Pelatihan Pembuatan Alat Permainan Edukatif Bagi Guru TK Al-Munawwaroh Dan TK Dewantara

Chairunnisa Amelia, Indah Pratiwi

Abstract


Judul kegiatan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) yang diusulkan adalah Pelatihan Pembuatan Alat Permainan Edukatif Bagi Guru TK Al-Munawwaroh dan TK Dewantara. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menyambut semakin berkembangnya media pembelajaran yang dapat diterapkan dalam mengajar sehari hari. Selain itu guru juga dituntut dapat melakukan perubahan terhadap media pembelajaran di kelasnya sendiri untuk melihat bagaimana peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran yang bervariasi. Kegiatan dalam pelatihan ini adalah guru guru dari kedua sekolah akan diberikan pelatihan dan pendampingan dalam kegiatan sosialisasi untuk meningkatkan pengetahuan/pemahaman mereka mengenai cara pembuatan alat permainan edukatif (APE). Sehingga dapat meningkatkan imajinasi guru tersebut dalam mengembangkan segala aspek dan kecerdasan yang ada pada diri siswanya. Hasil akhir dari kegiatan ini diharapkan nantinya masing-masing guru memiliki media media pembelajaran yang edukatif dan juga kreatif yang memiliki nilai pembelajaran yang baik. Kegiatan kemitraan direncanakan dilakukan selama 5 bulan. Luaran yang akan dihasilkan berupa jurnal ber ISSN, media pembelajaran, peningkatan daya saing, peningkatan penerapan iptek di masyarakat dan juga metode atau sistem pembelajaran.


Keywords


Pembuatan, Alat Permainan Edukatif

Full Text:

PDF

References


Harfiani, R., & Mavianti. (2019). PKM Peningkatan Kualitas Guru PAUD Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Pendidikan Inklusif di KecamatanSunggal Kabupaten Deli Serdang. Ihsan : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1).

Masitah, W., & Hastuti, J. (2017). Meningkatkan Kemampuan Bahasa Melalui Metode Bercerita dengan Menggunakan Media Audio Visual di Kelompok B RA Saidi Turi Kecamatan Pancur Batu Kabupaten Deli Serdang. Intiqad: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam, 8(2), 147-177.

Masitah, W., & Setiawan, H. R. (2018). Pembuatan Media Pembelajaran Melalui Seni Decaupage Pada Guru Raudhatul Athfal Kecamatan Medan Area. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2).

Megawangi, Ratna dkk, (2004). Pendidikan yang Patut dan Menyenangkan; Penerapan Teori DAP, Jakarta: Indonesia Heritage Foundation

Peraturan Perundang-undangan (2012). Undang-Undang Nomor 12 tentang Pendidikan Tinggi, pasal 1 nomor 9.

Pratiwi, I., Amelia, C., & Pasaribu, O. L. (2020). PKPM Wisata Baca Pada TK Aisyiah Medan. Ihsan : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 170-178.

Rangkuti, Derajat dkk, (2019). PKM Pembuatan Alat Permainan Edukatif bagi Guru TK/PAUD. In Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian (Vol. 2, No. 1, pp. 674-678).

Sitepu, J. M., & Nasution, M. (2018). Kreativitas Pembuatan Media Pembelajaran Big Book Pada Guru-Guru RA Di Kecamatan Medan Maimun. Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1).




DOI: https://doi.org/10.30596/ihsan.v3i2.7724

DOI (PDF): https://doi.org/10.30596/ihsan.v3i2.7724.g9520

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Online ISSN:2685-9882