Pengaruh Penerapan Model Cooperative Team Quiz (CTQ) Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Bahasa Inggris Kelas IV Sekolah Dasar

Priska Andini Putri, Zuwirna Zuwirna, Eldarni Eldarni, Abna Hidayati

Abstract


Penelitian ini memiliki landasan untuk menganalisis pengaruh dalam penggunaan model CTQ dipembelajaran terhadap partisipasi dan prestasi belajar peserta didik di kelas IV SDN 31 Pasir Kandang pada mata pelajaran Bahasa Inggris. Metode dalam penelitian yang diterapkan merupakan pendekatan kuantitatif dalam bentuk eksperimen semu dengan pengambilan sampel secara sengaja. Informasi dikumpulkan melalui pencatatan aktivitas siswa dan ujian tertulis. Hasil pencatatan aktivitas menerangkan rata-rata persentase partisipasi peserta didik di kelas eksperimen yang memakai model CTQ tergolong sebagai tingkat partisipasi yang sangat aktif. Hasil ujian tertulis menunjukkan bahwa data dapat distribusi secara normal dan homogen, serta menunjukkan dampak signifikan terhadap prestasi belajar siswa setelah penerapan metode CTQ. Secara keseluruhan, hasil akhir dari penelitian ini merupakan dalam penggunaan metode CTQ dipembelajaran Bahasa Inggris di kelas IV SDN 31 Pasir Kandang meningkatkan partisipasi dan prestasi belajar peserta didik.

 


Keywords


Aktivitas; Hasil Belajar; Cooperative Team Quiz; Bahasa Inggris

Full Text:

PDF

References


Bentri, A., Hidayati, A., & Rahmi, A. (2019). Teori belajar dan model pembelajaran : [konsep dan aplikasi] . Jakarta : Kencana.

Fitriana, N. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Team Quiz Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 3(7).

Hartin, H. (2017). Pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Dasar. Journal Shautut Tarbiyah, 23(1), 37-54.

Julianti, R. W., Maskun, & Basri, M. (2015). Efektivitas Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Team Quiz Pada Pembelajaran Sejarah Kelas X. Jurnal Pendidikan Dan Penelitian Sejarah (PESAGI), 3(6), 1–12.

Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Nomor 008/H/Kr/2022 Tentang Capaian Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, Dan Jenjang Pendidikan Menengah Pada Kurikulum Merdeka.

Maili, S. N. (2018). Bahasa Inggris pada sekolah dasar: Mengapa perlu dan mengapa dipersoalkan. JUDIKA (Jurnal Pendidikan Unsika), 6(1), 23-28.

Nurhasanah. (2018. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Quiz Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas Viii. I Di Mtsn 1 Gayo Lues. Skripsi. Universitas Islam Ar-Raniry. Banda Aceh.

Permendikbud No. 57 pasal 5 tahun 2014 tentang Kurikulum Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah.

Permendikbud Ristek No. 7 tahun 2022 tentang standar isi pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah.

Putri, D. D. H., Dewi, N. K., & Rosyidah, A. N. K. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Quiz Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 20 Ampenan. Progres Pendidikan, 1(3), 225-235. Riduwan. (2015). Metode dan Teknik Menyusun Proposal Penelitian (Untuk Mahasiswa S-1, S-2, S-3). Bandung: Alfabeta.

Rozi, F., & Bentri, A. (2023). Pengaruh Strategi Pembelajaran Team Quiz Berbantuan Media Microsoft Power Point terhadap Pemecahan Masalah Belajar pada Mata Pelajaran BK TIK di SMAN 6 Padang. Jurnal Family Education, 3(1), 9-12.

Salamah, D., & Maryono, M. (2022). Pembelajaran Team Quiz Berbantuan Quizizz Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 461-470.

Silberman, Melvin L.; Raisul Muttaqien (penerjemah). (2014). Active learning : 101 cara belajar siswa aktif . Bandung: Nuansa Cendekia,.

Suprijono A. (2010). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Tarigan, O. A., Kusumah, I. H., & Karo-Karo, U. (2016). Penerapan model active learning type quiz team untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMK. Journal of Mechanical Engineering Education, 3(1), 124-128.




DOI: https://doi.org/10.30596/jppp.v5i1.16285

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran [JPPP]

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jppp@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creation is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License