Peran Profitabilitas, Leverage, Ukuran Perusahaan, dan CSR dalam Mempengaruhi Nilai Perusahaan
Abstract
Tujuan Penelitian: Mengevaluasi apakah profitabilitas, leverage, ukuran, dan CSR mempengaruhi nilai perusahaan. Nilai perusahaan mencerminkan seberapa besar perusahaan dalam menciptakan laba atau keuntungan, karena keuntungan yang diperoleh pemilik perusahaan menunjukkan tingginya nilai margin yang didapat perusahaan.
Metode Penelitian: Untuk mengidentifikasi pengujian ini, teknik purposive sampling digunakan. Ada 43 sampel dari industri properti serta real estate yang tercatat di Bursa Efek Indonesia selama 2021-2022. Metode analisis yaitu dengan analisis regresi linear berganda.
Originalitas/Novelty: Studi ini mempresentasikan kebaruan dengan objek sektor properti dan real estate dan meninjau rentang waktu yang digunakan yaitu tahun 2021 dan 2022. Dimana di tahun tersebut merupakan peralihan perekonomian setelah adanya wabah serta memberikan pemahaman yang lebih baru dan berkembang tentang faktor-faktor yang berpengaruh untuk nilai perusahaan di industri properti serta real estate pada BEI.
Hasil Penelitian: Temuan empiris menyatakan bahwa CSR mempengaruhi nilai perusahaan, tetapi profitabilitas, leverage, dan ukuran perusahaan tidak mempengaruhinya.
Implikasi: Hasil studi ini dapat menumbuhkan nilai perusahaan dengan meningkatkan keyakinan investor dan meningkatkan kemampuan perusahaan untuk mengelola risiko keuangan.
Research Objectives: This research aims to evaluate whether profitability, leverage, size, and CSR affect the value of a company. The value of a company reflects how much a company creates profits, because the profit obtained by the company owner shows the high margin value obtained by the company.
Research Method: The present study was selected using the purposive sampling technique. 43 real estate and property company samples are available that were listed on the Indonesia Stock Exchange in 2021–2022. Multiple linear regression analysis is the technique employed for analysis.
Originality/Novelty: This study presents a novelty with the object of the property and real estate sector and reviews the time span used, namely 2021 and 2022. Where in that year is the transition of the economy after the outbreak and provides a newer and more developed understanding of the factors that affect firm value in the property and real estate industry on the IDX.
Research Results: The empirical findings show that CSR affects firm value, but profitability, leverage, and firm size do not affect it.
Implications: The results of this study can increase company value by improving investor confidence and increasing the company's ability to manage financial risk.Keywords
Full Text:
PDFReferences
Astuti, N. K. B., & Yadnya, I. P. (2019). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Melalui Kebijakan Dividen. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(5), 3275. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2019.v08.i05.p25
Bagaskara, R. S., Titisari, K. H., & Dewi, R. R. (2021). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Ukuran Perusahaan dan Kepemilikan Manajerial terhadap Nilai Perusahaan. Forum Ekonomi, 23(1), 29–38. https://doi.org/https://doi.org/10.30872/jfor.v23i1.8949
Brigham, E. F., & Houston, J. F. (2011). Dasar-dasar Manajemen Keuangan Terjemahan (Edisi 10). Salemba Empat.
Dewi Aprianti, Dirvi Surya Abbas, Imam Hidayat, & Basuki, B. (2022). Pengaruh Profitabilitas, Kebijakan Dividen, Dewan Komisaris Independen dan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen, 1(4), 116–130. https://doi.org/10.58192/ebismen.v1i4.151
Euis, R., Medina, A., & Rina, M. (2018). Akuntansi Manajemen (Cetakan Pertama). Mujahid Press.
Fachrudin, K. A., & Fachrudin, H. T. (2015). The Study of Investment Portfolio Management and Sustainability of Property and Real Estate Companies in Indonesia Stock Exchange. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 211(September), 177–183. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.11.026
Febrianti, M. (2012). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan pada Industri Pertambangan di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Bisnis dan Akuntansi, 14(2), 141–156. https://doi.org/https://doi.org/10.34208/jba.v14i2.198
Fitria, A., & Hidayati, A. N. (2024). Reaksi Pasar Modal Syariah Sebelum dan Sesudah Covid-19 pada Perusahaan Sub Sektor Pertambangan yang Terdaftar dalam Indeks Saham Syariah Indonesia. Journal of Management and Bussines (JOMB), 6(1), 30–41. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/jomb.v6i1.7606
Fodio, M. I., Abu-Abdissamad, A. M., & Oba, V. C. (2013). Corporate Social Responsibility and Firm Value in Quoted Nigerian Financial Services. International Journal of Finance and Accounting, 2(7), 331–340. https://doi.org/10.5923/j.ijfa.20130207.01
Husain, F. (2021). Pengaruh Rasio Likuiditas dan Rasio Profitabilitas terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Indeks IDX-30. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia, 4(2), 162–175. https://doi.org/10.31842/jurnalinobis.v4i2.175
Irdawati, Abbas, D. S., Hidayat, I., & Rahandri, D. (2022). Pengaruh Corporate Social Responbility, Struktur Modal, Enterprise Risk Management dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen, 1(4), 172–188. https://doi.org/10.58192/ebismen.v1i4.154
Irham, F. (2014). Analisis Laporan Keuangan. Alfabeta.
