Strategi Pencegahan Dan Pengendalian Covid-19 Dalam Pemanfaatan Handsanittizer Dan Masker Pada Warga Di Desa Ujung Teran Kecamatan Salapian Kabupaten Langkat

Syahrin Pasaribu, Indra Satia Pohan, Rabitah Hanum Hsb

Abstract


Tujuan pengabdian masyarakat ini ialah untuk membantu pemerintah kabupaten langkat dan masyarakat masyarakat di pedasaan tentang pencegahan terhadap penularan virus corona atau yang biasa disebut dengan covid-19. Kita ketahui bersama bahwa wabah ini setiap hari semakin bertambah jumlah korbannya, berbagai upaya dan sosialisasi telah dilakukan oleh pemerintah dan pihak terkait agar covid19 ini tidak menyebar di masyarakat, namun program dan upaya pemerintah ini tidak akan bisa berjalan dengan efektif jika tidak didukung oleh masyarakat sekitar, sebab kesadaran masyarakatlah yang akan membuat program ini terlaksana dengan baik. Melihat perkembangan yang ada, pengabdian masyarakat ini dilaksanakan dalam rangka membantu pemerintah untuk mensosialisasikan tentang bahayanya virus corona dan sekaligus upaya pencegahan yang harus dilakukan dalam rangka memutus rantai penyebaran covid 19 ini. Beberapa upaya yang kami lakukan adalah mensosialisasikan pola hidup bersih,rajin mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan selalu menggunakan masker bila beraktifitas diluar rumah. Diharapkan nantinya masyarakat akan faham betapa pentingnya kepedulian bersama dalam pencegahan penyebaran covid 19.


Keywords


covid-19, pencegahan, masker, hansanittizer

Full Text:

PDF

References


Agiesta, Fellyyanda Sucia, Cerita Asal MUla Corona di Wuhan, Merdeka.com.Februari 2020)/http.www. Awal Mula Corona di Wuhan//merdeka.com. edisi 6 februari 2020.

Al-Ashfahani, Abu Nuaim kitab Hilyat al-Auliya wa thabaqat al-asfiya,(Artikel online)

covid19,http//.kemenkess.go.id// edisi maret 2020

M.liputan6.com ,http//edisi covid19. Maret.2020

Terjemahnya , Al-Quran dan Terjemahnya. 2016. Solo. Kementrian Agama RI




DOI: https://doi.org/10.30596/ihsan.v2i2.5339

DOI (PDF): https://doi.org/10.30596/ihsan.v2i2.5339.g4619

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Online ISSN:2685-9882