Pelatihan Penyusunan Individualized Education Program (IEP) untuk Peningkatan Profesionalisme Guru-Guru Sekolah Sahabat Al Quran Binjai

Mutia Ferbriyana, Dewi Juni Artha, Dian Novianti Sitompul

Abstract


Program Rencana Pendidikan Individualized Educational Program (IEP) bagi siswa berkebutuhan khusus bertujuan membantu para pendidik/guru dalam memastikan bahwa peserta didik yang bersangkutan membuat kemajuan di sekolah. Selain itu program pendidikan individual ini membantu guru dan orang tua untuk lebih fokus terhadap target capaian yang harus diraih dari siswa/i bersangkutan. Program individual Individualized Educational Program (IEP) ini tidak sepenuhnya menitik beratkan target capaian hanya pada bidang akademik saja. Pencapaian lainnya dapat berupa kemampuan bersosialisasi, berinteraksi, bahkan kemampuan kemandiriannya.

Program Individual Individualized Education Program (IEP) mencakup langkah-langkah: (1). Pembentukan Tim/Komite; (2). Pertemuan Anggota Komite/Tim Penyusun IEP; (3). Indentifikasi Kemampuan dan keterbatasan siswa (need assessment), sebagai dasar penyusunan kurikulum bagi siswa/i tersebut; (4). Penyusunan kurikulum berdasarkan kondisi, keterbatasan, dan kebutuhan siswa tersebut; (5). Sosisalisasi hasil kurikulum tersebut kepada guru, orang tua siswa tersebut; (6). Penerapan program individual Individualized Educational Program (IEP).

Komponen-kompenen dalam penyusunan EIP tetap mengacu kepada kurikulum sekolah, namun tentu saja disesuaikan dengan kondisi, keterbatasan, kebutuhan, dan lingkungan siswa tersebut. Antara lain: (1) Identitas siswa; (2). Tingkat kemampuan siswa terkini; (3). Tujuan jangka panjang (4). Tujuan jangka pendek (5). Strategi Pembelajaran (6). Evaluasi pencapaian/ kemajuan siswa.


Keywords


Individualized Educational Program, siswa berkebutuhan, sekolah inklusif

Full Text:

PDF

References


Abdul hadis. 2006. Pendidikan Anak Berkebutuhan autistic. Bandung: Alfabeta

Abdurrahman, Mulyono. 2009. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Muhammad, Jamila. 2008. Special Education For Special Children. Bandung: PT. Mizan Publika

Nazir, Muhammad. 2003. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia

Santoso. 2012. Cara memahami dan mendidik Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: Gosyen Publishing

Wardani, dkk. 2011. Pengantar Pendidikan Luar Biasa. Jakarta: Universitas Terbuka.




DOI: https://doi.org/10.30596/ihsan.v2i2.5331

DOI (PDF): https://doi.org/10.30596/ihsan.v2i2.5331.g4607

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Online ISSN:2685-9882