Peran Pengawas Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan

Suhardi Aceh, Hajani H, Sabar Padang, Yuniar Y

Abstract


Pengawas sekolah termasuk jabatan profesional. Jabatan tersebut diperoleh melalui program pendidikan profesi pengawas sekolah. Pendidikan profesi tersebut didapatkan melalui tahapan khusus yang nantinya dipersiapkan menjadi pengawas satuan pendidikan/sekolah. Keberadaan pengawas Sekolah menjadi sangat penting dalam melihat keberhasilan yang telah dicapai oleh lembaga pendidikan saat ini. Dalam sistem kerjanya, pengawas sekolah harus melakukan observasi/mengamati dan melihat secara langsung kinerja pendidik di dalam kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran pengawas sekolah dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan penelitian deskriptif. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa pengawas di sekolah sangat diperlukan dalam rangka pelaksanaan pengajaran di sekolah oleh guru-guru. Pengawas melakukan pembinaan kepada kepala sekolah dan guru-guru agar lebih mampu dalam meningkatkan kualitas pendidikan, pemberian pembinaan dan pelatihan melalui supervisi akademik dan manajerial. Sekolah yang terus meningkatkan kualitasnya, dibalik sekolah yang bermutu dan berbudaya pasti ada seorang pemimpin yang terbuka pikirannya untuk menerima segala kritikan dan masukan demi memajukan sekolahnya, tidak lupa peran pengawas ada dibalik kesuksesan seorang kepala sekolah.

Keywords


sekolah; pengawas; kualitas; pendidikan

Full Text:

PDF

References


Aqib, Zainal. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: CV. Yrama Widya.

Broke and Stone.(1995). Competency based education andttraining. London, Newyork,Philadelphia: TheFalmer Press.

Dedi Iskandar dan Udik Budi Wibowo. Peran Pengawas Pendidikan Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan SMP Di Kabupaten Bima Provinsi Nusa Tenggara Barat. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, Volume 9, Nomor 2, September 2016. https://media.neliti.com/media/publications/122656-ID-peran-pengawas-pendidikan-dalam-peningka.pdf

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hari, Sudrajat. (2005) Manajemen Peningkatan mutu berbasis sekolah; Peningkatan mutu Pendidikan melalui Implementasi KBK. Bandung: Cipta Lekas Grafika

Koontz, Harold Cyril O’Donnel. (2014). Management, Edition VII. Tokyo: Mc Graw-Hill Kogakusha, Ltd

Levinson, Stephen C.Levinson. (2009). Pragmatics. London: Cambridge University Press.

Makawimbang, Jerry H. (2011). Supervisi dan Peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Miles,M.B, Huberman,A.M, dan Saldana,J. (2014). Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications. Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi : UI-Press.

Mulyasa. (2008). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

Nazaruddin. (2021). Peran Pengawas Sekolah Menerapkan Penjaminan Mutu Dalam Pembelajaran Abad 21. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNIMED. ISBN : 978-623-92913-0-3

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 28 Tahun 2016

Permendiknas No 13 tahun 2007 tentang Kompetensi Kepala Sekolah

Permendiknas No 16 tahun 2007 tentang Kompetensi Guru

Rifai, M. (2005). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Jemmars

Rusiana. (2019). Peranan Pengawas Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Pada Sekolah Dasar Negeri Di Kecamatan Bataguh Kabupaten Kapuas. Administraus - Jurnal Ilmu Administrasi dan Manajemen Vol 3 No. 3 – September 2019 https://ejournal.stiabinabanuabjm.ac.id/index.php/administraus/article/view

Salim, Sofian. (2006). Tugas Pokok dan Fungsi Pengawas. Jakarta: Diknas

Soenarya, Endang. 2000. Teori Perencanaan Pendidikan Berdasarkan Pendekatan Sistem. Yogyakarta : Adicita Karya Nusa.

Wiles, J., & Bondi. J. (1986). Supervision a Guide to Practice (2nd ed). London: A Bell&Howell Company.

Yahya Anuli. (2019). Hubungan Intensitas Supervisi Akademik Pengawas terhadap Kinerja Guru PAI SD. Al-Minhaj: Jurnal Pendidikan Islam Vol.2, No.1, Juni 2019, 160-173. https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/download/1098/829

M. Yasin dan Tirajabi’ah Nasution. (2021). Peranan Pengawas Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di SMK Tritech Informatika Medan. Journal Ability: Journal of Education and Social Analysis. Volume 2, Issue 1, Januari 2021. https://pusdikra-publishing.com/index.php/jesa/article/download/119/110

Pasaribu, M., & Harfiani, R. (2021). Vocational Education At Special School In North Sumatra. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 13(2), 1335-1347.

Akrim, A. (2021). An Investigation Of Islamic Students' Learning Habits. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 13(3), 2301-2308.




DOI: https://doi.org/10.30596/jppp.v3i3.12660

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran [JPPP]

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jppp@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creation is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License