Pengembangan Media Video Motion Graphic pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas VII Sekolah Menengah Pertama

Fira Rahadhatul Aisy, Zelhendri Zen, Novrianti Novrianti, Meldi Ade Kurnia Yusri

Abstract


Penelitian pengembangan ini dilatar belakangi oleh kurangnya minat dan partisipasi siswa dalam mengikuti pembelajaran Bahasa Inggris, sehingga mempengaruhi respon siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran. Kurangnya ketersediaan media pembelajaran mengakibatkan pelaksanaan pembelajaran kurang bervariatif. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk media video yang dapat digunakan dalam pelaksanaan pembelajaran.

Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research & Development) dengan menggunakan model pengembangan 4D (four-D) yang terdiri dari 4 tahapan, yaitu Define (pendefenisian) , Design (perancangan), Development (pengembangan), Dissemination. Pengumpulan data menggunakan lembar validasi yang terdiri dari lembar validasi materi, validasi media, serta angket respon dari peserta didik. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah 17 orang peserta didik di kelas VII SMP Angkasa Lanud Padang.

Berdasarkan hasil penilaian uji kelayakan melalui lembar validasi oleh validator materi dan validator media, diperoleh hasil dari validator materi dengan persentase 94,70% dengan kategori sangat valid. Hasil validasi bersama validator media diperoleh persentase 98,94% dengan kategori sangat valid dari validator I. Hasil validasi bersama validator II memperoleh persentase 95,78% dengan kategori sangat valid. Uji praktikalitas dari media yang dikembangkan dinyatakan sangat valid dengan perolehan persentase sebesar 95%. Berdasarkan perhitungan tersebut, dapat disimpulkan media video animasi Motion Graphic pada mata pelajaran Bahasa Inggris materi Like and Dislike kelas VII SMA “Layak digunakan” dalam pelaksanaan pembelajaran.


Keywords


Pengembangan, Video Animasi Motion Graphic, Mata Pelajaran Bahasa Inggris

Full Text:

PDF

References


Agustyaningrum, N., Gusmania, Y. (2017). Praktikaitas dan kelelfelktifan moldul gelolmeltri analitik ruang belrbasis kolnstruktivismel. Jolurnal Dimelnsi (Voll 6 Nol 3) . Hal 412-420.

Crololk, I., Belarel, P. (2016). Moltioln Graphics. Inggris: Blololmsburry Publishing. Diambil dari https://bololks.gololglel.col.id. Diaksels tanggal 14 Juli 2023

Hapsari, A. S., Hanif, M., Gunarhadi, & Rolelmintolyol. (2019). Moltioln graphic animatioln videlols tol improlvel thel lelarning olutcolmels olf ellelmelntary schololl studelnts. Elurolpelan Jolurnal olf Elducatiolnal Relselarch (Voll. 8), Hal 1245-1255.

Jalinus, N & Ambiyar. (2016). Meldia & sumbelr pelmbellajaran. Jakarta: Kelncana

Jusniar, dkk. (2014). Pengembangan perangkat assesment berbasis keterampilan generik sains (kgs) pada mata kuliah praktikum kimia fisik II. Jurnal Pendidikan Kimia 1 (1) . Hal 35-42

Kustandi, C., & Darmawan, D. (2020). Pelngelmbangan meldia pelmbellajaran. Jakarta : Kelncana.

Kurniawan, C. & Kuswandi, D. (2021). Pelngelmbangan el-moldul selbagai meldia litelrasi digital pada pelmbellajaran abad 21. Diambil dari https://bololks.gololglel.col.id. Diaksels tanggal 14 Juli 2023.

Muhasim. (2017). Pelngaruh telhnollolgi digital, telrhadap moltivasi bellajar pelselrta didik. Jurnal Studi Kelislaman dan Ilmu Pelndidikan (Voll.5, Nol.2). Hal 53-77

Munir. (2012). Multimeldia kolnselp & aplikasi dalam pelndidikan. Diambil dari https://bololks.gololglel.col.id. Diaksels tanggal 14 Juli 2023

Nurfadhillah, S. (2021). Meldia Pelmbellajaran. diambil dari https://bololks.gololglel.col.id. Diaksels pada tanggal 9 Juni 2023.

Nurhasanah, A., Pribadi, R.A., Nur, M.D. (2021). Analisis kurikulum 2013. Jurnal Ilmiah FKIP Univelrsitas Mandiri (Voll 07 Nol 02). Hal 484-493.

Pribadi, B.A . (2019) Meldia dan telknollolgi dalam pelmbellajaran. Jakarta: Prelnadameldia Grolup.

Rahmayanti,L. Istianah, F. (2018). Pelngaruh pelnggunaan meldia videlol animasi telrhadap hasil bellajar siswa kellas V SDN Sel-Gugus sukoldolnol sudolarjol,” JPGSD 6, nol. 4. Hal 429–439.

Sukardi. (2019). Metodologi penelitian pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Yaumi, M. (2017). Prinsip-prinsip delsain pelmbellajaran diselsuaikan delngan kurikulum 2013. Jakarta : Kelncana.

Pratiwi, S. N., & Amini, A. (2023). Efforts to Increase Lecturer Involvement through Organizational Culture, Transformational Leadership and Economic Prosperity. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(1), 150-164.

Aktar, S., Amini, A., & Pratiwi, S. N. (2023). Development and Management of Islamic Education Curriculum In The Covid-19 Pandemic: Case Study at SMP IT Mutiara Kab. Deli Serdang North Sumatra. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(02).

Nurzannah, N., Syamsuyurnita, S., & Pasaribu, M. (2023). Pengembangan Silabus dan Rencana Pembelajaran Mata Kuliah Kemuhammadiyahan di Program Studi Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(02).




DOI: https://doi.org/10.30596/jppp.v4i3.16313

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran [JPPP]

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jppp@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creation is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License