Pembinaan Jamaah Dengan Metode Tadabbur Al-Quran Di Perhimpunan Keluarga Besar-Pelajar Islam Indonesia Sumatera Utara

Sarwo Edi, Nur Rahmah Amini

Abstract


Dalam pengabdiaan ini diharapkan nantinya akan terbentuk sebuah konsep Pembinaan Jamaah untuk mengatasi model-model dakwah yang melahirkan kelompok garis keras, kelompok moderat dan kelompok Islam kultural. Munculnya kelompok garis keras, kelompok moderat dan kelompok Islam kultural merupakan hal yang harus diwaspadai dan harus dilakukan pembinaan. Karena jika tanpa pembinaan maka dikhawatirkan nantinya banyak jamaah yang tidak paham makna kandungan Al-Quran yang sebenarnya. Metode Tadabbur Al-Quran merupakan solusi yang tepat agar jamaah memahami Al-Quran dan menerima pengajaran dan ibrah untuk diimplementasikan dalam kehidupan. Maka dalam pengabdiaan ini melalui pembinaan Jamaah akan mengerti Al-Quran sehinga memahami Islam yang sebenar-benarnya dan tercegah dari model dakwah yang melahirkan kelompok Islam garis keras, kelompok moderat dan kelompok Islam kultural.


Keywords


Pembinaan, Jamaah, Tadabbur

Full Text:

PDF

References


Prapto, D. A., Nashori, F., & Rumiani, R. (2015). Terapi Tadabbur Al-Qur'an untuk Mengurangi Kecemasan Menghadapi Persalinan Pertama. JIP (Jurnal Intervensi Psikologi), 7(2), 131-142.

Abidin, N. Z., Saad, M. F. M., & Ahmad, M. N. (2017). Tahap Pengetahuan Pelajar di Madrasah Al-Musthafawiyah Littahfizil Quran Bangi Terhadap Tadabbur Al-Quran. AL-TURATH JOURNAL OF AL-QURAN AND AL-SUNNAH, 2(1), 47-53.

Gazali, M. I. A. (2010). Keutamaan Membaca dan Menghafal Al-Quran. Islam House, 1-8.

Yudhani, E., Suharti, V., Adya, A., & Utami, E. S. (2017). Efektivitas Membaca Dan Mentadabburi Al-Quran Dalam Menurunkan Kecemasan Siswa Yang Akan Menghadapi Ujian Sekolah. Psikoislamedia: Jurnal Psikologi, 2(1), 23-31.

Hakim, R. (2014). Pembentukan karakter peserta didik melalui pendidikan berbasis Al-Quran. Jurnal Pendidikan Karakter, (2).

As-Sayuti al-Itqan fi Ulum al-Quran

Fazlina Fadzil & Nurulazidah Jaafar. Kajian Pengamalan Dan Kesedaran Pembacaan Al-Quran Dalam Kalangan Pelajar Muslim. Politeknik Port Dickson Negeri Sembilan.

Yusuf Al-Qardhawi (1998) Kaifa Nataamal Maal Quran. Dar al-Syuruq

Mulyadi, Hidayah, R & Mahfur, M. (2012). Model psikoterapi Al- Quran dalam menanggulangi kecemasan santri lembaga tinggi pesantren luhur dan pondok pesantren Baiturrhamah di kota Malang. Jurnal Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.




DOI: https://doi.org/10.30596/ihsan.v2i2.5335

DOI (PDF): https://doi.org/10.30596/ihsan.v2i2.5335.g4615

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Online ISSN:2685-9882