Integrasi Computational Thinking Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Pantun Kelas IV Sekolah Dasar

Hanif Yuda Pratama, Magnifikat Iga Tobia, Siti Luluk Saniyati, Anisa Sifa Yuginanda, Fauziah Mas'ula Soffa

Abstract


Computational thinking merupakan salah satu kemampuan penting yang harus dimiliki peserta didik. Hal ini dibuktikan dengan kebijakan pemerintah yang mengintegrasikan CT ke dalam kurikulum. Artikel ini merupakan penelitian yang mendeskripsikan aktivitas peserta didik selama belajar, kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, hasil belajar peserta didik, dan respon peserta didik setelah integrasi CT pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi pantun. Metode penelitian adalah kualitatif deskriptif dengan subyek penelitian peserta didik kelas IV SD Negeri Jatisawit yang berjumlah 30 peserta didik. Hasil dari penelitian ini integrasi CT pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi pantun memunculkan fondasi CT pengenalan pola dan algoritma, kemampuan guru untuk mengelola pembelajaran terintegrasi CT mencapai skor 91,6% atau dalam kategori “baik”, hasil belajar peserta didik mencapai KKM dengan rata-rata kelas mendapat nilai 87,5 dan sebanyak 93,3% tuntas, respon peserta didik terhadap penerapan pembelajaran bermuatan CT adalah positif dengan skor 90%.


Keywords


computatinonal thinking; literasi; pantun

Full Text:

PDF

References


Alfaris, S., & W, S. A. (2014). Penerapan Pembelajaran Problem Solving Versi Polya Pada Pokok Bahasan Keliling Dan Luas Lingkaran (Learning Problem Solving Application Version Polya Subject Review and Wider Circle). Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo, 2(1), 87–98.

Ari, S. I. P., & Astra, W. I. G. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 178. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v7i1.5359

Chyalutfa, U., Makki, M., & Jiwandono, I. S. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Pohon Literasi Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa. Journal of Classroom Action Research, 4(3), 82–86. https://doi.org/10.29303/jcar.v4i3.1913

Citraningrum, D. M. (2016). Menulis Puisi Dengan Teknik Pembelajaran Yang Kreatif. Jurnal Umum Jember, Vol.1(No.1), 82–90. https://doi.org/https://doi.org/10.32528/bb.v1i1.75

Herdiansyah, H. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-ilmu Sosial. Salemba Humanika.

Joohi, L., Candace, J., & Kathryn, P. (2022). Classroom Play and Activities to Support Computational Thinking Development in Early Childhood. Early Chilhood Education Journal. https://doi.org/https://doi.org/10.1007/s10643-022-01319-0

Karakteristik Kurikulum Merdeka di Setiap Jenjang Pendidikan, (2021).

Ling-Ling, U., Jane, L., & Mohamad, F. S. (2022). Computational thinking for teachers: Development of a localised E-learning system. ScienceDirect, 177. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.compedu.2021.104379

Novitasari, Y., & Fauziddin, M. (2022). Analisis Literasi Digital Tenaga Pendidik pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3570–3577. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2333

Nugroho, A., Lazuardi, D. R., & Murti, S. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Lks Menulis Pantun Berbasis Kearifan Lokal Siswa Kelas Vii Smp Xaverius Tugumulyo. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 5(1), 1. https://doi.org/10.22219/kembara.vol5.no1.1-12

Programme for International Student Assesment (PISA), (2018).

Putu, N., Puspa, N., Pratiwi, P. Y., & Handayani, R. (2022). Pendekatan Computational Thinking Dalam Penyelesaian Masalah Bagi Siswa Sd Laboratorium Undiksha. Proceeding Senadimas Undiksha, 379–388.

Rachmadtullah, R. (2015). Kemampuan Berpikir Kritis Dan Konsep Diri Dengan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 287. https://doi.org/10.21009/jpd.062.10

Rahman, A. A. (2022). Integrasi Computational Thinking dalam Model EDP-STEM untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 6(2), 575–590. https://doi.org/10.26811/didaktika.v6i2.409

Rahmawati, L. D. (2022). Pelaksanaan pembelajaran menggunakan model problem based learning pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SD. Nautical : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 1(1), 1–4. https://doi.org/10.55904/nautical.v1i1.94

Rapika, W. T., Eko, K., & Alirmansyah. (2022). Analisis Kemampuan Menulis Pantun Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. 4(2008), 1707–1715.

Trisharsiwi, Prihatni, Y., & Endang, W. K. (2020). Ketamansiswaan. In Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta (Vol. 4, Issue 1).

Vania, N. (2022). Mata Kuliah Computational thinking. Direktorat Pendidikan Profesi Guru Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Hak.

Zahro, N. F. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal PISA. Didactical Mathematics, 4(20), 148–155. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31949/dmj.v2i2.2074

Pratiwi, S. N., Prasetia, I., & Gajah, N. (2022). Literacy Culture in Elementary Schools: The Impact of the Literacy Movement Program and Library Facilities. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 8(3), 786-794.

Amini, A., Marliani, M., Elfrianto, E., & Kemal, I. (2022). Work Motivation and Work Discipline on Teachers’ Performance in State Vocational Schools. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(2), 2271-2280.

Akrim, A. (2022). A new direction of Islamic education in Indonesia: Opportunities and challenges in the Industrial Revolution Era 4.0. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(01), 35-48.

Pasaribu, M. (2022). Peranan Pendidikan Agama Islam dalam Pencegahan Pelecehan Seksual Online di Kalangan Mahasiswa. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(03), 869-888.




DOI: https://doi.org/10.30596/jppp.v4i1.14564

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran [JPPP]

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jppp@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creation is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License