PKPM Wisata Baca Pada TK Aisyiah Medan

Indah Pratiwi, Chairunnisa Amelia, Oktavia Lestari Pasaribu

Abstract


Mitra yang dilibatkan dalam kegiatan ini adalah 2 sekolah mitra UMSU, yakni TK Aisyiah Bustanul Athfal (ABA) 04 dan TK Aisyiah Bustanul Athfal (ABA) 27. Kontribusi yang diharapkan dari dua sekolah mitra tersebut adalah penyediaan sarana dan prasarana untuk meningkatkan budaya baca. Permasalahan yang ditemukan adalah kurangnya fasilitas berupa buku cerita bergambar berbahasa Indonesia pada sekolah TK ABA 04 dan TK ABA 27. Siswa masih saling bertukaran dengan temannya ketika melihat gambar yang ada pada buku cerita tersebut. Sekolah meminta kepada kami dosen pendamping untuk memberikan buku berupa buku cerita berbahasa Indonesia untuk membantu mereka dalam mewujudkan anak membaca usia dini. Ada beberapa buku yang dimiliki sekolah ini, akan tetapi tidak sesuai dengan jenjang siswa di TK dan buku yang ada adalah buku berbahasa inggris, sedangkan kepala sekolah mengatakan guru gurunya terkendala dalam membacakan buku cerita yang ada karena menggunakan bahasa inggris. Sehingga kami berencana untuk memberikan buku cerita yang memiliki 2 bahasa, yaitu bahasa inggris dan bahasa Indonesia. Tujuan dari PKPM yang dilakukan adalah untuk membantu sekolah dalam membuat sudut baca sebagai bentuk salah satu upaya wisata baca yang dilakukan di sekolah masing masing dengan memberikan buku yang sesuai dengan permasalahan sekolah mitra. Tahap-tahap pelaksanaan Wisata Baca adalah planning, organizing, actuating, controlling, dan evaluating. Planning (perencanaan) dilakukan untuk persiapan segala sesuatu yang dibutuhkan pada saat pelaksanaan. Pembagian tugas untuk anggota tim dilakukan pada saat organizing. Pelaksanaan teknis program (actuating). Pelaksanaan program juga perlu dikontrol dan dievaluasi. Hasil dari PKPM yang dilakukan ini adalah sekolah mitra sudah melakukan wisata baca di sekolahnya masing masing dengan buku yang sudah memadai dan sesuai dengan kebutuhan siswa taman kanak kanak di di TK ABA 04 dan TK ABA 27.


Keywords


Wisata Baca, Minat Baca dan Era Globalisasi

Full Text:

PDF

References


Bahasa BP dan P, 2016. Pedoman Pelaksanaan Gerakan Nasional Literasi Bangsa.

Christanti M, 2007. Anak dan Bermain. Maj EduTOT PGTK.

Chandarani P,S. 2017. Proses Stimulasi Literasi Anak Pra Sekolah Oleh Guru. naskah publikasi skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Fadillah, Muhammad. Desain Pembelajaran Paud. Hal.65.

Keputusan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 84 Taun 1993 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya

Kunandar, 2008. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Nuraeni, Afiah.2016. Peran orang tua dalam pengembangan literasi dini anak kelompok B di gugus 7 Mangunan Dlingo Bantul. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 3 (5), 245-256.

UU No. 23, 2003. Sistem Pendidikan Nasional.

UU No. 20, 2003 pasal 4 ayat 1. Sistem Pendidikan Nasional.




DOI: https://doi.org/10.30596/ihsan.v2i2.5330

DOI (PDF): https://doi.org/10.30596/ihsan.v2i2.5330.g4606

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Online ISSN:2685-9882