Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas VIII di SMP

Vanisa Aulia, Zuliarni Zuliarni, Elsa Rahmayanti, Nofri Hendri

Abstract


Permasalahan yang ditemukan di lapangan yaitu pada pembelajaran IPA masih menggunakan media pembelajaran berupa LKS dan powerpoint berisikan tulisan dan gambar, serta masih rendahnya hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran IPA di SMPN 13 Padang. Karena pembelajaran masih bersifat konvensional, sehingga pembelajaran menjadi kurang menggairahkan dan kurang menarik. Penyampaian materi secara verbal tanpa diikuti dengan variasi visual yang menarik dan konkret membuat banyak siswa kesulitan dalam memahami materi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media video pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran IPA kelas VIII di SMPN 13 Padang. Jenis penelitian yaitu eksperimen semu yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan sampel berjumlah 60 siswa dari kelas VIII.8 dan VIII.9. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata rata kelas eksperimen adalah 78.5 dan nilai rata rata kelas kontrol adalah 60. Bersumber pada perhitungan uji t (t-test) diperoleh thitung 16.22 dan ttabel pada taraf signifikan 0.05 yakni 2.00. Bila dibandingkan, sehingga thitung > ttabel yaitu 16.22 > 2.00. Yang berarti bahwa H1 diterima. Dengan demikian, penggunaan media video pembelajaran berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran IPA kelas VIII di SMPN 13 Padang.

Keywords


Media Pembelajaran; Media Video Pembelajaran; IPA; Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Akbar, N. (2018). untuk Penelitian. UJI NORMALITAS DATA Untuk PENELITIAN, 117.

A Benny Pribadi. (2017). Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat, Hal. 13.

Azhar Arsyad. (2015). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Hal 13

Azhar Arsyad. (2015). Media Pembelajaran, Jakarta: PT. Raja Grapindo Persada, H.50-51

Busyaeri, A., Udin, T., & Zenuddin, A. (2016). Pengaruh Penggunaan Video. Al Ibtida, 3(20), 116–137.

Cecep Kustandi dan Bambang Sutjipto. (2015). Media Pembelajaran Manual dan Digital Edisi Digital. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia, hal. 64.

Iwantara, I., Sadia, I., & Suma, I. (2014). Pengaruh Penggunaan Media Video Youtube Dalam Pembelajaran IPA Terhadap Motivasi Belajar Dan Pemahaman Konsep Siswa. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA, 4(1), 1–13.

https://www.neliti.com/id/publications/122399/pengaruh-penggunaan-media-video-youtube-dalam-pembelajaran-ipa-terhadap-motivasi

Jatmiko, P. D., Wijayantin, A., & Susilaningsih. (2016). PENGARUH PEMANFAATAN VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS IV SEKOLAH DASAR Prayoga Dwi Jatmiko, Anastasia Wijayantin, Susilaningsih Universitas Negeri Malang. Edcomtech, 153–156.

Kusdiwelirawan Tri Isti, A. . H. (2015). Perbandingan Peningkatan Keterampilan Generik Sains Antara Model Inquiry Based Learning dengan Model Problem Based Learning. Omega: Jurnal Fisika Dan Pendidikan Fisika, Vol 1, No 2 (2015), 19–23. http://omega.uhamka.ac.id/index.php/omega/article/view/36

Mukrimaa, S. S., Nurdyansyah, Fahyuni, E. F., YULIA CITRA, A., Schulz, N. D., غسان, د., Taniredja, T., Faridli, E. M., & Harmianto, S. (2016). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(August), 128.

Roulina, P. E. (2021). Pengembangan Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed, 11(2), 170. https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v11i2.28865

Sudjana, N dan Rivai, A. (2017). Media Pengajaran (Bandung: CV. Sinar Baru, H.2

Trianto (2017). Model Pembelajaran Terpadu, (Jakarta: Bumi Aksara, 2010), hlm.136.

Usmadi, U. (2020). “Pengujian Persyaratan Analisis (Uji Homogeitas Dan Uji Normalitas)”. Inovasi Pendidikan, 7. (1)

Yendrita, Y., & Syafitri, Y. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Biologi. BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 2(1), 26–32. https://doi.org/10.31539/bioedusains.v2i1.620

Yunita, D., & Wijayanti, A. (2017). Pengaruh Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Ipa Ditinjau Dari Keaktifan Siswa. SOSIOHUMANIORA: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Humaniora, 3(2), 153–160. https://doi.org/10.30738/sosio.v3i2.1614




DOI: https://doi.org/10.30596/jppp.v5i1.16335

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran [JPPP]

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jppp@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creation is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License