Penggunaan Teknologi Kecerdasan Buatan dalam Proses Audit Keuangan: Tantangan dan Peluang

Yunita Althin Natanael, Bahrul Ilmi, Edi Jamaris

Abstract


Ini adalah pekerjaan review di bidang penerapan Kecerdasan Buatan (AI) dalam Akuntansi dan Audit. Pendekatan ulasan semi-sistematis atau naratif digunakan dalam menganalisis buku dan jurnal yang diterbitkan relevan. Dihadapkan pada tantangan teknologi disruptif yang dibawa oleh Industri 4.0, disiplin akuntansi dan audit dituntut untuk mengalami metamorfosis untuk mencapai level berikutnya. Kolaborasi interdisipliner adalah suatu keharusan sehubungan dengan penelitian yang dilakukan di bidang AI dalam akuntansi dan audit. Penerapan AI yang lebih luas dalam profesi akuntansi dan audit diharapkan dapat memberikan manfaat efisiensi, produktivitas, dan akurasi yang lebih besar sementara beban dengan tantangan ketidaksetaraan pendapatan dan kekayaan, kepunahan pekerjaan tradisional dan tenaga kerja tidak terampil. Diperlukan persiapan dari pihak pendidik, regulator, dan badan profesional dengan mengatasi perubahan paradigma dan mempersiapkan siswa, kebijakan, dan profesional masa depan untuk menghadapi tantangan dunia yang penuh dengan data besar, teknologi blockchain, kecerdasan buatan, dan sebagainya, mengantarkan revolusi industri keempat. Akademisi harus merekonseptualisasikan kurikulum akuntansi. Regulator harus membawa perubahan dalam bentuk perumusan kebijakan revolusioner. Selain itu, badan profesional harus merancang ulang proses pengembangan dan pelatihan profesional. Hibrida profesional diharapkan muncul dan memimpin profesi dalam waktu dekat. Pengembangan dan penerapan AI dalam profesi akuntansi dan audit dapat dipandang sebagai pedang bermata dua.

 

This is a review work in the field of application of Artificial Intelligence (AI) in Accounting and Auditing. A semi-systematic or narrative review approach is used in analyzing relevant published books and journals. Faced with the challenges of disruptive technology brought by Industry 4.0, accounting and auditing disciplines are required to undergo a metamorphosis to reach the next level. Interdisciplinary collaboration is a must with respect to research conducted in the field of AI in accounting and auditing. Wider application of AI in the accounting and auditing professions is expected to deliver greater efficiency, productivity and accuracy benefits while burdening with the challenges of income and wealth inequality, traditional job extinction and an unskilled workforce. Educators, regulators, and professional bodies are required to prepare by overcoming paradigm shifts and preparing students, policymakers, and future professionals to face the challenges of a world full of big data, blockchain technology, artificial intelligence, and so on, ushering in the fourth industrial revolution. Academics must reconceptualize the accounting curriculum. Regulators must bring change in the form of revolutionary policy formulation. In addition, professional bodies must redesign professional development and training processes. Professional hybrids are expected to emerge and lead the profession in the near future. The development and application of AI in the accounting and auditing professions can be viewed as a double-edged sword

Keywords


Kecerdasan Buatan, Audit Keuangan

Full Text:

PDF

References


Aduloju, Kunle, Olowokudejo Folake, dan Obalola Musa. 2014. Teknologi Informasi dan Kinerja Layanan Pelanggan Antara perusahaan asuransi di Nigeria.Jurnal Bisnis dan Manajemen Eropa6: 80–87.

Al-Aroud, Shaher Falah. 2020. Dampak Teknologi Kecerdasan Buatan Terhadap Bukti Audit.Akademi Akuntansi dan Jurnal Studi Keuangan24: 1–11.

Albawwat, Ibrahim, dan Frijat Yaser. 2021. Analisis persepsi auditor terhadap Kecerdasan Buatan dan kontribusinya terhadap kualitas audit.Akuntansi7: 755–62.

Askary, Saeed, Nasser Abu-Ghazaleh, and Yasean Tahat. 2018. Kecerdasan Buatan dan keandalan informasi akuntansi.Kuliah Catatan dalam Ilmu Komputer11195: 315–24.

Akuntansi Avianna. 2021. Bagaimana Kecerdasan Buatan akan Mengubah Fungsi Audit di Dubai, UEA.

Baldwin, Amelia, Carol E. Brown, and Brad S. Trinkle. 2006. Peluang Pengembangan Kecerdasan Buatan di Bidang Akuntansi Domain: Kasus Audit.Sistem Cerdas dalam Akuntansi, Keuangan dan Manajemen14: 77–86.

Balios, Dimitris, Panagiotis Kotsilaras, Nikolaos Eriotis, and Dimitris Vasiliou. 2020. Data besar, analitik data, dan audit eksternal. Jurnal Akuntansi dan Audit Modern16: 211–19.

Chassignol, Maud, Aleksandr Khoroshavin, Alexandra Klimova, and Anna Bilyatdinova. 2018. Tren Kecerdasan Buatan di pendidikan: Tinjauan naratif.Procedia Ilmu Komputer136: 16–24.

Chukwuani, Victoria Nnenna, dan Modeska Amaka Egiyi. 2020. Otomasi Proses Akuntansi: Dampak Kecerdasan Buatan.

Jurnal Internasional Penelitian dan Inovasi dalam Ilmu Sosial (IJRISS) 4: 444–49.

Chukwudi, O. Longinus, Silas C. Echefu, Uche Boniface, and Nnenna V. Chukwuani. 2018. Pengaruh Kecerdasan Buatan Terhadap

Kinerja Operasi Akuntansi di antara Kantor Akuntan di Nigeria Tenggara.Jurnal Asia Ekonomi, Bisnis dan Akuntansi7: 1–11.

