Determinan Minat Investasi Saham Mahasiswa Akuntansi Selama Pandemi Covid-19

Yana Aristia Wati, Lukman Effendy

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi investasi, pengetahuan investasi, persepsi risiko, persepsi return, modal minimal investasi, kemajuan teknologi dan sosialisasi pasar modal terhadap minat investasi saham mahasiswa akuntansi. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner melalui link google form kemudian diolah dengan bantuan SmartPLS versi 4.0. Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah mahasiswa akuntansi Universitas Mataram angkatan 2019 dan 2020, jumlah sampel sebanyak 90 responden. Metode yang digunakan yaitu analisis model pengukuran (outer model) dan model struktural (Inner model) untuk membuktikan hipotesis penelitian. Hasil penelitian secara bersama-sama menunjukkan bahwa variabel pengetahuan investasi (X2), persepsi risiko (X3), persepsi return (X4), kemajuan teknologi (X6), dan sosialisasi pasar modal (X7), berpengaruh terhadap variabel minat investasi mahasiswa akuntansi dalam berinvestasi saham. Dimana nilai masing-masing p value  variabel < 0,050 yang artinya hipotesis diterima. Sedangkan variabel motivasi investasi (X1) dan modal minimal investasi (X5) ditolak.

This research is a quantitative study that aims to determine the effect of investment motivation, investment knowledge, risk perception, return perception, minimum investment capital, technological advances, and capital market socialization on the interest of accounting students to invest in shares in the capital market. Data was collected using a questionnaire via the Google form link and then processed with the help of SmartPLS version 4.0. The population and sample in this study are accounting students at Mataram University batch 2019 and 2020, the total sample is 90 respondents. The method use is outer model and inner model to test and prove the research hypothesis. The result of study collectively show that the Investment Knowledge variable (X2) , Investment Risk (X3), Investment Return (X4), Technological Advances (X6) and Capital Market Socialization (X7), affect the variables of Investment Interest and Stock. Where the p value of each variable is < 0,050, which means the hypothesis is accepted. While the investment motivation (X1) and minimum investment capital (X5) variables are rejected


Keywords


Motivasi Investasi, Pengetahuan Investasi, Persepsi Risiko, Persepsi Return, Modal Minimal Investasi, Kemajuan Teknologi, Sosialisasi Pasar Modal, Minat Investasi Saham

Full Text:

PDF

References


Ajzen, I. (1991a). The theory of planned behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes, 50(2), 179–211. https://doi.org/10.1016/0749-5978(91)90020-T

Ajzen, I. (1991b). The Theory of Planned Behavior. ORGANIZATIONAL BEHAVIOR AND HUMAN DECISION PROCESSES, 50(2), 179–211. https://doi.org/10.1080/10410236.2018.1493416

Ajzen, I., & Fishbein, M. (2005). The influence of attitudes on behavior (The handbo).

Alfi, A. N. (n.d.). Literasi dan Inklusi Keuangan Meningkat, Tapi Masih Timpang. Bisnis.Com. Retrieved March 3, 2022, from https://www.google.com/amp/s/m.bisnis.com/amp/read/20201203/90/1326117/literasi-dan-inklusi-keuangan-meningkat-tapi-masih-timpang

Cahya, B. T., & Kusuma, N. A. (2019). Pengaruh Motivasi dan Kemajuan Teknologi Terhadap Minat Investasi Saham. Al-Masharif: Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Keislaman, 7, 192–207.

Dewi, N. K. D. K., & Budiasih, I. G. A. N. (2017). PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL, NORMA SUBJEKTIF, DAN KONTROL PERILAKU PADA MINAT BERKARIR MAHASISWA PENDIDIKAN PROFESI AKUNTANSI Ni. Akuntansi Universitas Udayana, 20(2), 1016–1045.

Hati, S. W., & Harefa, W. S. (2019). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Berinvestasi Di Pasar Modal Bagi Generasi Milenial (Studi Pada Mahasiswi Jurusan Manajemen Bisnis Politeknik Negeri Batam). Business Administration, 3(2), 281–295.

Hermawati, N., Rizal, N., & Mudhofar, M. (2018). Analisis Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Untuk Berinvestasi di Pasar Modal (Studi Pada Mahasiswa Prodi Akuntansi STIE Widya Gama Lumajang). Proceedings Progress Conference, 1(1), 850–860.

idx.co.id. (2020). SURAT KEPUTUSAN DIREKSI PT BURSA EFEK INDONESIA.

Indonesia, C. (2020). Corona Buat IHSG Sentuh Level Terendah Sepanjang Sejarah.

Jogiyanto. (2007). Sistem Informasi Keprilakuan (A. Offset (ed.); Revisi).

Khotimah, H., Warsini, S., & Nuraeni, Y. (2016). Pengaruh Sosialisasi dan Pengetahuan terhadap Minat Investor pada Efek Syariah di Pasar Modal (Survei Pada Nasabah PT Danareksa Sekuritas Cabang FE-UI Depok). Jurnal Account, 423–433. http://akuntansi.pnj.ac.id/upload/artikel/files/SabarWaarsiniJuni2016.pdf

Komara, D., & Wardani, D. (2018). Faktor Pengaruhi Minat Mahasiswa dalam Berinvestasi di Pasar Modal. 8114.

