Pengembangan Budaya Sekolah melalui Kepemimpinan Transformasional di SMK Negeri 4 Tebing Tinggi

Marisi Br. Tinjak

Abstract


Membangun sekolah kelas satu membutuhkan upaya dan perbaikan dalam berbagai aspek, tidak hanya dari fasilitas sekolah, tetapi juga dari bakat itu sendiri.Untuk membangun sekolah kelas satu juga diperlukan kepala sekolah yang unggul. Kepala sekolah harus mampu menciptakan budaya sekolah yang pada akhirnya akan mencirikan sekolah yang dipimpinnya dan tentunya akan membedakannya dengan sekolah lain. Observasi, wawancara dan dokumentasi menggunakan teknik pengumpulan data kualitatif dalam penelitian ini. Selain teknik analisis yang digunakan, juga dilakukan reduksi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Temuan menunjukkan bahwa budaya sekolah menggabungkan pendekatan terstruktur untuk pemecahan masalah yang mengungkapkan motivasi, kerjasama, dan tanggung jawab satu sama lain. Budaya yang dikembangkan kepala sekolah melalui kepemimpinan transformasional SMK Negeri 4 Tebing Tinggi dapat dilihat pada budaya kegiatan literasi dan budaya perilaku. Budaya literasi terlihat setiap hari, dan perpustakaan serta sudut baca tidak pernah sepi. Dalam penerapan budaya tidak terlepas dari faktor pendukung ikepala isekolah yaitu ikemampuan ikepala isekolah idalam menyusun dan melaksanakan rencana serta menjalin hubungani kerjasamai yang baik dengani para iguru.

Keywords


kepemimpinan transformasional; budaya sekolah

Full Text:

PDF

References


Afifah, R. D. (2021). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Asam Jawa Medan (Doctoral dissertation).

Anandawati, E. P., & Ali, M. (2018). Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah SDIT Muhammadiyah Al Kautsar Gumpang Kartasura (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Gurning, S., & Irvan, I. (2022). Pengaruh Kepemimpinan Terhadap Kinerja Pegawai Melalui Kepuasan Kerja dan Pemberdayaan Pada Dinas Pendidikan Kabupaten Dairi. Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah dan Tinggi [JMP-DMT], 3(2), 57-65.

Hamid, A. (2022). KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU. Aktualita: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 12(II).

Hendrawan, A., Laras, T., Sucahyowati, H., & Cahyandi, K. (2020, May). Peningkatan kepemimpinan transformasional dengan organizational citizenship behavior (OCB). In Prosiding University Research Colloquium (pp. 78-89).

Johannes, N. Y., Ritiauw, S. P., & Abidin, H. (2020). Implementasi Budaya Sekolah dalam Mewujudkan Pendidikan Karakter di SD Negeri 19 Ambon. PEDAGOGIKA: Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan, 8(1), 11-23.

Kurniawati, E., Arafat, Y., & Puspita, Y. (2020). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan melalui Manajemen Berbasis Sekolah. Journal of Education Research, 1(2), 134-137.

Kuswaeri, I. (2017). Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 2(02), 1-13.

Muslikarani, V. (2020). Pengaruh Kompensasi Financial, Gaya Kepemimpinan Trasformasional dan Sikap Kerja terhadap Kinerja Karyawan PT Zenith Pharmacenticals Semarang. JURNAL EKONOMI MANAJEMEN AKUNTANSI, 27(49).

Nababan, R., Nasution, E., & Irvan, I. (2022). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Melalui Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening di SMP Negeri Se Kecamatan Siempat Nempu Hulu Kabupaten Dairi. Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah dan Tinggi [JMP-DMT], 3(4), 114-119.

Panggabean, N., Akrim, A., & Irvan, I. (2022). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kepuasan Kerja dan Kecerdasan Emosional Terhadap Kinerja Guru SMP Negeri Kecamatan Sidikalang Kabupaten Dairi. Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah dan Tinggi [JMP-DMT], 3(2), 47-56.

Prasetyo, I. (2020). Upaya Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MTS Nurul Ikhlas Kota Bekasi. Al-Mutsla, 2(2), 172-185.

Pribadi, S. C. (2014). Implementasi kepemimpinan transformasional di SD muhammadiyah 4 surabaya. Inspirasi Manajemen Pendidikan, 3(3).

Sahir, S. H., Mawati, A. T., Hasibuan, A., Simarmata, N. I. P., Sugiarto, M., Cecep, H., ... & Lie, D. (2021). Pengembangan dan Budaya Organisasi. Yayasan Kita Menulis.

Sari, E. (2021). Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dalam meningkatkan Kinerja Guru (Studi di SMA Negeri 2 Pematangsiantar) (Doctoral dissertation).

Siburian, E. N., Akrim, A., & Irvan, I. (2022). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional, Produktivitas, Kerja dan Budaya Sekolah Terhadap Efektivitas Organisasi Di SMP Negeri Se-Kecamatan Sidikalang. Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah dan Tinggi [JMP-DMT], 3(4), 120-125.

Toliu, Z., Arsyad, A., & Lamatenggo, N. (2022). Sistem Penjaminan Mutu Internal Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMP Negeri 1 Bolangitang Barat. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(6), 13357-13372.

Wahyudi, A., Narimo, S., & Wafroturohmah, W. W. (2020). Kepemimpinan Pembelajaran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Varidika, 31(2), 47-55.

Widodo, H. (2021). Pendidikan holistik berbasis budaya sekolah. UAD PRESS.

Wiratmoko, D., Murniati, N. A. N., & Abdullah, G. (2022). Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu di Sekolah Dasar. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 5(1).




DOI: https://doi.org/10.30596/jppp.v4i1.13611

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran [JPPP]

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jppp@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creation is distributed under theĀ Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License