Tipe Kepribadian Berhubungan Dengan Pendekatan Belajar Pada Mahasiswa/I Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Tahap Akademik
Abstract
Abstrak : Kepribadian manusia dapat dibedakan menjadi dua, yaitu kepribadian ekstrover dan kepribadian introver. Mahasiswa dengan tipe kepribadian ekstrover pada umumnya dapat belajar dengan temannya untuk memahami materi sementara tipe kepribadian introver pada pembelajaran PBL lebih pasif untuk mengembangkan dan memecahkan materi pembelajaran yang dilakukan saat belajar mandiri. Pendekatan belajar ini berhubungan positif dengan kualitas belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara tipe kepribadian dengan pendekatan belajar pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (FK UMSU). Penelitian ini berjenis deskriptif analitik korelatif dengan metode potong lintang (cross sectional). Subjek penelitian berjumlah 92 orang yang diambil dengan metode proposionate stratified random sampling. Data analisis menggunakan uji korelasi gamma atau somers. Uji Korelasi Gamma menunjukkan p=0,001 (P<0,05) yang berarti terdapat hubungan tipe kepribadian dengan pendekatan belajar mahasiswa berdasarkan tahap akademik di FK UMSU. Dari studi ini dapat disimpulkan bahwa Ada hubungan antara tipe kepribadian dengan pendekatan belajar mahasiswa/i berdasarkan tahap akademik di FK UMSU.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aziz A. Pengaruh Metode Pembelajaran Dan Tipe Kepribadian Pada Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Fiqih (Penelitian Eksperimen Faktorial di MTs Matholi’ul Huda Gebog Kudus). Sinopsis Tesis. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Walisongo. 2017;1(4);112-119.
Jung CS. dan Lindzey G. Teori-Teori Holistik (Organismik- Fenomenologis).Penerjemah:Yustinus. Judul Asli Theories of Personality. Yogyakarta: Kanisius. 2013:4(1);10-25.
Putra IG. Luh N. Hubungan Antara Tipe Kepribadian Introvert dan Ekstrovert Dengan Tingkat Pembelajaran Pada Koasisten Angkatan Tahun 2011 Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. E- journal medika udayana. 2017;3(1)1-17.
Dasari B. Hongkong student approaches to learning: cross-cultural comnparison. US- China Education Review 2018: 6(12);46-58.
Gadelrab HS. Factorial structure and predictive validity of approaches and study skill inventory for students (ASSIST) in Egypt: A confirmatory factor analysis approach. Electronic Journal of Research in Educational Physcology 2017; 9(25):1197-1218.
Hans J., Lietz L. The impact of values and learning approaches on student achievement: gender and academic discipline influences. Issues in Educational Research 2018; 21(2):210-231.
Cahyani M., Heni. Pendekatan Pembelajaran, Tipe Kepribadian Dan Hasil Belajar pada Fakultas ekonomi di universitas Andalas Padang. 2017:3(4);110-120.
Eysenck H. Dimensions of Personality. Transaction Publising. 2005:3(2);110-115.
Lisiswanti R. Saputra O. Hubungan Pendekatan Belajar Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. Jurnal Kedokteran dan Kesehatan.2017: 2(1);79- 84.
Ginsburg H.P. Piaget’s theory of Intelektual Development. New Jersey: Prentice.Psychotherapy books. 2018:7(4);100-107.
Prihanti, GS. Hubungan Antara Keprbadian Dengan Gaya Belajar FK UMM. Jurnal Ilmu Kesehatan dan Kedokteran Keluarga. 2019:1(3);74-83.
Surtabarata. Psikologi Kepribadian.Alwisol. Jakarta 2015.
Paver L. dan Gammie M. Constructed Gender, Approach to Learning and Academic Performance. ‖ Accounting Education: an International Journal. 2018:14(4): 427-444.
Redza, Z, E, M, Ismail, S, Suhaimi M. "Do approaches to learning affect academic performance?" Journal Research Approaches. 2016:5(1);28-43.
Tait, H, Entwistle, N dan McCune, V. Approaches and studies skills inventory for students. Edinburg: Centre for research on learning and instruction. Journal of University Teaching & Learning Practice. 2015:2(5);100-125.
Prihanti, GS. Hubungan Antara Keprbadian Dengan Gaya Belajar FK UMM. Jurnal Ilmu Kesehatan dan Kedokteran Keluarga. 2019:1(3);74-83.
DOI: https://doi.org/10.30596/jph.v6i1.21389
DOI (PDF): https://doi.org/10.30596/jph.v6i1.21389.g12603
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Alamat Pengelola: Gedung Kampus 1 Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) Lantai II, Laboratorium Farmakologi dan Terapi Fakultas Kedokteran UMSU Jalan Gedung Arca No. 53 Medan Sumatera Utara Indonesia, Kode Pos 20217.
Kontak (WA): 0812-6208-2844
E-mail: jurnalpanduhusada@umsu.ac.id