Pengembangan Modul Mata Kuliah Profesi Kependidikan berbasis Case Study

Mashud Syahroni, Fifit Firmadani

Abstract


Mata kuliah profesi kependidikan punya peran penting dalam mengembangkan kompetensi profesional mahasiswa calon guru. Pengembangan bahan ajar diperlukan agar mahasiswa mempunyai panduan dalam mempelajari materi profesi kependidikan. Pengembangan perlu dikombinasikan dengan metode pembelajaran berbasis kasus yang mengembangkan kemampuan berfikir. Tujuannya untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap profesi guru. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan mengadaptasi model pengembangan 4D (define, design, develop, and disseminate) oleh Thiagarajan,dkk. Tahap pertama dilakukan pada tahap define yang meliputi analisis kebutuhan dan telaah silabus. Teknik pengumpulan data dengan angket dan wawancara. Subyek penelitian mahasiswa prodi pendidikan bahasa dan satra indonesia yang menempuh mata kuliah profesei kependidikan dan dosen kelompok bidang keahlian. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan modul profesi kependidikan berbasis pembelajaran kasus layak untuk dikembangkan karena dapat menyelesaikan masalah mahasiswa dalam belajar yaitu tidak adanya bahan ajar yang memuat contoh kasus dan latihan soal.

Keywords


Modul; Case Study; Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Akbar, M. A., & Jatmika, O. B. (2020). Mengukur Perubahan Hasil Belajar Mahasiswa Melalui Penggunaan Modul Teori Musik. Resital: Jurnal Seni Pertunjukan, 21(1), 41–51. https://doi.org/https://doi.org/10.24821/resital.v21i1.3362

Andayani, E., Mustikowati, R. I., Setiyowati, S. W., & Firdaus, R. M. (2022). Case method: Mengoptimalkan Critical Thinking, Creativity Communication Skills dan Collaboratively Mahasiswa Sesuai MBKM di Era Abad 21. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS (JPPI), 16(1), 52–60. https://doi.org/https://doi.org/10.21067/jppi.v16i1.6973

Apsari, R. A., Sariyasa, Prayitno, S., Nourma Pramestie Wulandari, & Triutami, T. W. (2020). ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN BUKU AJAR ENGLISH FOR MATHEMATICS. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 12(2), 80–86. https://doi.org/10.36928/jpkm.v12i2.384

Arpizal, Refnida, & Sari, N. (2021). Penerapan Pembelajaran Berbasis Pemecahan Kasus (Case Method) untuk Menumbuhkan Generasi Sadar Pajak pada Mata Kuliah Perpajakan Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Jambi. Prosiding Seminar Nasional UNIMUS, 4, 665–673. Retrieved from https://prosiding.unimus.ac.id/index.php/semnas/article/view/837

Delianti, V. I., Hendriyani, Y., & Marta, R. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Pemrograman Visual Dengan Menggunakan Project Based Learning. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 11(2), 49. https://doi.org/dx.doi.org/10.24036/tip.v11i2.141

Ekawatiningsih, P. (2016). Pembelajaran Kontekstual pada Mata Kuliah Restoran untuk Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa Pendidikan Teknik Boga. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 23(1), 67. https://doi.org/10.21831/jptk.v23i1.9356

Fitri, Y., & Patriana, E. (2022). Penerapan Learning by the Case Method terhadap Efektivitas Pembelajaran Mahasiswa Akuntansi UIN Jakarta. Akuntabilitas, 15(1), 1–18. https://doi.org/10.15408/akt.v15i1.24818

Imansari, N., & Sunaryantiningsih, I. (2017). Pengaruh Penggunaan E-Modul Interaktif Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada Materi Kesehatan dan Keselamatan Kerja. VOLT : Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 2(1), 11. https://doi.org/10.30870/volt.v2i1.1478

Jamaludin, J., & Alanur, S. N. (2021). Pengembangan Civic Knowledge Dan Literasi Informasi Di Masa Pandemi Covid-19 Melalui Case Method Pada Mahasiswa Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 11(01), 28. https://doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v11i01.10083

Nurhayati, N., Saputri, D. F., & Sari, I. N. (2016). Efektivitas Penggunaan Modul Fisika Berbasis Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Dan Kemandirian Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 4(2), 247–258. https://doi.org/https://doi.org/10.31571/saintek.v4i2.74

Safitri, P. T., & Purbaningrum, K. A. (2020). Pengembangan Buku Ajar Berbasis Kasus (Case Based) Pada Mata Kuliah Statistika Pendidikan. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika, Volume 13, 256–267. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v13i2.8768

Sohibun, S., Febriani, Y., & Maisaroh, I. (2017). Peranan Mata Kuliah Profesi Kependidikan dan Microteaching terhadap Kompetensi Profesional Mahasiswa PPL Fisika. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 2(1), 57. https://doi.org/10.24042/tadris.v2i1.1739

Syahroni, M. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Manfaat Metode Pembelajaran Observasi Lapangan Pada Mata Kuliah Profesi Kependidikan. Indonesian Journal of Education and Learning, 4(1), 417–424. https://doi.org/10.31002/ijel.v4i1.3253

Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. (1974). Instructional development for training teachers of exceptional children. In A sourcebook. Indiana University, Bloomington, Indiana.

Tjiptiany, E. N., As’ari, A. R., & Muksar, M. (2016). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Inkuiri Untuk Membantu Siswa Sma Kelas X Dalam Memahami Materi Peluang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(10), 1938–1942. https://doi.org/dx.doi.org/10.17977/jp.v1i10.6973

Widiastuti, F., Amin, S., & Hasbullah, H. (2022). Efektivitas Metode Pembelajaran Case Method dalam Upaya Peningkatan Partisipasi dan Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Manajemen Perubahan. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 728–731. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3034

Akrim, A. (2021). An Investigation Of Islamic Students' Learning Habits. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 13(3), 2301-2308.

Pasaribu, M., & Harfiani, R. (2021). Vocational Education At Special School In North Sumatra. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 13(2), 1335-1347.




DOI: https://doi.org/10.30596/jppp.v3i3.13093

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran [JPPP]

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jppp@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creation is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License