Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dalam Mengembangkan Karakter Pancasila Di SMPN 5 Satu Atap Kerajaan Pardomuan

Jimmy Susilo, Marlinang Sihite

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Mengembangkan Karakter Pancasila di SMPn 5 Satu Atap Kerajaan Pardomuan. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Waktu penelitian di rencanakan pada bulan November 2022 pada tanggal 30. Lokasi observasi ini dilakukan di SMP Negeri 5 Satu Atap Kerajaan Pardomuan. Hasilnya adalah bahwa implementasi kurikulum merdeka belajar ini di SMP Negeri 5 Satu Atap Kerajaan Pardomuan  dalam mengembangan nilai karakter Pancasila ini belum berjalan dengan baik melihat karakter Pancasila yang dikembangkan belum sepenuhnya terealisasi pada semua siswa. Pengembangan karakter Pancasila ini dinilai guru butuh waktu dalam pencapaiannya. Kemudian, dalam pelaksanaan kurikulum merdeka belajar ini masih banyak kendala dalam temuan wawancara dimana konsep belajar yang belum sepenuhnya terlaksana secara efisien dan efektif, kemudian kompetensi guru kurang dalam proses belajar mengajar, guru masih terkonteks pada buku dalam pembelajaran, sehingga sumber belajar yang lainnya tidak dianggap penting.

Keywords


Implementasi Kurikulum; Kurikulum Merdeka; Karakter Pancasila

Full Text:

PDF

References


Ainia, D. K. (2020). “Merdeka Belajar dalam Pandangan Ki Hadjar Dewantara dan Relevansinya Bagi Pengembangan Pendidikan Karakter.” Jurnal Filsafat Indonesia, 3(3), 95–101.

Baderiah. (2018). Buku Ajar Pengembangan Kurikulum. In Lembaga Penerbit Kampus IAIN Palopo.

Chamisijatin, L., Permana, F. H., Zaenab, S., & ... (2022). Pelaksanaan Penguatan Pendidikan Karakter dengan Penerapan Literasi dalam Pembelajaran sebagai Upaya Inovasi Pembelajaran dalam Merdeka Belajar pada …. Lumbung Inovasi …, 7(2), 216–231. https://litpam.com/journal-center/index.php/linov/article/view/702%0Ahttps://litpam.com/journal-center/index.php/linov/article/download/702/482

Dirjen Pendidikan Tinggi. (2020). Buku Panduan MBKM. Buku Panduan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka, 1–42.

Dwiputri, F. A., & Anggraeni, D. (2021). Penerapan Nilai Pancasila dalam Menumbuhkan Karakter Siswa Sekolah Dasar yang Cerdas Kreatif dan Berakhlak Mulia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1267–1273. file:///C:/Users/Acer/Downloads/1097-Article Text-2199-1-10-20210428.pdf

H. Baharun. (2017). Pengembangan Kurikulum: Teori Dan Praktik Konsep (Nomor April).

Juanda, A. (2016). Kurikulum dan Pembelajaran, Teori dan Praktik KTSP dari Teori Hingga Implementasi Kurikulum.

Nurzila, N. (2022). Dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar Perlu Strategi Tepatguna. Jurnal Literasiologi, 8(4), 89–98. https://doi.org/10.47783/literasiologi.v8i4.397

Zubaedi. (2018). Desain Pendidikan Karakter. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Akrim, A. (2021). An Investigation Of Islamic Students' Learning Habits. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 13(3), 2301-2308.

Pasaribu, M., & Harfiani, R. (2021). Vocational Education At Special School In North Sumatra. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 13(2), 1335-1347.




DOI: https://doi.org/10.30596/jppp.v3i3.13216

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran [JPPP]

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jppp@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creation is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License