Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Sosiologi Kelas X di SMAN 1 Pasaman

Pratiwi Kurnia Dewi, Zuwirna Zuwirna, Zuliarni Zuliarni, Dedi Supendra

Abstract


Melalui pengamatan proses pembelajaran yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Pasaman, ditemui permasalahan seperti hasil belajar yang tidak mencukupi KKM yang ditentukan ialah 75. Dan kurangnya keaktifan peserta didik dalam tahap belajar. Sebuah solusi guna menangani konflik, dilakukan penelitian secara menerapkan Model belajar Flipped Classroom saat pembelajaran. Penelitian bertarget guna mengetahui dampak model belajar Flipped Classroom pada hasil belajar terhadap mata pelajaran sosiologi kelas X di SMAN 1 Pasaman. Pengkajian ini berjenis kuantitatif serta berpendekatan Quasy Experiment. Pengkajian ini berpopulasi ialah murid kelas X SMA Negeri 1 Pasaman. Pengkajian ini bersampel kelas X.6 menjadi kelas eksperimen serta X.7 sebagai kelas kontrol yang mencakup 34 murid. Dipakai soal objektif guna diambil data sejumlah 40, lalu data perolehanya dianalisa secara memakai pengujian-t. Perolehan pengkajian melihatkan kisaran nilai kelas eksperimen sejumlah 78,55 melainkan kisaran kelas kontrol sejumlah 68,97. Melalui pengkalkulasian pengujian t didapati thitung ˃ ttabel sejumlah 4,8872 ˃ 1,996 artinya ada perbandingan perolehan pembelajaran yang signifikan terhadap ɑ 0,05. Simpulanya jika memakai model belajar Flipped Classroom berdampak pada perolehan pembelajaran sosiologi kelas X di SMAN 1 Pasaman.

Full Text:

PDF

References


Alim, P., Hotrisman, B. & Rafeli, G. (2020). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Yang Diajar Dengan Model Elaborasi Dengan Model Pembelajaran Konvensional. Jurnal Penelitian Fisikawan, Vol 3 No 1, Februari 2020.

Bergmann, J., & Sams, A. (2012). Flip Your Classroom : Reach Every Student in Every Class Every Day. Washington Dc: Internasional Society for Technology in Education.

Desrita & Neti, A. (2022). Pengaruh Model Flipped Classroom Learning Tipe Peer Instruction Flip Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Ikatan Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia dan Terapan, Vol 6 No 1, Januari 2022.

Farida, R., Amru, A. & Zamzami Z. (2019). Pengembangan Model Pembelajaran Flipped Classroom dengan Taksonomi Bloom pada Mata Kuliah Sistem Politik Indonesia. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran : Vol 7 No 2 Juli 2019.

Hanafy, M. S. (2014). Konsep Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Lentera Pendidikan, Vol17 No 1 Juni 2014: 66-79.

Khumairah, R., Agus, S., & Dewi, H. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Pada Materi Larutan Penyangga Di Sman 5 Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kimia, 4(2):92-97 (2020).

Muhtarom, H. (2021). Pemanfaatan Model Pembelajaran E-Learning dalam Pembelajaran Sosiologi Selama Masa Pandemi Covid-19. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), Vol 5 No 3 Apri 2021.

Putriani, E., Abdul, H., & Evendi. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom terhadap Hasil Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Fisika. Silampari Jurnal Pendidikan Ilmu Fisika,Vol 4 No 2.

Putri, A. A., Gimin., Hariyanti. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Flipped Classroom terhadap Hasil Belajar di SMAN 1 Perhentian Raja. Journal on Education, Vol 05 No 03, 9390–9402.

Rufaida, K., & Muassomah. (2021). Model Pembelajaran Flipped Classroom Dalam Pembelajaran Ketrampilan Membaca di MTs Al-Hikmah Brebes. Journal of Language Education, 5(1), 93–108.

Pane, A., & Darwis, D. M. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, Vol 3 No 2.

Sitanggang, L. S., & Bintang, S. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika (DLDE) Kelas X TITL SMK Negeri 5 Medan. Journal of Electrical Vocational Teacher Education, Vol 1 No 2.

Sugiyono.(2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung : Alfabeta, cv.

Zen, Zelhendri. (2012). Penelitian Kuantitatif, Padang : UNP

Wahid, A. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Prestasi Belajar. Jurnal Istiqra’ Vol V No 2

Pratiwi, S. N., & Amini, A. (2023). Efforts to Increase Lecturer Involvement through Organizational Culture, Transformational Leadership and Economic Prosperity. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(1), 150-164.

Aktar, S., Amini, A., & Pratiwi, S. N. (2023). Development and Management of Islamic Education Curriculum In The Covid-19 Pandemic: Case Study at SMP IT Mutiara Kab. Deli Serdang North Sumatra. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(02).

Nurzannah, N., Syamsuyurnita, S., & Pasaribu, M. (2023). Pengembangan Silabus dan Rencana Pembelajaran Mata Kuliah Kemuhammadiyahan di Program Studi Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(02).

Aktar, S., Amini, A., & Pratiwi, S. N. (2023). Development and Management of Islamic Education Curriculum In The Covid-19 Pandemic: Case Study at SMP IT Mutiara Kab. Deli Serdang North Sumatra. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(02).




DOI: https://doi.org/10.30596/jppp.v4i3.16284

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran [JPPP]

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jppp@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creation is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License