Implementasi Aplikasi Mobile Learning Sistem Manajemen Soal dan Ujian Berbasis Web Pada Platform Android

Indah Purnama Sari, Al-Khowarizmi Al-Khowarizmi, Ismail Hanif Batubara

Abstract


 Massa pandemic covid 19 ini sebagian besar institusi pendidikan melaksanakan proses belajar dan mengajar secara online, termasuk dalam melaksanakan ujian. Ujian merupakan tahap evaluasi dari pemahaman siswa terhadap materi yang diberikan. Dari permasalahan tersebut memunculkan gagasan untuk membuat suatu sistem manajemen bank soal dan ujian berbasis website. Hal ini bertujuan untuk mempermudah guru dalam memberikan ujian dan proses pemberian nilai ujian yang efektif dan efisien. Sistem manajemen bank soal dan ujian berbasis website dibuat dengan menggunakan Sublime Text sebagai software pengolah data. Dalam penelitian ini proses sistem manajemen soal dan ujian yang sudah dilakukan oleh pihak sekolah secara online menggunakan aplikasi CBT. Tetapi banyak siswa yang tidak memiliki fasilitas laptop/komputer sehingga menjadi kendala oleh pihak sekolah. Sehingga penulis membuat sistem manajemen soal dan ujian berbasis web menggunakan platform android. Karena sekarang ini setiap siswa sudah mempunyai android sehingga dapat memudahkan siswa dalam mengikuti proses ujian. Hasil dari penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa dengan adanya sistem manajemen bank soal dan ujian berbasis website, diharapkan dapat membantu kinerja guru dalam mengelola soal dan ujian.


Keywords


CBT, WEB, Android, Online, Soal

Full Text:

PDF

References


Abdul Kadir. 2003. Pengenalan Sistem Informasi. Andi Offset. Yogyakarta.

DRPM Dikti. 2018. Pedoman Pengabdian Kepada Masyarakat 2018 Edisi IX. Jakarta : RISTEK Dikti.

Abdullah, A. Z., Supratman, & Fatkhuri. (2020). Pelatihan Kemampuan Berfikir Sebagai Keterampilan Melalui Konsep Knowledge Convergence Pada Komunitas Pengembang Aplikasi Di DiLo Depok. Ihsan Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 129-140. Retrieved from http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/IHSAN/article/view/5326

Al-Khowarizmi, Fauz, Sari, I. P., & Sembiring, A. P. (2020). The effect of indonesian and hokkien mobile learning application models. Journal of Computer Science, Information Technology and Telecommunication Engineering, 1(1), 1-7.

Nasution, I. S., & Syahputra Siregar, E. F. (2020). Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Aplikasi Ujian Dalam Jaringan Berbasis Web bagi Guru SMP Muhammadiyah di Kota Medan. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 87-94.

Nasution, I. S., Batu Bara, I. H., & Sriwahyuni. (2020). Pelatihan dan Pendampingan Penggunaan Software Geogebra Bagi Guru SMP Muhammadiyah Kota Medan. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 47-51




DOI: https://doi.org/10.30596/ihsan.v3i2.7556

DOI (PDF): https://doi.org/10.30596/ihsan.v3i2.7556.g9511

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Online ISSN:2685-9882