Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran pada TK/RA Darussalam dan TK/RA Al-Fattah

Indah Pratiwi, Chairunnisa Amelia

Abstract


Kegiatan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) yang diusulkan adalah Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran pada TK/RA Darussalam dan TK/RA Al Fattah. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menyambut semakin berkembangnya media pembelajaran yang dapat diterapkan dalam mengajar sehari hari. Selain itu guru juga dituntut dapat melakukan perubahan terhadap media pembelajaran di kelasnya sendiri untuk melihat bagaimana peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran yang bervariasi.Kegiatan dalam pelatihan ini adalah guru guru dari kedua sekolah akan diberikan pelatihan dan pendampingan dalam pengembangan media pembelajaran mulai dari menyiapkan materi pembelajaran yang digunakan dan juga rancangan media pembelajaran yang akan dibuat sesuai dengan materi yang akan diajarkan. Hasil akhir dari kegiatan ini diharapkan nantinya masing masing guru memiliki media media pembelajaran yang edukatif dan juga kreatif yang memiliki nilai pembelajaran yang baik. Kegiatan kemitraan direncanakan dilakukan selama 5 bulan. Luaran yang akan dihasilkan berupa jurnal ber ISSN, Media pembelajaran, peningkatan daya saing, peningkatan penerapan iptek di masyarakat dan juga metode atau system pembelajaran.

Keywords


Pengembangan, Media Pembelajaran, Kreatifitas

Full Text:

PDF

References


Anita Yus. (2011). Model Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.

Arief S. Sadiman, dkk. (2008). Media Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Ariesto Hadi Sutopo. (2012). Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Akrim, Nurzannah, & Ginting, N. (2018). Pengembangan Program Pembelajaran Tematik Terpadu Bagi Guru-Guru SD Muhammadiyah Di Kota Medan. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2).

Ginting, N., & Hasanuddin. (2020). Implementasi Konsep Pendidikan Islam Terpadu Di Sekolah Islam Terpadu Ulul Ilmi Islamic School Kota Medan. Al-Muaddib: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Keislaman, 5(2), 293-304.

Masitah, W., & Setiawan, H. R. (2019). Pengembangan Program Pelibatan Orang Tua Peguyuban TK Amanah Marindal. Ihsan Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1).

Nurzannah, & Harfiani, R. (2019). PKM Pengembangan Kurikulum 2013 PAUD Bagi Guru-Guru LPPTKA-BKPRMI Kota Medan. Ihsan Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1).

Sitepu, J. M., & Nasution, M. (2018). Kreativitas Pembuatan Media Pembelajaran Big Book Pada Guru-Guru RA Di Kecamatan Medan Maimun. Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1).




DOI: https://doi.org/10.30596/ihsan.v3i2.7715

DOI (PDF): https://doi.org/10.30596/ihsan.v3i2.7715.g9513

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Online ISSN:2685-9882