Penguatan Kemuhammadiyahan Bagi Guru Guru SMA Muhammadiyah Kota Medan

Khairil azmi, Muhammad Irsyad

Abstract


Sudah terlaksana kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan judul Penguatan Kemuhammadiyahan Bagi Guru-Guru SMA Muhammdiyah Kota Medan. Penguatan Kemuhammadiyahan adalah Suatu upaya untuk meningkatkan Pemahaman, Penyerapan dan Penghayatan Guru-Guru SMA Muhammadiyah Kota Medan terhadap landasan Idiologi dan Nilai Nilai Kemuhammadiyahan. Kegiatan ini terlakasana pada hari Jum`at tanggal 28 Mei 2021 bertempat di Aula SMA Muhammadiyah 02 Tanjung Sari Medan . Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan penguatan wawasan pengetahuan Idiologi Muhammadiyah Dan Nilai nilai Kemuhammadiyahan serta dapat mengimplementasikannya dalam setiap capaian pembelajaran dan kehidupan di lingkungan sekolah dan masyarakat. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdianmasyrakat ini adalah metode ceramah, diskusi dan tanya jawab. Para peserta sangat tertarik dan antusias mengikuti kegiatan ini karena sebagian besar guru-guru awalnya tidak berasal dari kalangan keluarga warga muhammadiyah. Pada saat kegiatan berlansung banyak peserta yang mengajukan pertanyaan seputar Konsep idiologi muhammadiyah dan bagaimana Nilai-Kemuhammadiyahan menjadi ruh gerakan amal usaha dan dapat diimplementasikan kepada masyarakat luas. Setelah mengikuti kegiatan ini para peserta mendapatkan Pengetahuan dan pemahaman yang luas bagaimana nilai nilai kemuhammadiyahan dapat diimplementasikan di lingkungan sekolah dan masyasakat.


Keywords


Penguatan, Kemuhammadiyahan, Guru

Full Text:

PDF

References


Akrim, Nurzannah, & Ginting, N. (2018). Pengembangan Program Pembelajaran Tematik Terpadu Bagi Guru-Guru SD Muhammadiyah Di Kota Medan. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2).

Ginting, N., & Hasanuddin. (2020). Implementasi Konsep Pendidikan Islam Terpadu Di Sekolah Islam Terpadu Ulul Ilmi Islamic School Kota Medan. Al-Muaddib: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Keislaman, 5(2), 293-304.

Ginting, N., Pradesyah, R., Amini, & Panggabean, H. S. (2021). Memperkuat Nalar Teologi Islam Moderat dalam Menyikapi Pandemi Covid-19 di Pimpinan Ranting Pemuda Muhammadiyah Bandar Pulau Pekan. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 30-40.

Pohan, S., & Lubis, F. (2019). Metode ASII Sebagai Pembinaan Jamaah Manis Di Prm Seroja Cabang Muhammadiyah Medan Denai. Ihsan : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 203-214.

Zailani, & Ginting, N. (2019). Pembinaan Pelaksanaan Fardu Kifayah dan Pelatihan Imam Anggota Muhammadiyah (Studi Pimpinan Cabang Muhammadiyah Medan Deli). Ihsan Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1).




DOI: https://doi.org/10.30596/ihsan.v3i2.7780

DOI (PDF): https://doi.org/10.30596/ihsan.v3i2.7780.g9515

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Online ISSN:2685-9882