Kruglanski, P., & Higgins, E. (2012). The Theory of Planned Behavior. Handbook of Theories of Social Psychology: Volume 1, January 2012, 438–459. https://doi.org/10.4135/9781446249215.n22

Kusmawati, K. (2011). Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Berinvestasi Di Pasar Modal Dengan Pemahaman Investasi Dan Usia Sebagai Variabel Moderat. Jurnal Ekonomi Dan Informasi Akuntansi (JENIUS), 1(2), 103–117.

Listyani, T. T., Rois, M., & Prihati, S. (2019). Analisis Pengaruh Pengetahuan Investasi, Pelatihan Pasar Modal, Modal Investasi Minimal Dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Investasi Mahasiswa Di Pasar Modal (Studi Pada Pt Phintraco Sekuritas Branch Office Semarang). Jurnal Aktual Akuntansi Keuangan Bisnis Terapan (AKUNBISNIS), 2(1), 49. https://doi.org/10.32497/akunbisnis.v2i1.1524

Merawati, L. K., & Putra, I. P. M. J. S. (2015). Kemampuan Pelatihan Pasar Modal Memoderasi Pengaruh Pengetahuan Investasi Dan Penghasilan Pada Minat Berinvestasi Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Bisnis, 10(2).

Mubarok, F. K. (2018). Peran sosialisasi dan edukasi dalam menumbuhkan minat investasi di pasar modal syariah. Inovasi, 14(2), 113–122.

Nisa, A., & Zulaika, L. (2017). Pengaruh Pemahaman Investasi, Modal Minimal Investasi Dan Motivasi Terhadap Minat Mahasiswa Berinvestasi Di Pasar Modal. Peta, 2(2), 22–35. https://sinta.unud.ac.id/uploads/wisuda/1215351039-1-HALAMAN AWAL.pdf

Raditya, D., Budiarta, I. K., & Suardikha, I. M. S. (2014). Pengaruh Modal Investasi Minimal di BNI Sekuritas, Return dan Persepsi terhadap Risiko pada Minat Investasi Mahasiswa dengan Penghasilan Sebagai Variabel Moderasi (Studi Kasus pada Mahasiswa Magister di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana). Ekonomi, 7, 377–390.

Savanah, A. N., & Takarini, N. (2021). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Investasi Keuangan Pada Mahasiswa Manajemen UPN “Veteran” Jawa Timur. Jurnal Sosial Ekonomi Dan Politik, 2, 84–92.

Tandio, T., & Widanaputra, A. A. G. P. (2016). Pengaruh Pelatihan Pasar Modal, Return, Persepsi, Risiko, Gender, Dan Kemajuan Teknologi Pada Minat Investasi Mahasiswa. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 16(3), 2–26.

Wardani, D. K., & Supiati. (2020). Pengaruh Sosialisasi Pasar Modal dan Persepsi atas Risiko terhadap Minat Investasi Mahasiswa di Pasar Modal. Jurnal Akuntansi Maranatha, 12(1), 13–22. https://doi.org/10.28932/jam.v12i1.2044

Wijayanti, R. (2015). Pengaruh Modal Minimal Investasi, Promosi Dan Pengetahuan Terhadap Minat Mahasiswa Berinvestasi Dinar di Gerai Dinar BMT Daarul Mustaqiim Pekalongan. STAIN Pekalongan.

Wulandari, D., Setyowati, S., & Hana, K. F. (2020). Pengaruh Edukasi Investasi, Persepsi Return dan Persepsi Risiko terhadap Minat Berinvestasi Saham Syariah. 2019.

Wulandari, P. A., Sinarwati, N. K., & Purnamawati, I. G. A. (2017). Pengaruh Manfaat, Fasilitas, Persepsi Kemudahan, Modal, Return, dan Persepsi Resiko terhadap Minat Mahasiswa untuk Berinvestasi Secara Online ( Studi Pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi Program S1 Universitas Pendidikan Ganesha ). Economics and Finance, 1, 12.

Yuliati, R., Amin, M., & Anwar, S. A. (2020). PENGARUH MOTIVASI INVESTASI, MODAL MINIMAL INVESTASI, PENGETAHUAN INVESTASI, DAN RETURN INVESTASI TERHADAP MINAT INVESTASI DI PASAR MODAL. E-Jra, 09(03), 47–57.

Yusuf, M. (2019). Pengaruh Kemajuan Teknologi dan Pengetahuan terhadap Minat Generasi Milenial dalam Berinvestasi di Pasar Modal. Jurnal Dinamika Manajemen Dan Bisnis, 2(2), 86–94. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/JDMB.02.2.3




DOI: https://doi.org/10.30596/jakk.v6i2.16920

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Akuntansi dan Keuangan Kontemporer (JAKK) is abstracting & indexing in the following databases: 

Creative Commons License
Jurnal Akuntansi dan Keuangan Kontemporer (JAKK) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 JAKK CITATION :


MAGISTER AKUNTANSI UMSU