Strategi Pengembangan Lembaga Keuangan Mikro Agribisnis (LKMA) di Kabupaten Gunungkidul

Sakral Hasby Puarada, Riris Nadia Syafrilia Gurning, Cut Rozana Sari

Abstract


Perekonomian yang lemah di pedesaan adalah cerminan dari kelesuan ekonomi bangsa secara umum. LKMA dikembangkan di pedesaan sebagai hasil dari Program Pengembangan Usaha Agribisnis Perdesaan (PUAP) pemerintah. Strategi pengembangan LKMA Gapoktan PUAP di Kabupaten Gunungkidul menjadi hal yang perlu diperhatikan oleh elemen pemerintahan. Penelitian ini bertujuan menganalisis strategi pengembangan LKMA Gapoktan Kabupaten Gunungkidul yang berlandaskan pada faktor internal dan eksternal.Perumusan strategi pengembangan LKMA Gapoktan PUAP di Kabupaten Gunungkidul dimasa mendatang menggunakan analisis SWOT. Hasil identifikasi faktor internal dan eksternal LKMA selanjutnya dimasukkan ke dalam Matriks Faktor Internal (IFE) dan Matriks Faktor Eksternal (EFE). Faktor-faktor strategi LKMA disusun dalam matriks yang dapat menggambarkan secara jelas peluang dan ancaman eksternal yang dihadapi dapat disesuaikan dengan kekuatan dan kelemahan yang dimiliki.Dalam penelitian ini dilakukan Uji Instrumen yaitu Uji Validitas dan Reliabilitas agar dinyatakan valid dan reliable kemudian didapatkan hasil faktor internal kekuatan lebih besar daripada faktor kelemahan. Faktor kekuatan menunjukkan skor 1,520, sedangkan faktor kelemahan menunjukkan skor 1,784. faktor eksternal, faktor peluang menunjukkan skor 2,233, sedangkan faktor ancaman menunjukkan skor 0,981 sehingga pada sumbu Y berada pada titik 1,252. Strategi dalam pengembangan LKMA berada pada kuadran III dalam matriks SWOT yaitu melalui perbaikan kelemahan untuk menangkap peluang-peluang yang ada (strategi turnaround).

Keywords


LKMA, PUAP, SWOT, Gunungkidul

Full Text:

PDF

References


David, F.R., 2016. Manajemen Strategik : Konsep Suatu Pendekatan Keuanggulan Bersaing. Edisi 15. Penerbit Salemba Empat, Jakarta.

DEPARTEMEN PERTANIAN. 2009. Pengembangan Usaha Agribisnis Perdesaan (PUAP). Pedoman Umum. Jakarta.

Gurning, R.N.S., Intan, D.R., Puarada, S.H., 2021. Efisiensi Teknis Lembaga Keuangan Mikro Agribisnis (LKMA) Kabupaten Gunungkidul. JASc. Vol. 5. No.1.

Hermawan, H., Andrianyta, H. 2012. Lembaga Keuangan Mikro Agribisnis: Terobosan Penguatan Kelembagaan Dan Pembiayaan Pertanian Di Perdesaan. Analisis Kebijakan Pertanian. Vol. 10 No. 2 : 143-158.

Iski, N., N. Kusnadi, dan Harianto. 2016. Pengaruh Kredit Terhadap Pendapatan Petani Kopi Arabika di Kabupaten Aceh Tengah Provinsi Aceh. Jurnal Manajemen dan Agribisnis 13(2): 132-144.

Kementerian Pertanian. 2017. Pedoman Umum Pengembangan Usaha Agribisnis Perdesaan (PUAP). Kementerian Pertanian. Jakarta.

Nalinda, R. 2015. Pengembangan Lkm Gapoktan Di Kabupaten Gunung Kidul Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Ilmu-Ilmu Pertanian Vol.22, No. 2. STPP Jurusan Penyuluhan Pertanian Yogyakarta.

Nugroho, A, D., Waluyati, L, R., Jamhari. 2018. Evaluasi Program Pemberdayaan Usaha Agribisnis Perdesaan (PUAP) Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Kawistara. Vol. 8 No. 2 : 111-212.

Rangkuti, F. 1997. Teknik Membedah Kasus Bisnis Analisis SWOT Cara Perhitungan Bobot. Rating, dan OCAI. Cetakan keduapuluh dua.PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta

Rangkuti. 2001. Analisis SWOT. Teknik Membedah Kasus. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Saptana., Wahyuni, S., Pasaribu, S.H. 2013. Strategi Percepatan Transformasi Kelembagaan Gapoktan dan Lembaga Keuangan Mikro Agribisnis Dalam Memperkuat Ekonomi di Perdesaan. Jurnal Manajemen & Agribisnis, Vol. 10 No. 1.

Wijaya, R.S., Wiyatiningsih, S., Harijani, W.S., Santoso, W. 2019. Strategi Pengembangan Kelembagaan Koperasi Pertanian Jeruk Pamelo Di Desa Tambakmas, Kecamatan Sukomoro, Kabupaten Magetan. Berkala Ilmiah Agribisnis Agridevina. Vol. 8 No.2




DOI: https://doi.org/10.30596/jasc.v7i1.14464

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



JASc (Journal of Agribusiness Sciences)

Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jasc@umsu.ac.id

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats