Efektivitas Lembar Kegiatan Peserta Didik berbasis Strategi ISFBL untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa

Heni Hananda Setiawati, Yuni Gayatri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) berbasis Strategi Integrating Scaffolding Form In Biology Learning (ISFBL) pada materi sistem ekskresi manusia terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Metode penelitian ini menggunakan quasi experimental, dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group design. Sasaran penelitian adalah siswa kelas XI MIPA 2 dan XI MIPA 3 SMAN 1 Kendal Kabupaten Ngawi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan teknik tes bentuk uraian. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar tes menggunakan indikator berpikir kritis Ennis (2011). Data dianalisis menggunakan uji mann whitney dan uji N-Gain. Hasil analisis diketahui ada perbedaan yang signifikan antara keterampilan berpikir kritis siswa yang menggunakan LKPD berbasis ISFBL dengan kelas kontrol. Hasil uji N-Gain berpikir kritis menunjukkan nilai 64,9% pada kategori cukup efektif. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis ISFBL pada materi sistem eksresi manusia dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis .


Keywords


LKPD; ISFBL ;Berpikir Kritis

Full Text:

PDF

References


Affandy, H., Aminah, N. S., & Supriyanto, S. (2019). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Fluida Dinamis Di Sma Batik 2 Surakarta. Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika (Jmpf), 9(1), 2533. https://jurnal.uns.ac.id/jmpf/article/view/31608

Alber, Rebecca.(2014). 6 Scaffolding Startegies To Use With Your Students. Edutopia.

Auliya, A. I. H. N., Putro, S. C., & Putranto, H. (2022). Hubungan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Pengalaman Bermakna Saat Prakerin Dengan Persepsi Karier Di Bidang Teknologi Listrik Pada Siswa Smk Kota Malang. Pembelajar: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, Dan Pembelajaran, 6(1), 3443.https://ojs.unm.ac.id/pembelajar/article/viewFile/24944/pdf

Budiati, A. (2021). Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Ipa Siswa Mtsn 1 Bantul. Secondary: Jurnal Inovasi Pendidikan Menengah, 1(1), 5771. https://www.jurnalp4i.com/index.php/secondary/article/view/11

Ennis, R. H. (2011). The Nature Of Critical Thinking: An Outline Of Critical Thinking Dispositions And Abilities. University Of Illinois, 2(4), 18. https://www.pdcnet.org/inquiryct/content/inquiryct_2011_0026_0002_0005_0019

Fatmawati, I., Darmono, P. B., & Purwoko, R. Y. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Pemecahan Masalah Matematika. Eksakta: Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Mipa, 5(2), 196201. https://core.ac.uk/download/pdf/327184914.pdf

Gayari, Y., Surabaya, U. M., Ibrahim, M., Surabaya, U. N., Kirana, T., & Surabaya, U. N. (2019). Validity Of Learning Devices Results Of Integrating Scaffolding Forms In Biological Learning Using Learning Cycles 5e In Students That Are Different Learning Styles To Complete Process Skills , Thinking Skills And Cognitive Learning Outcomes. 4(9). https://www.ijisrt.com/assets/upload/files/IJISRT19SEP1091.pdf

Harapan, E., Ahmad, S., & Mm, D. (2022). Komunikasi Antarpribadi: Perilaku Insani Dalam Organisasi Pendidikan. Pt. Rajagrafindo Persada-Rajawali Pers. https://books.google.com/books?hl=id&lr=&id=0955EAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=Harapan,+E.,+Ahmad,+S.,+%26+Mm,+D.+(2022).+Komunikasi+Antarpribadi:+Perilaku+Insani+Dalam+Organisasi+Pendidikan.+Pt.+Rajagrafindo+Persada-Rajawali+Pers&ots=22P644zGs_&sig=8un3rOXZEnkcqrqb19dQDvuuXc4

Oecd. (2019). Programme For International Student Assesment. https://eric.ed.gov/?id=ED601150

Qonita, D. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Strategi Pengintegrasian Bentuk-Bentuk Scaffolding Pada Materi Sistem Ekskresi Manusia Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis.

Utami, P., Supeno, S., & Bektiarso, S. (2019). Lembar Kerja Siswa (Lks) Berbasis Inkuiri Dengan Bantuan Scaffolding Konseptual Untuk Meningkatkan Keterampilan Penalaran Ilmiah Fisika Siswa Sma. Fkip E-Proceeding, 4(1), 134140. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/15153




DOI: https://doi.org/10.30596/jppp.v3i2.11982

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran [JPPP]

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jppp@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creation is distributed under theĀ Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License