerintah mencanangkan Gerakan Literasi Sekolah (GLS). Program ini diharapkan mampu menumbuhkan minat baca pada para siswa juga untuk membangun iklim literasi di sekolah. Tetapi, belum semua sekolah mampu menjalankan GLS sesuai dengan pedoman yang diberikan. Masalahnya diantaranya adalah sarana dan prasarana yang kurang memadai, bahan bacaan yang terbatas, waktu membaca yang terbatas. Solusi yang tim kami tawarkan adalah dari kondisi ini maka pembuatan pojok baca untuk meningkatkan literasi siswa di sekolah diharapkan mampu meningkatkan daya tarik siswa untuk lebih sering membaca. Dan nantinya kami akan menyumbangkan buku-buku pelajaran yang bermanfaat bagi peserta didik agar semangat membaca peserta didik lebih tinggi. Tujuan dari Program Kemitraan masyarakat (PKM) ini adalah untuk mengembangkan literasi membaca pada siswa di UPT Sekolah Dasar dalam mencanangkan GLS melalui buku buku dan pohon baca yang diberikan tim PKM ke Sekolah mitra masing masing. Kegiatan dalam pendampingan pembuatan pojok baca kelas ini adalah nantinya akan di lakukan oleh tim dan guru kelas 5 dikedua SD Negeri tersebut, mulai dari menyiapkan kelas yang nantinya akan di buat pojok baca kelas, bahan bahan yang diperlukan dalam pembuatan pojok baca, buku buku yang akan disumbangkan, serta peran guru didalam pendampingan nantinya. Tim juga akan menyumbangkan buku-buku jenjang pendidikan dasar dan buku-buku dongeng cerita rakyat untuk memenuhi rak buku yang akan dibuat pada pojok baca nantinya. Hasil akhir dari kegiatan ini diharapkan nantinya pojok baca yang telah dibuat akan dicontoh oleh guru-guru di kelas lain dan buku buku yang disumbangkan nantinya akan bermanfaat bagi guru dan siswa serta sekolah.


Keywords


Pojok Baca, Literasi, UPT Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Mendikbud, 2016. Permendikbud No 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan Dasar dan Menengah, Jakarta:Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Mendikbud, 2015. Permendikbud No 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti, Jakarta:Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

PIRLS 2011 International Report. Performance at the PIRLS 2011. International Benchmarks TIMMS & PIRLS Report International Study Center (IEA): Lynch School of Education, Boston College.

Presiden Republik Indonesia, 2003. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Negara Republik Indonesia

Shofaussamawati. 2014. Menumbuhkan minat baca dengan pengenalan perpustakaan pada anak sejak dini. J.Perpust. Libr. 2.




DOI: https://doi.org/10.30596/ihsan.v2i2.5328

DOI (PDF): https://doi.org/10.30596/ihsan.v2i2.5328.g4604

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Online ISSN:2685-9882