Pengaruh Internet Addiction Disorders dan Self Control Pada Game Online Mobile Legends Terhadap Minat Belajar Siswa di SMKN 2 Tulungagung

Hasanuddin Sirri

Abstract


Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh internet addiction disorders terhadap minat belajar siswa, mengetahui ada tidaknya pengaruh self control terhadap minat belajar siswa, dan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh internet addiction disorders dan self control secara bersama-sama terhadap minat belajar siswa SMKN 2 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif bertujuan untuk mengetahui beberapa spekulasi mengenai terdapat atau tidaknya hubungan yang relevan antara dua atau lebih variabel penelitian. Metode pengumpulan data menggunakan angket. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Negeri 2 Tulungagung dengan jumlah 720 siswa. Dengan sampel 72 siswa dari keseluruh kelas yang ada. Teknik sampling adalah purposive sampling dan teknik pengumpulan data menggunakan angket. Berdasarkan kesimpulan dari uji t (X1) diperoleh nilai t hitung memiliki nilai negatif sebesar 4,111 > nilai t tabel 1,997 sehingga terdapat pengaruh internet addiction disorders terhadap minat belajar. Hasil uji (X2) diperoleh nilai positif sebesar 10,860 > nilai t tabel 1,997 sehingga terdapat pengaruh self control terhadap minat belajar. Berdasarkan hasil uji F diperoleh nilai 75,707 > nilai t tabel 3,132 sehingga terdapat pengaruh internet addiction disorders dan self control secara bersama-sama terhadap minat belajar siswa SMKN 2 Tulungagung.


Full Text:

PDF

References


Apriyanto, M. T., & Herlina, L. (2020). Analisis Prestasi Belajar Matematika pada Masa Pandemi Ditinjau dari Minat Belajar Siswa. Seminar Nasional Dan Diskusi Panel Pendidikan Matematika, 6(1), 135–144. http://proceeding.unindra.ac.id/index.php/dpnpmunindra/article/view/4774

Aswir, & Misbah, H. (2018). HUBUNGAN ANTARA SELF CONTROL DENGAN INTENSITAS BERMAIN GAME ONLINE PADA ANAK USIA SEKOLAH. In Photosynthetica (Vol. 2, Issue 1). http://link.springer.com/10.1007/978-3-319-76887-8%0Ahttp://link.springer.com/10.1007/978-3-319-93594-2%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/B978-0-12-409517-5.00007-3%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.jff.2015.06.018%0Ahttp://dx.doi.org/10.1038/s41559-019-0877-3%0Aht

Ayu Karunia Wati, M. (2019). Economic Education Analysis Journal How to Cite Sejarah Artikel. Analysis Jour-Nal, 8(2), 797–813. https://doi.org/10.15294/eeaj.v8i2.31517

Brand, M., Müller, A., Stark, R., Steins-Loeber, S., Klucken, T., Montag, C., Diers, M., Wolf, O. T., Rumpf, H. J., Wölfling, K., & Wegmann, E. (2021). Addiction Research Unit: Affective and cognitive mechanisms of specific Internet-use disorders. Addiction Biology, 26(6), 1–7. https://doi.org/10.1111/adb.13087

Faradilla, D. (2020). Kontrol Diri dengan Ketergantungan Internet Pada Remaja. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 8(4), 590. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v8i4.5565

Fernandes, F., Sari, A. Y., & Mahathir, M. (2021). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kecanduan Internet pada Siswa SMA N “X” Padang. NERS Jurnal Keperawatan, 17(1), 1. https://doi.org/10.25077/njk.17.1.1-13.2021

Firdaus, R. A., & Dewi, D. S. E. (2021). Efikasi Diri Dengan Kecenderungan Kecanduan Internet Pada Remaja Dimasa Pandemi Covid-19. Psimphoni, 1(2), 67. https://doi.org/10.30595/psimphoni.v1i2.11353

Hasan, A., Rahmat, A., & Napu, Y. (2021). Dampak Game Online Mobile Legends Terhadap Perilaku Sosial Remaja. Student Journal of Community Education, 1, 1–13. https://doi.org/10.37411/sjce.v1i1.830

Irving, Z. C., Bridges, J., Glasser, A., Bermúdez, J. P., & Sripada, C. (2022). Will-powered: Synchronic regulation is the difference maker for self-control. Cognition, 225. https://doi.org/10.1016/j.cognition.2022.105154

Prihayanti, N. K. T., Swedarma, K. E., & Nurhesti, P. O. Y. (2021). Hubungan Kecanduan Internet Dengan Gejala Depresi Pada Remaja. Coping: Community of Publishing in Nursing, 9(3), 347. https://doi.org/10.24843/coping.2021.v09.i03.p14

Putri, T. H., Program, D. P., Keperawatan, S., Kedokteran, F., Tanjungpura, U., Hadari, J. H., & Bansir, N. (2021). Kecanduan Internet Pada Anak Sekolah Selama Pandemi Covid-19. JKJ): Persatuan Perawat Nasional Indonesia, 9(4), 745–752.

Ria Susanti Johan. (2019). PENGARUH GAME ONLINE TERHADAP MINAT UNTUK BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X DI MA AL HIDAYAH DEPOK. PENGARUH GAME ONLINE TERHADAP MINAT UNTUK BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X DI MA AL HIDAYAH DEPOK, 5(Mi), 5–24.

Woehler, L. (2020). Internet Addiction and the Relationship To Self and Interpersonal Functioning within the Alternative Model for Persoanlity Disorders (AMPD): Implictions for Psychosocial Development (Issue June).

Pratiwi, S. N., & Amini, A. (2023). Efforts to Increase Lecturer Involvement through Organizational Culture, Transformational Leadership and Economic Prosperity. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(1), 150-164.

Aktar, S., Amini, A., & Pratiwi, S. N. (2023). Development and Management of Islamic Education Curriculum In The Covid-19 Pandemic: Case Study at SMP IT Mutiara Kab. Deli Serdang North Sumatra. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(02).

Nurzannah, N., Syamsuyurnita, S., & Pasaribu, M. (2023). Pengembangan Silabus dan Rencana Pembelajaran Mata Kuliah Kemuhammadiyahan di Program Studi Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(02).

Aktar, S., Amini, A., & Pratiwi, S. N. (2023). Development and Management of Islamic Education Curriculum In The Covid-19 Pandemic: Case Study at SMP IT Mutiara Kab. Deli Serdang North Sumatra. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(02).




DOI: https://doi.org/10.30596/jppp.v4i3.16014

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran [JPPP]

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jppp@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creation is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License