Studi Analisis Permasalahan Pembelajaran Biologi Di Sekolah Urban
Abstract
Pendidikan dalam pelaksanaannya masih terdapat permasalahan-permasalahan yang dapat menghambat suatu proses pembelajaran sehingga tujuan dari pembelajaran pun tidak tercapai. Oleh sebab itu, diperlukan suatu tindakan guna mengantisipasi dan memberi solusi mengenai permasalahan-permasalahan tersebut. Tujuan penelitian ini yaitu guna mencari tahu apa yang menjadi masalah dalam pembelajaran biologi urban serta solusi untuk menangani permasalahan tersebut. Metode penelitian yang digunakan merupakan metode deskriptif dengan metode kualitatif. Data-data di dalam penelitian dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi serta wawancara. Selanjutnya data-data hasil yang diperoleh lalu dianalisis menggunakan analisis deskriptif berbentuk deskripsi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan didapatkan tiga permasalahan dalam pembelajaran biologi urban di SMA Negeri 44 Jakarta diantaranya yaitu, kecenderungan siswa yang malas dalam belajar materi biologi, kejujuran siswa yang menurun akibat pembelajaran daring, serta keaktifan siswa dalam pembelajaran biologi di dalam kelas menurun. Berdasarkan hasil yang didapat disimpulkan bahwa pembelajaran biologi urban masih banyak memiliki permasalahan yang harus diselesaikan guna meningkatkan kualitas belajar siswa agar tujuan pembelajaran dapat tercapai.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andiwatir, A., & Khakim, A. (2019). Analisis Perilaku Menyontek dan Rancangan Perubahannya pada Siswa SMP. Intuisi: Jurnal Psikologi Ilmiah, 11(2), 88-97.
Ariesca, Y., Dewi, N. K., & Setiawan, H. (2021). Analisis Kesulitan Guru Pada Pembelajaran Berbasis Online di Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Maluk Kabupaten Sumbawa Barat. Progres Pendidikan, 2(1), 2025.
Dimyati, & Mudjiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Herdani, T. P., Sartono, M., & Evriyani, D. (2015). Pengembangan Permainan Monopoli Termodifikasi Sebagai Media Pembelajaran pada Materi Sistem Hormon (Penelitian dan Pengembangan di SMAN 1 Jakarta). Biosfer, 8(1), 20-28.
Nurkholis.(2013). Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi. Jurnal Kependidikan, 1(1), 24 - 44.
Nurul, A., & Heffi, A. (2021). Seperti Apa Permasalahan Pembelajaran Biologi pada Siswa SMA?. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(3), 388395.
Massie, A. Y., & Nababan, K. R. (2021). Dampak Pembelajaran Daring Terhadap Pendidikan Karakter Siswa. Satya Widya, 37(1), 54-61.
Ramdhayani, E., Noviati, W., Syafruddin, Deniati, L., & Kurniati, E. (2020). Analisis Penilaian Sikap Siswa Biologi Selama Pembelajaran Daring Pada Era Tatanan Baru. Jurnal Pendidikan MIPA, 10(2), 107-110.
Sabiqul, M. (2021). Permasalahan Sekolah di Perkotaan. Jurnal Kajian Perbatasan Antarnegara, Diplomasi dan Hubungan Internasional, Vol. 4, No. 1, Hlm. 30-36.
Suryanti, E., Fitriani, A., Redjeki, S., & Riandi, R. (2019). Identifikasi Kesulitan Mahasiswa Dalam Pembelajaran Biologi Molekuler Berstrategi Modified Free Inquiry. Perspektif Pendidikan Dan Keguruan, 10(2), 3747.
Zikra. (2016). Analisis Faktor - Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Biologi Siswa Kelas VII MTsS PGAI Padang. BioCONCETTA, 2(2), 93102.
Ziliwu, D. (2019). Pembelajaran Biologi dengan Metode Flip Chart. Jurnal Warta, 59, 18297463.
DOI: https://doi.org/10.30596/jppp.v3i2.10358
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran [JPPP]
Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jppp@umsu.ac.id
Creation is distributed under theĀ Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License