Nuansa Pendidikan Berwirausaha Salad Buah Keju Sebagai Program Usaha Ekonomi Bagi Siswa SMK PAB 7 Lubuk Pakam

Syafrizal Syafrizal, Ahmad Calam

Abstract


Dalam suatu pemasaran banyak sekali bentuk dan macam aneka ragam makanan dari yang kecil hingga yang besar dan dari yang murah hingga sampai yang mahal. Dengan aktivitas yang semakin padat, membuat banyak orang membutuhkan asupan makanan tambahan yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Masyarakat saat ini berusaha mengkonsumsi makanan sehat harus menjadi kebiasaaan agar kesehatan badan terjaga. Hal itu dilakukan dengan memilih makanan alami dan dalam kondisi segar, tanpa bahan pengawet. Salah satu makanan sehat yang aman dikonsumsi adalah salad, baik salad sayuran atau buah-buahan. Salad buah adalah makanan alternatif yang menyehatkan. Bahkan bisa mencegah dan mengobati beberapa jenis penyakit. Sayuran dan buah dalam salad kaya akan nutrisi, kandungan gizi, mengandung serat tinggi, juga mengandung berbagai vitamin dan mineral yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh. Pengabdian yang dilakukan di SMK PAB 7 Lubuk Pakam yang merupakan generasi muda sebelum melakukan kerja formal. Dari hasil pengabdian paling tidak memberikan informasi kepada masyarakat bahwa ada makanan sehat mengandung banyak vitamin multi fungsi dan dapat dibeli secara online, selain itu juga memberikan Pendidikan kewirausahaan kepada generasi muda untuk dapatmandiri dalam menjalani kehidupan, agar bahagia di dunia dan di akhirat.


Keywords


Pendidikan, Salad Buah, Ekonomi

Full Text:

PDF

References


Nirmala and D. S. Aisyah, 2009. Meningkatkan Kesadaran pentingnya Kecukupan Asupan Buah Buahan Bagi Anak Melalui Kegiatan Pelatihan Kreasi Salad Buah Di Kecamatan Telukjambe Timur Kabupaten Karawang (Abdimas Di Paud Kenanga V, Tkit Al-Kaukaba, dan, Passion Islam. Stud. Cent. JPI_Rabban, pp. 111,2009.

Rahmayati, 2015. Analisis SWOT dalam Menentukan Strategi Pemasaran Udang Beku PT. Mustika Mina

Nusa Aurora Tarakan,

Kalimantan Utara,Jurnal. Galung Trop., vol. 4, no. 1, pp. 6067, 2015.

Byrd, J & Brown, P.L. 2003. The Innovation Equation. Building Creativity and Risk Taking in Your Organization.

San Fransisco: Jossey-Bass/Pfeiffer.

A Wiley Imprint. www.pfeiffer.com

De Jong, JPJ & Kemp, R. 2003. Determinants of Coworkerss Innovative Behaviour: An Investigation into Knowledge Intensive Service. International Journal of Innovation Management.Volume 7 Nomor2 (Juni 2003), hal. 189 - 212.

Dendy, Sugono, 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi Keempat. Jakarta :Gramedia.

Hendro. 2011. Dasar-dasar Kewirausahaan Panduan

Bagi Mahasiswa untuk Mengenal, Memahami, dan Memasuki Dunia Bisnis. Jakarta: Erlangga.

Junaedi. 2012. Membangun dan Mengembangkan Kewirausahaan

Siswa. Depok: Literatur Media

Sukses.

Kasali, Rhenaldi. 2010. Modul Kewirausahaan. Bandung: PT Mizan Republika

Kasmir. 2012. Kewirausahaan. Jakarta : PT RajaGrafindo Persada

______, 2014. Kewirausahaan Edisi-

Revisi. Jakarta: Rajawali Pers.

Kotler, Philip and Gary Amstrong. 2016. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi

Jilid 1. Jakarta:Erlangga

Mubarok, Mufti. 2013. Manajemen Praktis Kewirausahaan. Surabaya : PT Luxima Metro Media .

Mudrajad Kuncoro,2005.Strategi Bagaimana Meraih Keunggulan

Kompetitif, Jakarta: Erlangga.

Leonardus. 2014. Kewirausahaan.

Jakarta: Salemba Empat.

Suharyono, 2017. Sikap dan Perilaku Wirausahawan. Jurnal Ilmu dan Budaya, Vol. 40, No.56. 6556.

Sukardewi, Nyoman, et. all. 2013. Kontribusi Adversity Quotient (AQ) Etos Kerja dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja Guru SMA Negeri di Kota Amlapura. Jurnal Akuntansi Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, volume 4.

Suryana, Yuyus & Kartib Bayu. 2015. Kewirausahaan Pendekatan Karkteristik Wirausahawan Sukses. Jakarta: Kencana.

Akrim, Nurzannah, & Ginting, N. (2018). Pengembangan Program Pembelajaran Tematik Terpadu Bagi Guru-Guru SD Muhammadiyah Di Kota Medan. Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian kepada Masyarakat, 2(2).

Al Bara, Pradesyah, R., & Ginting, N. (2019). Pengembangan Ekonomi Keluarga Berbasis Mompreneur Bagi Ibu-Ibu Di Pimpinan Cabang Aisyiyah Duriankota Medan. Ihsan Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 126-135.

Ginting, N., Pradesyah, R., Amini, & Panggabean, H. S. (2021). Memperkuat Nalar Teologi Islam Moderat dalam Menyikapi Pandemi Covid-19 di Pimpinan Ranting Pemuda Muhammadiyah Bandar Pulau Pekan. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 30-40.

Hafsah, Hanum, Z., Hanum, S., & Zaidan, T. S. (2021). Penggunaan Bahan Alami dalam Pembuatan Hand Sanitizer untuk Mengatasi Pencegahan Covid 19 pada Masyarakat Kisaran. Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian kepada Masyarakat, 6(1), 59-64.

Khairiah, N., Nurzannah, & Harisman. (2018). Model Pembelajaran Terpadu Dalam Penanaman Nilai-Nilai Good Governance Sebagai Upaya Pencegahan Korupsi Pada Mahasiswa Di Kota Medan. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen.




DOI: https://doi.org/10.30596/ihsan.v4i1.9942

DOI (PDF): https://doi.org/10.30596/ihsan.v4i1.9942.g9398

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Online ISSN:2685-9882