Peran Guru dalam Penggunaan Media Pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)

Prita Indrawati, Kiftian Hady Prasetya, Irma Ristivani, Nur Maulida Restiawanawati

Abstract


Dalam pembelajaran tugas guru adalah mendidik, mengajar, memimpin dan mengevaluasi siswa. Pembelajaran bisa dilakukan dengan media pembelajaran yang lebih inovatif dan produktif dalam menyajikan materi yang disampaikan kepada siswa di kelas. Pemanfaatan TIK dalam media pembelajaran diharapkan memiliki kontribusi dan inovasi yang besar pada dunia pendidikan. Adanya TIK diharapkan dapat memberikan kemudahan bagi guru dalam meningkatkan kemampuan mengajarnya didalam kelas. Metodologi penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini dilakukan wawancara (observasi). Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan langkah-langkah reduksi data, pendahuluan, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah Sekolah SMAN 2 memiliki akses jaringan yang sangat lancar, apalagi bapak ibu guru yang berada disana sudah bisa mengakses internet sendiri meskipun dari rumah dan sudah berlangganan provider sendiri. Hasil..yang telah dilaksanakan kemampuan teknologi guru-guru SMAN2 balikpapan juga menggunakan aplikasi e-learning seperti, google classroom, miscrosoft teams, schoarbees, Edmodo.


Keywords


Guru; TIK; Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Buchari, A., Pada, G., Aliyah, M., & Manado, N. M. (2018). PERAN GURU DALAM PENGELOLAAN PEMBELAJARAN. In Jurnal Ilmiah Iqra (Vol. 12).

BukuDigital-PendidikanProfesiKeguruandanTeknologiPendidikan. (n.d.).

Harliawan, H., Ekonomi, J. P., Ekonomi, F., & Bisnis, &. (2015). Ekuitas-Jurnal Pendidikan Ekonomi PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS KELAS VIII J SMP NEGERI 5 SINGARAJA (Vol. 3, Issue 1).

Kiki Yestiani, D., & Zahwa, N. (2020). PERAN GURU DALAM PEMBELAJARAN PADA SISWA SEKOLAH DASAR. In Jurnal Pendidikan Dasar (Vol. 4, Issue 1). https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/fondatia

Rochmawati, N. (n.d.). PERAN GURU DAN ORANG TUM MEMBENTUK KARAKTER JUJUR PADA ANAK.

Rohman, M. G., & Susilo, P. H. (2019). PERAN GURU DALAM PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) STUDI KASUS DI TK MUSLIMAT NU MASLAKUL HUDA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(1).

Sebagai Persyaratan Untuk Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan Komputer, D. (n.d.). PERAN GURU TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 MENURUT Permendikbud Nomor 68 Tahun 2014 DI SMP NEGERI 6 SALATIGA Artikel Ilmiah.

Shabir, M., Fakultas Tarbiyah, U., Uin, K., Makassar, A., Sultan, J., 36, A. N., & Gowa, S. (n.d.). KEDUDUKAN GURU SEBAGAI PENDIDIK: (Tugas dan Tanggung Jawab, Hak dan Kewajiban, dan Kompetensi Guru).

Suwardi, I., & Farnisa, R. (2018). Hubungan Peran Guru Dalam Proses Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(2), 181202. https://doi.org/10.22437/gentala.v3i2.6758

Tari, E., Hasiholan Hutapea, R., Tinggi, S., Kristen, A., & Kupang, N. (2020). KHARISMA: JURNAL ILMIAH TEOLOGI Peran Guru Dalam Pengembangan Peserta Didik Di Era Digital (Vol. 1, Issue 1). http://jurnalsttkharisma.ac.id/index.php/Kharis/

Widianto, E., Anisnail Husna, A., Sasami, A. N., Rizkia, E. F., Dewi, F. K., Aura, S., & Cahyani, I. (n.d.). PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI. Journal of Education and Teaching. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/JETE

Zein, M. (n.d.). PERAN GURU DALAM PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN.




DOI: https://doi.org/10.30596/jppp.v3i3.12978

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran [JPPP]

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jppp@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creation is distributed under theĀ Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License