Jensen, M. C., & Meckling, W. H. (2000). Theory of the Firm: Managerial Behavior, Agency Costs and Ownership Structure. In Corporate Governance. Corporate Governance. http://www.nhh.no/for/courses/spring/eco420/jensen-meckling-76.pdf
Kartika Dewi, N. P. I., & Abundanti, N. (2019). Pengaruh Leverage Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Mediasi. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(5), 3028. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2019.v08.i05.p16
Kasmir. (2016). Analisis Laporan Keuangan (1 ed.). Raja Grafindo Persada.
Kouki, M., & Said, H. ben. (2011). Does Management Ownership Explain the Effect of Leverage on Firm Value? An Analysis of French Listed Firms. Journal of Business Studies Quarterly, 3(1), 169–186. https://media.proquest.com/media/hms/OBJ/p1qTU?_s=ZUJwWVLbKJe3D2wxodVbmR6D%2BF4%3D
Lestari, K., Andini, R., & Oemar, A. (2016). Analisis Likuiditas, Leverage, Profitabilitas, Aktivitas, Ukuran Perusahaan dan Penilaian Pasar terhadap Return Saham (Pada Perusahaan Real Estate dan Property di BEI) periode Tahun 2009-2014. Journal Of Accounting, 2(2). http://jurnal.unpand.ac.id/index.php/AKS/article/view/440/426
Lynch, C., & Ferasso, M. (2023). The influence of a company’s inherent values on its sustainability: Evidence from a born-sustainable SME in the footwear industry. Cleaner and Responsible Consumption, 9(December 2022), 100124. https://doi.org/10.1016/j.clrc.2023.100124
Marceline, L., & Harsono, A. (2017). Pengaruh Good Corporate Gorvernance, Karakteristik Perusahaan, Likuiditas, Leverage, Kebijakan Dividen, dengan Nilai Perusahaan. Jurnal Bisnis dan Akuntansi, 19(3), 226–236. https://doi.org/https://doi.org/10.34208/jba.v19i1a-3.290
Maryam, S. (2014). Analisis Pengaruh Firm Size, Growth, Leverage, dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
Mipo, M. (2022). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan CSR Sebagai Moderating Variable Pada Perusahaan Manufaktur di BEI. Owner: Riset dan Jurnal Akuntansi, 6(1), 736–745. https://doi.org/10.33395/owner.v6i1.614
Mkadmi, J. E., & Ali, W. Ben. (2024). How does Tax Avoidance Affect Corporate Social Responsibility and Financial Ratio in Emerging Economies? Journal of Economic Criminology, 5(May), 100070. https://doi.org/10.1016/j.jeconc.2024.100070
Nirawati, L., Samsudin, A., Stifanie, A., Setianingrum, M. D., RyanSyahputra, M., Khrisnawati, N. N., & Saputri, Y. A. (2022). Profitabilitas dalam Perusahaan. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 5(1), 60–68. https://doi.org/https://doi.org/10.37673/jmb.v5i1.1623
Pardiyanto, P., & Setiawati, E. (2016). Pengaruh Struktur Modal, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan Dan Likuiditas Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Keuangan Non Perbankan yang Terdaftar di BEI Tahun 2010-2014). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Puspitasari, F. I., & Sunarto. (2024). Pengaruh Leverage, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan dan Pertumbuhan Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan Properti dan Real Estate yang Terdaftar di BEI tahun 2016-2022). COSTING:Journal of Economic, Business and Accounting, 7(3), 5698–5714. https://doi.org/ttps://doi.org/10.31539/costing.v7i3.6969
Ramadan, I. Z. (2015). Leverage and the Jordanian Firms’ Value: Empirical Evidence. International Journal of Economics and Finance, 7(4). https://doi.org/10.5539/ijef.v7n4p75
Rasyid, C. A. M. P., Indriani, E., & Hudaya, R. (2022). Pengaruh Corporate Social Responsibility Dan Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Ukuran Perusahaan Dan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderasi Pada Perusahaan Pertambangan. Jurnal Aplikasi Akuntansi, 7(1), 135–156. https://doi.org/10.29303/jaa.v7i1.146
Saefatu, A. S., & Noegroho, Y. A. K. (2022). Pengaruh Tingkat Profitabilitas Terhadap CSR (Studi Empiris Perusahaan Manufaktur Sektor Semen, Keramik, Porselen Dan Kaca Yang Terdaftar Di BEI Tahun 2018-2020). Owner: Riset dan Jurnal Akuntansi, 6(4), 4240–4248. https://doi.org/10.33395/owner.v6i4.1208
Saputra, M. R., Sumiati, A., & Zulaihati, S. (2022). Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Corporate Social Responsibility (Csr) Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Akuntansi, Perpajakan dan Auditing, 3(1), 181–192. https://doi.org/10.21009/japa.0301.11
