PPDM: PEMBERDAYAAN LEMBAGA EKONOMI DESA DI KAWASAN HUTAN MANGROVE

Muhammad Buhari Sibuea, Yudha Andriansyah Putra

Abstract


Kawasan hutan mangrove di Desa Sei Nagalawan Kecamatan Perbaungan Kabupaten Serdang Bedagai memiliki potensi yang besar untuk dikembangkan. Di samping potensi sumber daya alam yang besar juga karena masih eksisnya sumber daya manusia yang bernaung di dalam lembaga ekonomi desa yang terdapat di kawasan ini. Lembaga dimaksud adalah Koperasi Serba Usaha Muara Baimbai dan Karang Taruna Sejati, meskipun dengan pengelolan yang minim akan tetapi masih mempunyai kegiatan aktif meskipun terbatas. Terdapat beberapa hal penyebab antara lain karena masih minimnya kemampuan sumber daya manusia yang ahli dalam bidang kelembagaan, terbatasnya pelatihan dan sosialisasi keterampilan bisnis yang inovatif dan kreatif yang sesuai dengan perkembangan informasi teknologi terkini dan kemampuan memprediksi kelayakan usaha yang sangat terbatas. Solusi yang ditawarkan antara lain adalah dengan meningkatkan kemampuan pengelola lembaga ekonomi dengan melalui sosialisasi, pendampingan dan pelatihan untuk mendapatkan persyaratan sebagai lembaga ekonomi yang baik dan layak. Kemudian dengan meningkatkan kemampuan pelaku bisnis dalam menganalisis kelayakan usaha dengan cara pelatihan dan pendampingan secara kontinu dan teratur. Kontribusi mendasar pada pada khalayak sasaran terutama adalah dengan meningkatkan kemampuan pengelola lembaga ekonomi desa dalam mengelola lembaga dengan menerapkan prinsip manajemen modern yang ideal sehingga mampu memberikan kontribusi efektif bagi pengembangan bisnis masing-masing anggota yang ada di lembaga sehingga diharapkan semua potensi sumberdaya manusia dan sumberdaya alam dapat dikelola untuk memberikan keuntungan terbaik.


Keywords


pemberdayaan, lembaga ekonomi desa, hutan mangrove

Full Text:

PDF

References


Dahl, D.C. and Jarome W. Hammond. 1977. Market and Palace Analysis, The Agricultural Industries: Marketing and Pricing Institutions. New York: McGraw-Hill.

Esman, M.J. 1972. The Element of Institution Building. Dalam Joseph W Eaton: Institution Building and Development. London: SAGE Publications, Beverly Hills.

ICA. 1995. Strategies for Succes: Helping Your Cooperative Explore New Alliance. International Cooperative Alliance (ICA) Communication, May 1995(//gopher.adp.wisc.edu: 70).

Mosher, A.T. 1966. Getting Agricultural Moving. Frederick A. Praeger, Inc., Publishers, New York

Pakpahan, A. 1990. Perspektif Ekonomi Institusi dalam Pengelolaan Sumber Daya Alam. Makalah Seminar Perencanaan Pembangunan Daerah di Medan.

Todaro, M.D. 1984. Economic Development in The Third World. Second Edition. London: Longman.

Sibuea, M.B. 2015. Analisis Peranan Koperasi Dalam Kegiatan Usaha Tani di Kabupaten Langkat. Jurnal Sosial dan Ekonomi Pertanian Volume 8 Nomor 1 Edisi Februari 2015. Universitas Islam Sumatera Utara, Medan.

Spechler, M.C. 1990. Perspectives in Economic Thought. New York: McGraw-Hill Publishing Company.




DOI: https://doi.org/10.30596/ihsan.v3i1.6818

DOI (PDF): https://doi.org/10.30596/ihsan.v3i1.6818.g5474

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Online ISSN:2685-9882