Pengaruh Penggunaan Metode Iqra’ Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Pada Peserta Didik Di TPQ Aisyiyah

Suci Anggita, Hemawati Hemawati, Nurhasanah Nurhasanah

Abstract


Permasalahan yang dihadapi pada saat menerapkan metode pembelajaran iqra’ terlihat dari cara membaca Al-Qur’an peserta didik diantaranya yaitu kesalahan pada bacaan, baik itu karena tidak diperhatikan panjang pendeknya, pengucapan huruf, dan pemahaman tentang penggunaan tajwid. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Untuk mengetahui bagaimana perkembangan penerapan metode iqro’ di TPQ Aisyiyah Binjai, (2) Untuk mengetahui tingkat kemampuan membaca Al-Qur’an pada peserta didik di TPQ Aisyiyah Binjai, (3) Untuk mengetahui hubungan dan pengaruh metode iqro’ dalam kemampuan membaca Al-Qur’an di TPQ Aisyiyah Binjai. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan statistik korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik TPQ Aisyiyah Binjai sebanyak 35 orang dan sampel dalam penelitian sebanyak 32 orang. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari penggunaan metode iqra’ (X) dan kemampuan membaca Al-Qur’an yaitu (Y). Instrumen penelitian ini berupa angket, observasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan korelasi product momen. Selanjutnya data yang telah terkumpul dianalisis dan dideskripsikan sesuai masalah dan tujuan penelitian. Hasil penggunaan metode iqra’ di TPQ Aisyiyah Binjai dapat dikatakan baik hal ini dapat dibuktikan dengan nilai yang diperoleh yaitu P = 74,45%.  Kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik di TPQ Aisyiyah Binjai dapat dikatakan baik hal ini dapat dibuktikan dengan nilai yang diperoleh yaitu P = 70,70%. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan pengaruh yang signifikan antara penggunaan metode iqra’ dengan kemampuan membaca Al-Qur’an pada peserta didik di TPQ Aisyiyah Binjai yang dibuktikan dengan nilai koefisien korelasi (r) yang menunjukkan tingkat korelasi antara variabel X (penggunaan metode iqra’) dengan variabel Y (kemampuan membaca Al-Qur’an) sebesar rxy = 0,49 dengan tingkat korelasi sedang.

Keywords


Penggunaan Metode Iqra’;kemampuan membaca Al-Qur’an

Full Text:

PDF

References


Al Halim. Adibudin, Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Melalui Pengenalan Huruf Hijaiyah Menggunakan Metode Baghdadiyah Ma’a Juz Amma (Turutan) Di Kelas 1A MI Ma’arif, Jurnal Tawadhu, Vol. 2, (Tahun 2018).

Annuri Ahmad, Panduan Tahsin Tilawah Al-Qur’an & Ilmu Tajwid, Jakarta Timur, Pustaka Al-Kautsar, 2017.

Suharsimi, Manajemen Penelitian, Jakarta: Rineka Cipta, 2016.

Balueng, Peningkatan Membaca Al-Qu’an Dengan Tartil Melalui Metode Iqro’ Pada Siswa Kelas V di SD Inpres Tinggimae Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa, Makassar, UIN Alauddin, 2016.

Departemen Pendidikan Nasional, KamusBahasa Indonesia, Jakarta, Balai Pustaka, 2016.

Fatkiyah, Implementasi Metode Iqro’ Dalam meningkatkan Kemampuan Membaca Dan Aktivitas Pembelajaran Al-Qur’an, Jurnal El-Tarbawi, Vol. 12, (Tahun 2019)

Hakim Lukman, Kemampuan Membaca Al-Qur’an dan Manfaatnya, Bayumas, CV. Amerta, 2020.

Haidir, Implementation Of Reading Qur’anic Learning (BTQ), Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 22, (June 2020).

Hasbiyallah, HadisTarbawi, Bandung, PT Remaja Rosdakarya, 2018.

Hemawati, Pendidikan Anak Usia Dini dalam Hadis Riwayat Bukhari (Setiap Anak Dilahirkan dalam Keadaan Fitrah), Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 1, April, 2022.

Humam As’ad, BukuIqro’ Cara Cepat Belajar Membaca Al-Qur’an, Yogyakarta, LPTQ Nasional, 2017.

Kementrian Agama, Al-Qur’an dan Terjemahan, Jakarta, Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an, 2018.

Khasanah Lailatul, Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Menggunakan Metode Tartil Bagi Santri Di Pondok Pesantren Al Fatimiyyah Al Islami Desa Adi luhur Kecamatan Jabung Kabupaten Lampung Timur, Lampung, IAIN, 2019.

Lubis Sopian, Konsep Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an pada Pendidikan Dasar, Jurnal Pendidikan, (Maret, 2020).

Nilawati Febri, Strategi Murabbi Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Mahasantri, Jurnal Edukasi, vol. 4, Juni 2021.

Nurani Nani, Mengedukasi Hikmah Dan Manfaat Dalam Membaca Al-Qur’an, Jurnal Pendidikan Agama, Oktober 2021.

Rosi F., Urgensi Pembelajaran Al-Qur’an Bagi Siswa Madrasah Ibtidaiyah, Jurnal Auladuna, Oktober 2021.

Roudlotul Badi’ah, Penggunaan Metode Tilawati dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an di Madrasah Mambaul Munna Sidorejo Kebonsari Madiun Tahun 2014/2015, Ponorogo, STAIN, 2015.

Samsul Rizal, Pengaruh Pendidikan Budi Pekerti Dalam Keluarga Terhadap Akhlak Siswa di MTs Al-Washliyah Desa Sei Mencirim Kecamatan Kutalimbaru Kabupaten deli serdang, Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 4, Juli-Desember 2020.

Syaifullah Muhammad, Penerapan Metode An-Nahdliyah Dan Metode Iqro’ Dalam Kemampuan Membaca Al-Qur’an, Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan, Juni 2017.

Salahudin Arsyad, Hubungan Kemampuan Membaca Al-Qur’an dan Minat Belajar Siswa, Jurnal Pendidikan Agama, Mei-Agustus, 2018.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif danR&D, Bandung, Alfabetacv, 2015.

Suherman, Hubungan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Dengan Hasil Belajar Mahasiswa Program Studi Teknik Mesin Politeknik Negeri Medan, Jurnal Ilmiah, vol. 3, Desember, 2017.

Srijatun, Implementasi Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an Dengan Metode Iqro’ Pada Anak Usia Dini Di RA Perwanida Slawi Kabupaten Tegal, Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 11, (Tahun 2017).

Trisnawati Nur, Implementasi Membaca Al-Qur’an dengan Metode Iqra’ di Raudhatul athfal Tanjung Morawa, Medan, UINSU, 2017.

Yunus Mahmud, Kamus Bahasa Arab Indonesia, Jakarta: Yayasan Penyelenggara penerjemah,2015

Akrim, A. (2022). A new direction of Islamic education in Indonesia: Opportunities and challenges in the Industrial Revolution Era 4.0. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(01), 35-48.




DOI: https://doi.org/10.30596/jppp.v4i1.13576

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran [JPPP]

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jppp@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creation is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License