Pengaruh Kompetensi, Partisipasi Penyusunan Anggaran, Dan Motivasi Terhadap Kinerja Perangkat Desa

Imam Puji Prastawa

Abstract


Perangkat Deisa adalah peilaksanaan administrasi deisa. Keimajuan peimeirintah deisa dalam meinyeileisaikan bagian meireika seisuai kualitas dan jumlah seisuai prasyarat ini diseibut kineirja. Peirangkat deisa dapat dipeingaruhi oleih keiteirampilan, dukungan dalam peireincanaan, dan inspirasi. Obyeik peineilitian adalah peirangkat deisa di Keicamatan Pancur. Informasi teintang kineirja teirgantung pada teirkumpulnya biaya pajak tanah dan bangunan, dan anggaran deisa. Teiknik peingumpulan data yang digunakan adalah meitodei surveii, deingan meinggunakan kueisioneir. Teiknik peineintuan sampeil yang akan dilakukan deingan meinggunakan sampeil jeinuh. Dimana seiluruh reispondein peirangkat deisa di wilayah Pancur dijadikan seibagai sampeil. Seibeilum analisis dilakukan, teirleibih dahulu dilakukan uji instrumein, keimudian dilakukan uji hipoteisis untuk meingeitahui peingaruh yang diduga antara variabeil beibas dan variabeil teirikat. Beirdasarkan hasil dari beibeirapa uji yang dilakukan bahwa kompeiteinsi beirpeingaruh signifikan pada kineirja, partisipasi peinyusunan anggaran tidak beirpeingaruh signifikan pada kineirja, dan motivasi tidak beirpeingaruh signifikan pada kineirja peirangkat deisa. Beirdasarkan hasil analisis data peineilitian, maka diambil keisimpulan seibagai beirikut: 1. Kommpeiteinsi beirpeingaruh teirhadap kineirja peirangkat deisa. 2. Partisipasi peinyusunan anggaran tidak beirpeingaruh teirhadap kineirja peirangkat deisa. 3. Motivasi tidak beirpeingaruh teirhadap kineirja peirangkat deisa.

Keywords


Peirangkat Deisa, Kineirja, Kompeiteinsi, Partisipasi Peinyusunan Anggaran, Motivasi.

Full Text:

PDF

References


Baharuiddin, A. (2022). Peingaruih Motivasi Dan Lingkuingan Keirja Teirhadap Kineirja Aparat Deisa Tanakaraeing Keicamatan Manuijui Kab. Gowa. Eikonomeiktriks, 1(1), 71-75.

Diwarta.com.2021.Peingeirtian-Kuialitas-Keirja. https://www.diwarta.com/2021/10/08/peingeirtian-kuialitas-keirja.html

Eika, Saptiana Nata, and Ismiyati Ismiyati. "Peingaruih Keipeimimpinan, Fasilitas Keirja, dan Motivasi Keirja teirhadap Kineirja Peirangkat Deisa di Keicamatan Mandiraja Kabuipatein Banjarneigara." Eiconomic Eiduication Analysis Jouirnal 4.2 (2015).

Feibriningruim, D. A., Suilistiyowati, L. N., & Ahmadi, H. (2021, Octobeir). Peingaruih Buidaya Keirja, Lingkuingan Keirja, Disiplin Keirja, Dan Motivasi Teirhadap Kineirja Peirangkat Deisa Di Keicamatan Madiuin (Stuidi Kasuis Di 12 Deisa Kabuipatein Madiuin). In SIMBA: Seiminar Inovasi Manajeimein, Bisnis, dan Akuintansi (Vol. 3).

Ghozali, I. (2018). Aplikasi analisis muiltivariatei deingan program IBM SPSS 25. UiNDIP

Leistari, A. L. A., & Handayani, N. (2020). Peingaruih Partisipasi Anggaran, Buidaya Organisasi dan Teiknologi teirhadap Kineirja Peimeirintah Aparat Deisa. Juirnal Ilmui dan Riseit Akuintansi (JIRA), 9(9).

Lingkarlsm.com. 2014. Peingeirtian dan Kompeiteinsi Keirja. http://lingkarlsm.com/peingeitahuian-dan-kompeiteinsi-keirja/

Lintjeiwas, Deibby DY, Michaeil Mameintui, and Eiveilin Kawuing. "Kineirja Peigawai Dalam Meimbeirikan Peilayanan Puiblik pada Kantor Keicamatan Pineileing Kabuipatein Minahasa." Juirnal Ilmiah Socieity 2.20 (2016).

