Hasil Belajar Mahasiswa Administrasi Pendidikan dalam Menggunakan Panduan Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan Soal Higher Order Thinking Skills

Florentina Dwi Astuti

Abstract


Administrasi Pendidikan merupakan salah satu mata kuiah wajib yang dikuasai oleh mahasiswa sebagai calon guru. Dalam mata kuliah ini dipelajari materi terkait dengan administrasi guru khususnya pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan soal High Order Thinking Skills (HOTS). Idealnya, mahasiswa harus dapat menyusun RPP dan soal HOTS sesuai dengan ketentuan kurikulum yang berlaku. Namun berdasarkan hasil observasi sebagai dosen mata kuliah Administrasi Pendidikan di Sekolah Tinggi Agama Katolik Negeri Pontianak masih terdapat masalah dalam penyusunan RPP dan soal HOTS. Masalah dalam penelitian ini adalah adanya mahasiswa yang belum bisa menyusun RPP dan soal HOTS dalam mata kuliah Administrasi Pendidikan, dari 25 mahasiswa yang ada di salah satu kelas, 94,7 %  diantaranya belum bisa dan belum paham untuk  membuat RPP dan soal HOTS. Untuk mengatasi masalah tersebut, diadakan penelitian kuantitatif ini dengan tujuan untuk memperoleh hasil belajar mahasiswa sebelum dan sesudah diberikan pengajaran menggunakan panduan penyusunan RPP dan soal HOTS yang disediakan oleh dosen dalam mata kuliah Administrasi Pendidikan. Dalam penelitian ini digunakan metode penelitian kuantitatif dengan bentuk penelitian pre-experimental design dengan rancangan one group pretest-postest design. Untuk menjawab tujuan penelitian, peneliti memberikan pretest untuk menyusun RPP dan soal HOTS sehingga diperoleh rata-rata hasil belajar adalah 12,9 dalam membuat RPP pada saat pretest adalah sedangkan pada saat posttest 82,8. Sehingga persentase perubahan rata-rata hasil belajar mahasiswa dalam membuat RPP adalah sebesar 84,4 %. Untuk rata-rata hasil belajar mahasiswa dalam membuat soal HOTS pada saat pretest adalah 0 sedangkan pada saat posttest adalah 25,5 untuk Pilihan ganda dan 51,4 untuk essay. Sehingga persentase perubahan rata-rata hasil belajar mahasiswa dalam membuat soal HOTS adalah sebesar 100 %. 


Keywords


Hasil Belajar;Panduan Penyusunan RPP;Soal HOTS

Full Text:

PDF

References


Fauzan. (2016). Pengantar Sistem Administrasi Pendidikan. UII Press.

Hanum, L., Rahmayani, & Noviati. (2021). Lantanida Journal,. 9(2).

Izzati, N. (2017). MENINGKATKAN KEMAMPUAN MAHASISWA DALAM MENYUSUN RPP MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PORTOFOLIO (Studi Kuasi Eksperimen terhadap Mahasiswa Tadris Matematika IAIN Syekh Nurjati Cirebon). Euclid, 4(1), 659–674. https://doi.org/10.33603/e.v4i1.212

Kirana, D. D. (2011). PENTINGNYA PENGUASAAN EMPAT KOMPETENSI GURU DALAM MENUNJANG KETERCAPAIAN TUJUAN PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR Damax. Journal of Physics A: Mathematical and Theoretical, 44(8), 1689–1699.

Rosyid, M. Z., Mustajab, & Abdullah, A. R. (2020). Prestasi Belajar (H. Sa’diyah (ed.)). Literasi Nusantara.

Sagala, S. (2014). Kemampuan Profesional Guru Dan Tenaga Kependidikan. Alfabeta.

Sani, R. A. (2019). Pembelajaran Berbasis HOTS (Higer Order Thinking Skills). Tsmart Printing.

Sinaga, fadhillatu J. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Berbasis HOTS (Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi). Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 5(2), 246–257.

SMA, D. P. (2017). MODEL PENGEMBANGAN RPP.

Sudjana, N. (2020). Penilaian Hasil Belajar Proses Belajar Mengajar. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (Sutopo (ed.)). Alfabeta.

Widana, I. W. (2016). Modul Penulisan Soal HOTS. Direktorat Pembinaan SMA.

Amini, A., Marliani, M., Elfrianto, E., & Kemal, I. (2022). Work Motivation and Work Discipline on Teachers’ Performance in State Vocational Schools. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(2), 2271-2280.

Akrim, A. (2022). A new direction of Islamic education in Indonesia: Opportunities and challenges in the Industrial Revolution Era 4.0. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(01), 35-48.

Pratiwi, S. N., Prasetia, I., & Gajah, N. (2022). Literacy Culture in Elementary Schools: The Impact of the Literacy Movement Program and Library Facilities. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 8(3), 786-794.

Pasaribu, M. (2022). Peranan Pendidikan Agama Islam dalam Pencegahan Pelecehan Seksual Online di Kalangan Mahasiswa. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(03), 869-888.




DOI: https://doi.org/10.30596/jppp.v4i1.14467

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran [JPPP]

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jppp@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creation is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License