SOCIAL CAMPAIGN MCR PKBI JAWA BARAT, SEBAGAI WUJUD KEPEDULIAN GENERASI MILENIAL TERHADAP PANDEMI COVID-19

Romayana Sari Lumbantoruan, Rudi Saprudin Darwis

Abstract


Penelitian ini berkaitan dengan social campaign yang dilakukan MCR PKBI Jawa Barat sebagai wujud kepedulian generasi milenial terhadapa dampak yang di timbulkan pandemi Covid-19. Dalam penelitian ini di temukan bahwa generasimilenial sebagai generasi yang bergantung dengan media sosial dan teknologi tentu tidak melewatkan kesempatan untuk mengikuti berbagai aksi sosial di tengah pandemi Covid-19 ini, salah satunya adalah melakukan aksis sosial dengan melakukan social campaign untuk penggalangan dana bagi yang terkena dampak akibat pandemi Covid-19. Melalui social campaign yang dilakukan, memberikan gambaran bahwa generasi milenial memiliki kepedulian terhadap lingkungan sekitarnya, dibuktikan dengan mengikuti social campaign yang diselenggarakan oleh MCR PKBI Jawa Barat dengan melakukan penggalangan dana untuk ABH (Anak Berhadapan Hukum) LPKA Bandung, dan remaja-remaja marjinal yang tidak dapat memenuhi kebutuhan dan tidak dapat mengakses sistem sumber selama pandemi.


Kata Kunci: Social Campaign, Generasi Milenial, Pandemi Covid-19.


References


Andert, D. (2011). Kepemimpinan yang berganti sebagai intervensi organisasi yang proaktif: menangani kebutuhan baby boomer, generasi xers, dan generasi milenial. Jurnal Kepemimpinan , Akuntabilitas & Etika, 8 (4), 67-83.

Damiarti, A. A., Damayanti, T., Nugrahai, R., Program, ), & Masyarakat, S. H. (2019). Arini Aprillia Damiarti, Trie Damayanti, dan Aat Ruchiat Nugraha MetaCommunication; Journal Of Communication Studies KAMPANYE #THINKBEFOREYOUSHARE OLEH ORGANISASI DO SOMETHING INDONESIA UNTUK MENGUBAH PERILAKU GENERASI MILENIAL. 4(1).

Deal, J., Altman, D., & Rogelberg, S. (2010). Milenial di tempat kerja: apa yang kita ketahui dan apa yang perlu kita lakukan (jika ada). Jurnal Bisnis & Psikologi , 25 (2), 191-199.

Hanoatubun, S. (2020). Dampak Covid 19 Terhadap Perekonomian Indonesia. Perekonomian Indonesia, 2(2), 146153. https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/423/240

Hauw, S., & Vos, A. (2010). Perspektif karier Millenial dan harapan kontrak psikologis: apakah resesi mengarah pada harapan yang lebih rendah? Jurnal Bisnis & Psikologi , 25 (2), 293-302.

Kaifi, BA, Nafei, WA, Khanfar, NM, & Kaifi, MM (2012). Tenaga kerja multi-generasi: mengelola dan memahami milenium. Jurnal Internasional Bisnis & Manajemen , 7 (24), 88-93.

Komariah, K., & Kartini, D. S. (2019). Media Sosial dan Budaya Politik Generasi Milineal dalam Pemilu. Aristo, 7(2), 228. https://doi.org/10.24269/ars.v7i2.1608

Naldo; Widi Satria, H. (2018). Studi Observasi terhadap Penggunaan Aplikasi LINE oleh Generasi Millenial. Jurnal Sosial Humaniora Terapan, 1(1), juli-desember.

Pakpahan, A. K. (2020). Covid-19 Dan Implikasi Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah. JIHI: Jurnal Ilmu Hubungan Internasional, 20(April), 26. https://doi.org/https://doi.org/10.26593/jihi.v0i0.3870.59-64

Saverina, T., H, D. D., Sylvia, M., Studi, P., Komunikasi, D., Seni, F., Petra, U. K., & No, J. S. (2018). Perancangan Kampanye Sosial Peduli Korban Kecelakaan di Jalan. Jurnal DKV Adiwarna, 1(121), 111. http://publication.petra.ac.id/index.php/dkv/article/view/8595/7764

Sharon, Al. (2015). Understanding the Millennial Generation. Journal of Financial Service Professionals, 69(6), 1114. http://eds.a.ebscohost.com.laureatech.idm.oclc.org/eds/pdfviewer/pdfviewer?sid=0a0336d0-b8da-410d-a5b3-7e42fa4cbe86@sessionmgr4004&vid=1&hid=4210

Susilo, A., Rumende, C. M., Pitoyo, C. W., Santoso, W. D., Yulianti, M., Herikurniawan, H., Sinto, R., Singh, G., Nainggolan, L., Nelwan, E. J., Chen, L. K., Widhani, A., Wijaya, E., Wicaksana, B., Maksum, M., Annisa, F., Jasirwan, C. O. M., & Yunihastuti, E. (2020). Coronavirus Disease 2019: Tinjauan Literatur Terkini. Jurnal Penyakit Dalam Indonesia, 7(1), 45. https://doi.org/10.7454/jpdi.v7i1.415

Utomo, W. P. (2019). Indonesia Millennial Report 2019. IDN Research Institute, 01, 61. https://www.idntimes.com/indonesiamillennialreport2019

Wiridjati, W., & Roesman, R. R. (2018). Fenomena Penggunaan Media Sosial Dan Pengaruh Teman Sebaya Pada Generasi Milenial Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen Dan Pemasaran Jasa, 11(2), 275. https://doi.org/10.25105/jmpj.v11i2.2950

Yuliana. (2020). Corona virus diseases (Covid -19); Sebuah tinjauan literatur. Wellness and Healthy Magazine, 2(1), 187192. https://wellness.journalpress.id/wellness/article/view/v1i218wh

Yusuf Imam Santoso, diakses 21 April 2020, https://nasional.kontan.co.id/news/menghitungdampak-covid-19-terhadap-dunia-usaha-hinggaumkm?page=all




DOI: https://doi.org/10.30596/jisp.v2i1.4857

Refbacks

  • There are currently no refbacks.