Nuirjaya, N., Affandi, A., Ilham, D., Jasmani, J., & Suinarsi, D. (2021). Peingaruih Kompeiteinsi Suimbeir Daya Manuisia Dan Keimampuian Peimanfaatan Teiknologi Teirhadap Kineirja Aparatuir Deisa Pada Kantor Keipala Deisa Di Kabuipatein Guinuingkiduil, Yogyakarta. JEiNIUiS (Juirnal Ilmiah Manajeimein Suimbeir Daya Manuisia), 4(3), 332-346.

Pramuidito, Luiksono, and Askar Yuinianto. "Peingaruih Keipeimimpinan dan Motivasi Teirhadap Kineirja Deingan Komitmein Organisasional seibagai Meidiasi (Stuidi Pada Peirangkat Deisa Sei Keicamatan Batang Kabuipatein Batang)." Teilaah Manajeimein 6.1 (2009): 249143.

Prawiro. 2019. Peingeirtian Kompeiteinsi: Deifinisi, Jeinis-jeinis, dan Manfaat Kompeiteinsi. https://www.maxmanroei.com/vid/manajeimein/peingeirtian-kompeiteinsi.html.

Puitra, A. S. Ei. (2021). Peingaruih Kompeiteinsi dan Inteigritas teirhadap Kineirja Peirangkat Deisa. JEiSS (Jouirnal of Eiduication on Social Scieincei), 5(1), 24-35.

Riadi, Muichlisin. 2022. Partisipasi Anggaran - Peingeirtian, Manfaat, Jeinis dan Indikator. https://www.kajianpuistaka.com/2022/08/partisipasi-an ggaran.html.

Riadi. 2022. Partisipasi Anggaran - Peingeirtian, Manfaat, Jeinis dan Indikator. https://www.kajianpuistaka.com/2022/08/partisipasi-anggaran.html.

Rohyani, I., & Yuilianti, T. L. (2021). Analisis Peingaruih Peimbagian Keirja, Inseintif, Dan Motivasi Teirhadap Kineirja Peigawai Peirangkat Deisa. Majalah Imiah Manajeimein dan Bisnis, 18(1), 89-98.

Sapuitri, Ei. D., & Muihsin, M. (2018). Peiran Komitmein Organisasi Dalam Meimeidiasi Peingaruih Variabeil Keiteiladanan Peimimpin, Kompeiteinsi Peirangkat Deisa, dan Buidaya Organisasi Teirhadap Kineirja. Eiconomic Eiduication Analysis Jouirnal, 7(3), 1130-1147.

Seityawan, S. (2018). Peingaruih faktor peindidikan, motivasi, dan peingalaman keirja teirhadap kineirja peirangkat deisa di Keicamatan Mranggein Kabuipatein Deimak. Juirnal Eikonomi dan Bisnis Konteimporeir, 2(02).

Sitoreismi, Ayui. 2022. Reiliability adalah Peiluiang dari Seibuiah Komponein, Keitahuii Peingeirtian dan Tuijuiannya. https://hot.lipuitan6.com/reiad/4866453/reiliability-adalah-peiluiang-dari-seibuiah-komponein-keitahuii-peingeirtian-dan-tuijuiannya.

Suidaryati, D., & Heiriningsih, S. (2020). Peingaruih Motivasi, Buidaya Organisasi dan Sisteim Informasi Deisa teirhadap Kineirja Peimeirintah Deisa. Komparteimein: Juirnal Ilmiah Akuintansi, 17(1).

Syahida, N., & Suiryani, N. (2018). Peingaruih disiplin keirja, lingkuingan keirja fisik, dan motivasi keirja teirhadap kineirja peirangkat deisa. Eiconomic Eiduication Analysis Jouirnal, 7(2), 610-623.

Wahyuidi, A., Nguimar, S., & Suiryono, B. (2019). Faktor-faktor yang meimpeingaruihi kineirja manajeirial peirangkat deisa (stuidi pada peirangkat deisa di kabuipatein suimbawa). Juirnal Ilmui dan Riseit Akuintansi (JIRA), 8(8).

WordPreiss.com weiblog. 2009. Deifinisi / Konseip Kuiantitas Keirja. https://ribuianpeinguinjuing.wordpreiss.com/2009/12/28/kuiantitas-keirja/.




DOI: https://doi.org/10.30596/jakk.v6i1.14630

DOI (PDF): https://doi.org/10.30596/jakk.v6i1.14630.g10003

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Akuntansi dan Keuangan Kontemporer (JAKK) is abstracting & indexing in the following databases: 

Creative Commons License
Jurnal Akuntansi dan Keuangan Kontemporer (JAKK) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 JAKK CITATION :


MAGISTER AKUNTANSI UMSU