Davis, Fred D. 1989. Kegunaan yang Dirasakan, Kemudahan Penggunaan yang Dirasakan, dan Penerimaan Pengguna Teknologi Informasi.MIS Triwulanan13:319–40.

Demski, Joel S. 2007. Apakah akuntansi merupakan disiplin akademis?Cakrawala Akuntansi21: 153.

Gentner, Daniel, Birgit Stelzer, Bujar Ramosaj, and Leo Brecht. 2018. Pandangan ke depan strategis tentang peluang pelanggan b2b di masa depan melaluipembelajaran mesin.Tinjauan Manajemen Inovasi Teknologi8: 5–17.

Greenman, Cindy. 2017. Menggali dampak Kecerdasan Buatan pada profesi akuntan.Jurnal Penelitian dalam Bisnis, Ekonomi dan Manajemen8: 1451.

Hasan, Rizvan Ahmad. 2022. Kecerdasan Buatan (AI) dalam akuntansi & audit: Tinjauan Literatur.Buka Jurnal Bisnis danPengelolaan10: 440–65.

Hemin, Ali Qadir. 2017. Akankah Kecerdasan Buatan Mencerahkan atau Mengancam Masa Depan Sains, Etika, dan Masyarakat.

Kaplan, Andreas, dan Michael Haenlein. 2019. Siri, Siri, di tanganku: Siapa yang tercantik di negeri ini? Tentang interpretasi, ilustrasi, dan implikasi dari Kecerdasan Buatan.Cakrawala Bisnis62: 15–25.

Kokina, Julia, dan Thomas H. Davenport. 2017. Munculnya Kecerdasan Buatan: Bagaimana Otomasi Mengubah Audit. Jurnal Teknologi Berkembang dalam Akuntansi14: 115–22.

Lee, Cheah Saw, dan Farzana P. Tajudeen. 2020. Penggunaan dan Dampak Kecerdasan Buatan pada Akuntansi: 213 Bukti dari Organisasi Malaysia.Jurnal Bisnis dan Akuntansi Asia13: 213–40.

Lin, Paul, dan Tom Hazelbaker. 2019. Memenuhi tantangan Kecerdasan Buatan.Jurnal CPA89: 48–52. Jurnal34: 750–82.

Luo, Yuchuan, Ming Xu, Kai Huang, Dongsheng Wang, dan Shaojing Fu. 2018. Audit yang efisien untuk data bersama di cloud dengan pencabutan pengguna aman dan komputasi outsourcing.Komputer & Keamanan73: 492–506.

Moffitt, Kevin C., Andrea M. Rozario, and Miklos A. Vasarhelyi. 2018. Otomatisasi proses robotik untuk audit.Jurnal Muncul Teknologi dalam Akuntansi15: 1–10.

Nickerson, Mark A. 2019. AI: Risiko dan Penghargaan Baru.

Nwakaego, Duru Anastesia, dan Okpe Innocent Ikechukwu. 2015. Pengaruh Account Payable Ratio Terhadap Kinerja Keuangan PT perusahaan manufaktur makanan dan minuman di Nigeria.Jurnal Penelitian Bisnis dan Manajemen3: 15–21. Omoteso, Kamil. 2012.

Penerapan Kecerdasan Buatan dalam Auditing: Menengok ke belakang ke masa depan.Sistem Pakar dengan Aplikasi. 39: 8490–95.

Puthukulam, Gopalan, Anitha Ravikumar, Ravi Vinod Kumar Sharma, and Krishna Murthy Meesaala. 2021. Persepsi Auditor tentang Dampak Kecerdasan Buatan pada Skeptisisme dan Penilaian Profesional di Oman.Jurnal Universal Akuntansi dan Keuangan 9: 1184– 90.

Raji, Inioluwa, and Joy Buolamwini. 2019. Audit yang Dapat Ditindaklanjuti: Investigasi Dampak Kinerja Bias Penamaan Publik

Hasil Produk AI Komersial. Makalah yang dipresentasikan pada Konferensi AAAI/ACM 2019 tentang Kecerdasan Buatan, Etika, dan Masyarakat, Honolulu, HI, AS, 27–28 Januari.

Solaimani, Reem, Fatima Rashed, Shahad Mohammed, dan Walaa Wahid ElKelish. 2020. Dampak kecerdasan buatan pada

kontrol perusahaan.Kepemilikan dan Kontrol Perusahaan17: 171–78.

Salem, Mohamed SM 2012. Gambaran penelitian tentang tanggung jawab auditor untuk mendeteksi kecurangan pada laporan keuangan.Jurnal dariManajemen Bisnis Global8: 218.

Schulenberg, Jennifer L. 2007. Menganalisis pengambilan keputusan polisi: Menilai penerapan penelitian metode campuran/model campuran desain. Jurnal Internasional Metodologi Penelitian Sosial10: 99–119.

Vasarhelyi, Miklos A., dan Alex Kogan. 1998.Kecerdasan Buatan dalam Akuntansi dan Audit: Menuju Paradigma Baru. Princeton: Penerbit Markus Wiener, vol. 4.




DOI: https://doi.org/10.30596/jakk.v6i1.15889

DOI (PDF): https://doi.org/10.30596/jakk.v6i1.15889.g9806

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Akuntansi dan Keuangan Kontemporer (JAKK) is abstracting & indexing in the following databases: 

Creative Commons License
Jurnal Akuntansi dan Keuangan Kontemporer (JAKK) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 JAKK CITATION :


MAGISTER AKUNTANSI UMSU