Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Sosiologi Kelas X di SMAN 1 Pasaman
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Alim, P., Hotrisman, B. & Rafeli, G. (2020). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Yang Diajar Dengan Model Elaborasi Dengan Model Pembelajaran Konvensional. Jurnal Penelitian Fisikawan, Vol 3 No 1, Februari 2020.
Bergmann, J., & Sams, A. (2012). Flip Your Classroom : Reach Every Student in Every Class Every Day. Washington Dc: Internasional Society for Technology in Education.
Desrita & Neti, A. (2022). Pengaruh Model Flipped Classroom Learning Tipe Peer Instruction Flip Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Ikatan Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia dan Terapan, Vol 6 No 1, Januari 2022.
Farida, R., Amru, A. & Zamzami Z. (2019). Pengembangan Model Pembelajaran Flipped Classroom dengan Taksonomi Bloom pada Mata Kuliah Sistem Politik Indonesia. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran : Vol 7 No 2 Juli 2019.
Hanafy, M. S. (2014). Konsep Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Lentera Pendidikan, Vol17 No 1 Juni 2014: 66-79.
Khumairah, R., Agus, S., & Dewi, H. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Pada Materi Larutan Penyangga Di Sman 5 Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kimia, 4(2):92-97 (2020).
Muhtarom, H. (2021). Pemanfaatan Model Pembelajaran E-Learning dalam Pembelajaran Sosiologi Selama Masa Pandemi Covid-19. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), Vol 5 No 3 Apri 2021.
Putriani, E., Abdul, H., & Evendi. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom terhadap Hasil Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Fisika. Silampari Jurnal Pendidikan Ilmu Fisika,Vol 4 No 2.
Putri, A. A., Gimin., Hariyanti. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Flipped Classroom terhadap Hasil Belajar di SMAN 1 Perhentian Raja. Journal on Education, Vol 05 No 03, 9390–9402.
Rufaida, K., & Muassomah. (2021). Model Pembelajaran Flipped Classroom Dalam Pembelajaran Ketrampilan Membaca di MTs Al-Hikmah Brebes. Journal of Language Education, 5(1), 93–108.
Pane, A., & Darwis, D. M. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, Vol 3 No 2.
Sitanggang, L. S., & Bintang, S. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika (DLDE) Kelas X TITL SMK Negeri 5 Medan. Journal of Electrical Vocational Teacher Education, Vol 1 No 2.
Sugiyono.(2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung : Alfabeta, cv.
Zen, Zelhendri. (2012). Penelitian Kuantitatif, Padang : UNP
Wahid, A. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Prestasi Belajar. Jurnal Istiqra’ Vol V No 2
Pratiwi, S. N., & Amini, A. (2023). Efforts to Increase Lecturer Involvement through Organizational Culture, Transformational Leadership and Economic Prosperity. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(1), 150-164.
Aktar, S., Amini, A., & Pratiwi, S. N. (2023). Development and Management of Islamic Education Curriculum In The Covid-19 Pandemic: Case Study at SMP IT Mutiara Kab. Deli Serdang North Sumatra. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(02).
Nurzannah, N., Syamsuyurnita, S., & Pasaribu, M. (2023). Pengembangan Silabus dan Rencana Pembelajaran Mata Kuliah Kemuhammadiyahan di Program Studi Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(02).
Aktar, S., Amini, A., & Pratiwi, S. N. (2023). Development and Management of Islamic Education Curriculum In The Covid-19 Pandemic: Case Study at SMP IT Mutiara Kab. Deli Serdang North Sumatra. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(02).
DOI: https://doi.org/10.30596/jppp.v4i3.16284
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran [JPPP]
Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jppp@umsu.ac.id
Creation is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License