Sari, W. N., & Rani, P. (2015). Pengaruh Kepemilikan Institusional, Kepemilikan Manajerial, Return on Assets (ROA) dan Ukuran Perusahaan Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2011-2013. Jurnal Akuntansi dan Keuangan, 4(1), 1–20. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.36080/jak.v4i1.392
Sastrawan, I. P., & Latrini, M. Y. (2016). Pengaruh Profitabilitas, Solvabilitas, dan Ukuran Perusahaan terhadap Audit Report Lag pada Perusahaan Manufaktur. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 17(1), 311–337. https://ojs.unud.ac.id/index.php/akuntansi/article/view/19792
Setiawati, L. W., & Lim, M. (2018). Analisis Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Leverage, dan Pengungkapan Sosial terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2015. Jurnal Akuntansi, 12(1), 29–57. https://doi.org/10.25170/jara.v12i1.57
Setyaningsih, R. D., & Asyik, N. F. (2016). Pengaruh Kinerja Lingkungan terhadap Kinerja Keuangan dengan Corporate Social Responsibility sebagai Pemoderasi. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi, 5(4), 1–15. http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jira/article/view/282/287
Shofia, L., & Anisah, N. (2020). Kinerja Lingkungan dan Corporate Social Responsibility Mempengaruhi Profitabilitas Perusahaan. JAD : Jurnal Riset Akuntansi & Keuangan Dewantara, 3(2), 122–133. https://doi.org/10.26533/jad.v3i2.678
Suardana, I. K., Endiana, I. D. M., & Arizona, I. P. E. (2020). Pengaruh Profitabilitas, Kebijakan Utang, Kebijakan Dividen, Keputusan Investasi, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Kharisma, 2(2), 137–155. http://e-journal.unmas.ac.id/index.php/kharisma/article/view/975/845
Sulbahri, R. A. (2021). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Akuntansi dan Manajemen, 16(2), 215–226. https://doi.org/https://doi.org/10.30630/jam.v16i2.140
Sunarsih, Yahya, F., & Haryono, S. (2019). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Corporate Governance, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Tax Avoidance (Studi Kasus Pada Perusahaan Yang Tercatat Di Jakarta Islamic Index Tahun 2012-2016). INFERENSI: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 13(1), 127–148. https://doi.org/10.18326/infsl3.v13i1.127-148
Susanto, A. S. (2012). Pengaruh Likuiditas, Profitabilitas, Solvabilitas, dan Ukuran Perusahaan terhadap Harga Saham Perusahaan Farmasi di BEI. Jurnal Akuntansi, 1(1). https://core.ac.uk/download/pdf/230765287.pdf
Sutrisno. (2012). Manajemen Keuangan Teori, Konsep dan Aplikasi. EKONISIA.
Suwardika, I. N. A., & Mustanda, I. K. (2017). Pengaruh Leverage, Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Perusahaan, dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Properti. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 6(3), 1248–1277. https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/1370267
Tika, P. (2012). Budaya Organisasi dan Peningkatan Kinerja Perusahaan. Bumi Aksara.
Utomo, W., Andini, R., & Raharjo, K. (2016). Pengaruh Leverage (DER), Price Book Value (PBV), Ukuran Perusahaan (Size), Return on Equty (ROE), Deviden Payout Ratio (DPR) dan Likuiditas (CR) terhadap Price Earning Ratio (PER) pada Perusahaan Manufaktur yang Listing di BEI Tahun 2009-2014. Journal Of Accounting, 2(2). https://jurnal.unpand.ac.id/index.php/AKS/article/view/545
Wiagustini, N. L. P. (2013). Manajemen Keuangan. Udayana University Press.
Wicaksono, B. T., & Fitriati, I. R. (2022). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Ukuran Perusahaan, dan Likuiditas terhadap Nilai Perusahaan. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan, 5(2), 989–999. https://doi.org/10.32670/fairvalue.v5i2.2130
Wulandari, N. M. I., & Wiksuana, I. G. B. (2017). Peranan Corporate Social Responsibility dalam Memoderasi Pengaruh Profitabilitas, Leverage dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. E-Jurnal Manajemen Unud, 6(3), 1278–1311. https://simdos.unud.ac.id/uploads/file_penelitian_1_dir/46fb81dc3dcd1ccd0b913fcc2caaffdb.pdf.
DOI: https://doi.org/10.30596/jakk.v7i1.19676
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Akuntansi dan Keuangan Kontemporer (JAKK) is abstracting & indexing in the following databases:
Jurnal Akuntansi dan Keuangan Kontemporer (JAKK) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
MAGISTER AKUNTANSI UMSU