Pengaruh LKPD berbasis Teka Teki Silang terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII pada Materi Interaksi dalam Ekosistem di SMP Negeri 20 Kota Bengkulu

Elsanti Elsanti, Adisel Adisel, Wiji Aziz Hari Mukti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh LKPD berbasis teka teki silang terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas VII. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 20 Kota Bengkulu. Metode penelitian yang digunakan adalah Eksperimen dengan desain penelitian Prettest-Posttest Control Group. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari kelas VII H sebagai kelas eksperimen berjumlah 29 siswa dan kelas VII H sebagai kelas kontrol berjumlah 29 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Data penelitian ini diperoleh melalui hasil Pretest dan Posttest berupa soal pilihan ganda berjumlah 20 soal. Analisis data kedua kelas menggunakan uji-t (Independent Samples Test) dengan bantuan program SPSS Versi 26,0. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar kognitif siswa kelas VII yang menggunakan LKPD berbasis teka teki silang lebih tinggi dibanding dengan nilai rata-rata hasil belajar kognitif siswa yang menggunakan model konvensional atau metode ceramah yaitu 82,93 > 77,24. Selain itu berdasarkan perhitungan uji-t (Independent Samples Test) dengan taraf signifikansi 5% diperoleh nilai Sig.(2-tailed) < 0,05 atau 0,039 < 0,05 maka dapat dikatakan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan LKPD berbasis teka teki silang terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada materi interaksi dalam ekosistem di SMP Negeri 20 Kota Bengkulu. 

Kata Kunci: LKPD Berbasis Teka Teki Silang, Hasil Belajar Siswa


Full Text:

PDF

References


Anggita, R., Sumarni, W., & Utomo, U. (2021). Jurnal basicedu. 5(5), 3125–3133.

Fadia, S., & Fitri, N. (2021). Problematika Kualitas Pendidikan di Indonesia. 5, 1617–1620.

Fatimah, R. K. S. (2018). Strategi belajar & pembelajaran dalam meningkatkan keterampilan bahasa. Jurnal Pendidikan NBahasa Dan Sastra Indonesia, 1, 108–113.

Fauhah, H. (2021). Analisis Model Pembelajaran Make A Match terhadap Hasil Belajar Siswa Analisis Model Pembelajaran Make A Match terhadap Hasil Belajar …. 9, 321–334.

Ja, I Made Laut Mertha, Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif, (Yogyakarta: Anak Hebat Indonesia, 2020), hal 12.

Malasari. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Gaya Melalui Metode Demonstrasi pada Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Yaminas Loppe Kabupaten Luwu. Jurnal of Teaching and Learning Research, 1(1), 21–32.

Nurdyansyah, & Fahyuni, E. F. 2016. Inovasi Model Pembelajaran Sesuai Kurikulum 2013. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.

Nurlita. (2018). Jurnal Mitra Pendidikan ( JMP Online ). Jurnal Mitra Pendidikan (JMP Online), 2(11), 1337–1346.

Pratiwi, S. N., Cari, C., & Aminah, N. S. 2019. Pembelajaran IPA Abad 21 Dengan Literasi Sains Siswa. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika (JMPF), 9(1): 34–42.

Hasan, M., dkk. 2021. Media Pembelajaran. Klaten: Tahta Media Group.

Rahmawati, L. H. (2020). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik ( LKPD ) Berbasis Scientific Approach Pada Mata Pelajaran Administrasi Umum Semester Genap Kelas X OTKP di SMK Negeri 1 Jombang Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik ( LKPD ) …… .. 8, 504–515.

Sunami, M. A. (2021). Jurnal basicedu. 5(4), 1940–1945.

Aktar, S., Amini, A., & Pratiwi, S. N. (2023). Development and Management of Islamic Education Curriculum In The Covid-19 Pandemic: Case Study at SMP IT Mutiara Kab. Deli Serdang North Sumatra. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(02).

Pratiwi, S. N., & Amini, A. (2023). Efforts to Increase Lecturer Involvement through Organizational Culture, Transformational Leadership and Economic Prosperity. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(1), 150-164.

Nurzannah, N., Syamsuyurnita, S., & Pasaribu, M. (2023). Pengembangan Silabus dan Rencana Pembelajaran Mata Kuliah Kemuhammadiyahan di Program Studi Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(02).

Aktar, S., Amini, A., & Pratiwi, S. N. (2023). Development and Management of Islamic Education Curriculum In The Covid-19 Pandemic: Case Study at SMP IT Mutiara Kab. Deli Serdang North Sumatra. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(02).




DOI: https://doi.org/10.30596/jppp.v4i3.16020

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran [JPPP]

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jppp@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creation is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License