Relevansi Konsep Pendidikan Agama Islam Al-Ghazali terhadap Pendidikan Islam Kontemporer

MelliFera Lubis, Hemawati H, Rahmi Utami

Abstract


Tujuan pendidikan Nasional mengarah pada pembentukan empat aspek yaitu, aspek religius, aspek moral, aspek intelektual, dan aspek kebangsaan. Semua aspek itu diwujudkan dalam rangka membentuk manusia yang utuh dan paripurna. Dalam tataran lapangan, aspek religius dan aspek moralitas salah satunya ditangkap oleh pendidikan agama.

Peranan pendidikan agama Islam dalam mencapai tujuan pendidikan Nasional sangat strategis, karena tujuan pendidikan agama Islam merupakan bagian integral dari tujuan pendidikan Nasional. Konsekuensi logisnya, bahwa tujuan pendidikan Nasional akan tercapai apabila tujuan pendidikan Islam telah dicapai terlebih dahulu. Visi pendidikan agama Islam merupakan sumber nilai dan pedoman dalam pengembangan dan penyelenggaraan program pendidikan guna mengantarkan peserta didik menjadi SDM yang berkualitas, berkepribadian, beriman, dan bertakwa.

Keywords


Konsep pendidikan Al-Ghazali; Pendidikan kontemporer menurut Al-Ghazali; Relevansi konsep pendidikan kontemporer menurut Al-Ghazali

Full Text:

PDF

References


Syahidin, 2021, Pendidikan Agama Islam Kontemporer, Cahaya Insan Mandiri Publisher.

Al-Bukhari, Abu Abdillah, Muhammad Ibn Ismail, 1992, Sahih Bukhari, Dar Sahnun.

Hemawati, 2022, Pendidikan Anak Usia Dini dalam Hadis Riwayat Bukhari (Setiap Anak Dilahirkan dalam Keadaan Fitrah), Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 1.

Yusuf Munir, 2018, Pengantar Ilmu Pendidikan.

Kementrian Agama, 2012, Al-Quran dan Terjemah, Syamil.

Hasbiyallah, & Moh. Sulaiman, 2018, Hadist Tarbawi, PT. Remaja Rosdakarya.

Madjid Nurcholis, 1994, Khazanah Intelektual Islam, Bulan Bintang.

Muhammad Abdul. Iqbal, 2013, Konsep Pemikiran Al-Ghazali Tentang Pendidikan, Jaya Star Nine.

Saepuddin, 2009, Konsep Pendidikan Karakter dan Urgensinya dalam Pembentukan Pribadi Muslim Menurut Imam Al-Ghazali, STAIN SAR.

Qardhawi Yusuf, 1999, Syekh Muhammad Al-Ghazali Yang Saya Kenal, Robbani Press.

Nizar Samsul, 2002, Filsafat Pendidikan Islam Pendekatan Historis, Teoritis, dan Praktis, Ciputat Pers.

Nata Abuddin, 2003, Pemikiran Para Tokoh Pendidikan Islam Kajian Filsafat Pendidikan Islam, Raja Grafindo Persada.

Akhyan Thamil. Dasoeki, 1993 Sebuah Komplikasi Filsafat Islam, Toha Putra.

Niam Asrorun. Sholeh, 2004, Reorientasi Pendidikan IslamMengurai Relevansi Konsep Al-Ghazali dalam Konteks Kekinian, El SAS.

Al-Ghazali, Ihya Ulumuddin, Dar al-Kitab al-Islam.

Al-Ghazali, 1994, Ihya Al-Ghazali, terjemahan. Yakub, CV. Faizan.

Barizi Ahmad, 2010, Menjadi Guru Unggul, Ar-Ruzz Media.

Audah, 2007, Keajaiban Ikhlas, terjemahan Abu Barzani, Maktabah Al-Hanif.

Ismail Ilyas, 2009, Pilar-Pilar Takwa, PT. Raja Grafindo Persada.

Ramayulis, 2015, Filsafat Pendidikan Islam, Kalam Mulia.

Republik Indonesia, Undang-undang RI Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Ramayulis, 2015, Dasar-dasar Kependidikan, Suatu Pengantar Ilmu Pendidikan, Kalam Mulia, 2015.

Umar Tirtarahardja & La Sulo, 2012, Pengantar Pendidikan, Rineka Cipta.

Syah Muhibbin, 2004, Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, Remaja Rosdakarya.

Umar Bukhari, 2010, Ilmu Pendidikan Islam, Amzah.

Uhbiyati Nur, 2013, Dasar-dasar Ilmu Pendidikan Islam, Pustaka Rezki Putra.

Hanafi Halid, 2018, Ilmu Pendidikan Islam, Deepublish.

Nizar Samsul, 2001, Pengantar Dasar-dasar Pemikiran Pendidikan Islam, Gaya Media Pratama.

Nizar Samsul, 2002, Filsafat Pendidikan Islam, Pendekatan Historis, Teoritis, dan Praktis, Ciputat Pers.

Tafsir Ahmad, 2004, Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam, Remaja Rosdakarya.

Hermansyawarsito, 1992, Pengantar Metodologi Penelitian, Gramedia.

Hamid Abdul. Hakim, Mabadi Awaliyah, Saadiyah Putra.

Al-Zabidi, 2002, Saadatu Al-Muttaqin, Dar Al-Kitab Al-Ilmiah.

Ulwan Abdullah, 1996, Tarbiyah Al-Auladi fi Al-Islam, Remaja Rosdakarya.

Zainuddin, 1991, Seluk Beluk Pendidikan dari Al-Ghazali, Bumi Aksara.

Jamil Ulwan, 2005 Pendulum, Suara Merdeka.

M. Abid Al-Jabiri, 2003, Pemikiran Islam Kontemporer,Jendela.




DOI: https://doi.org/10.30596/jppp.v3i2.11920

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran [JPPP]

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jppp@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creation is distributed under theĀ Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License