Implementasi Metode Outdoor Learning dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Agama Islam di MAN 1 Medan

Rony Zulfirman

Abstract


Proses pengajaran disekolah formal, tengah mengalami kejenuhan. Rutinitas proses belajar yang cenderung kaku dan baku tidak lagi mengutamakan ide kreatifitas setiap peserta didik karena semuanya harus berpola linier di dalam kelas (pedagogy indoor learning). Adapun penelitian ini untuk memecahkan permasalahan yang terjadi di lokasi penelitian penggunaan metode outdoor learning menjadi acuan dalam peningkatan hasil belajar siswa. Dengan implementasi metode outdoor learning bertujuan untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, pengawasan serta evaluasi metode outdoor learning dalam peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam di MAN 1 Medan.

Keywords


Implementasi; metode; outdoor learning

Full Text:

PDF

References


Ramayulis, Metodologi Pendidikan Agama Islam (Jakarta: Kalam Mulia, 2005)

Husamah, Pembelajaran Luar Kelas Outdoor Learning (Jakarta: Prestasi Pustakarya, 2013).

Hasan, M. Iqbal, Metodologi Penelitian dan Aplikasinya (Bogor: Ghalia Indonesia, 2002).

Sianturi, Rebecca Anrini "Penerapan Metode, Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya", Volume 27, 2019, didapat dari https://journal.uny.ac.id/ index.php/diksi/article/view/23098

Moleong, Lexy. J. Metode Penelitian Kualitatif Edisi Revisi, cet. 26 (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2009).




DOI: https://doi.org/10.30596/jppp.v3i2.11758

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran [JPPP]

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jppp@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creation is distributed under theĀ Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License