Penerapan Model Problem-Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Matriks di Kelas XI
Abstract
Hasil belajar peserta didik menunjukkan keberhasilan suatu proses pembelajaran. Untuk mendapatkan hasil belajar yang baik diperlukan tindakan yang tepat untuk mengatasi jika terdapat permasalahan yang menyebabkan rendahnya hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi matriks dengan menggunakan model Problem Based Learning di kelas XI 3 SMA Methodist 2 Palembang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan mengikuti siklus Kemmis & McTaggart yang setiap siklusnya terdiri dari empat tahapan yaitu rencana, tindakan, observasi, dan refleksi yang dianalisis secara kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI 3 SMA Methodist 2 Palembang yang berjumlah 30 orang. Hasil penelitian ini adalah adanya peningkatan hasil belajar peserta didik yang ditunjukkan dari nilai rata-rata hasil belajar peserta didik pada siklus I adalah 67,33 dengan ketuntasan klasikal 46,67% dan nilai rata-rata hasil belajar peserta didik pada siklus II adalah 84,27 dengan persentase ketuntasan klasikal 90%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ali, S. S. (2019). Problem Based Learning: A Students-Centered Approach. English Language Teaching, 12, 73-78. Retrieved from https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1212283.pdf
Aqib, Z., & Chotibuddin, M. (2018). Teori dan Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Deepublish.
Arni, N., & Sari, M. P. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Pada Materi Perbandingan Kelas VII SMP Swasta PAB 1 Klumpang Tahun Ajaran 2020/2021. Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pengajaran: JPPP, 3, 126-134. doi:https://doi.org/10.30596/jppp.v3i2.7105
Aufa, M., Saragih, S., & Minarni, A. (2016). Development of Learning Devices trhough Problem Based Learning Model Based on Context of Aceh Cultural to Improve Matematical Communication Skills and Social Skills of SMPN Muara Batu Students. Journal of Education and Practice, 232-248. Retrieved from https://eric.ed.gov/?id=EJ1112888
Azman, N., & Shin, L. (2012). Problem-Based Learning in English for a Second Language Classroom: Students' Perspectives. International Journal of Learning, 109-128. doi:10.18848/1447-9494/CGP/v18i06/4764
Brathatapa, I. G. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar PPKn pada Materi Kewenangan Lembaga-Lembaga Negara. Journal of Education Action Research, 5, 171-178. doi:https://doi.org/10.23887/jear.v5i2.33349
Burhana, A., Octavianti, D., Anggrahaeni, L. M., Ashariyanti, N. D., & Mardani, P. A. (2021). Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Cara Berpikir Kritis Siswa di Sekolah Dasar. SNHRP, 302-307. Retrieved from https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/207
Darmadi. (2017). Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish.
Esema, D., Susari, E., & Kurniawan, D. (2012). Problem-Based Learning. Satya Widya, 167-173. doi:https://doi.org/10.24246/j.sw.2012.v28.i2.p167-174
Hermanto, B. D., & Susilawati. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matriks. AB-JME: Al-Bahjah Jurnal of Mathematics Education, 22-32. Retrieved from https://jurnal.staialbahjah.ac.id/index.php/abjme/article/view/15
Islamiah, I. D. (2019). Pengaruh Minat Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika di SMKN 1 Cihampelas. Journal On Education, 01, 451-457. doi:https://doi.org/10.31004/joe.v1i2.91
Kemmis, S., McTaggart, R., & Nixon, R. (2014). The Action Research Planner: Doing Critical Participatory Action Research. Singapore: Springer.
Larsson, J. (2001). Problem Based Learning: A Possible Approach to Language Education. Retrieved December. Retrieved from https://citeseerx.ist.psu.edu/document?repid=rep1&type=pdf&doi=e8e4764c9a75ecdb709c7b7d7309108aad664a87
Lubis, M. A., & Azizan, N. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika di SMP Muhammadiyah 07 Medan Perjuangan Tahun Pelajaran 2018/2019. Logaritma: Jurnal Ilmu-ilmu Pendidikan dan Sains, 150-163. doi:10.24952/logaritma.v6i02.1282
Lubis, R. R., Irwanto, & Harahap, M. Y. (2019). Increasing Learning Outcomes and Ability Critical Thinking of Students Through Application Problem Based Learning Strategies. International Journal for Educational Vocational Studies, 524-527. doi:https://doi.org/10.29103/ijevs.v1i6.1679
Malmia, W., Makatita, S. H., Lisaholit, S., Azwan, A., Maghfirah, I., Tinggapi, H., & Umanailo, M. C. (2019). Problem-Based Learning as an Effort to Improve Student Learning Outcomes. International Journal of Scietific and Technology Research, 8(09), 1140-1143. Retrieved from https://www.ijstr.org/final-print/sep2019/Problem-based-Learning-As-An-Effort-To-Improve-Student-Learning-Outcomes.pdf
Nabillah, T., & Abadi, A. P. (2020). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Prosiding Sesiomedika, 659-663. Retrieved from https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2685
Rasyid, H., & Mansur. (2019). Penilaian Hasil Belajar. Tangerang: PT Sandiarta Sukses.
Reski, R., Hutapea, N., & Saragih, S. (2019). Peranan Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kemandirian Belajar Siswa. Juring: Journal for Research in Matematics Learning, 49-57. doi:http://dx.doi.org/10.24014/juring.v2i1.5360
Saputra, H. (2021). Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning). Jurnal Pendidikan Inovatif, 5, 1-9. doi:10.17605/OSF.IO/GD8EA
Siagian, M. V., Saragih, S., & Sinaga, B. (2019). Development of Learning Materials Oriented on Problem-Based Learning Model to Improve Students' Mathematical Problem Solving Ability and Metacognition Ability. International Eletronic Journal of Mathematics Education, 331-340. Retrieved from https://eric.ed.gov/?id=EJ1227196
Siregar, R., Suwanto, & Siagian, M. D. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matriks. Jurnal Mathematic Pedagogic, 31-38. doi:https://doi.org/10.36294/jmp.v6i1.2325
Susanti, L., Muslimin, Hirza, B., & Atikah, D. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Model Problem Based Learning Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Pendopo Barat. Jurnal Penelitian Tindakan, 1-12. doi: https://doi.org/10.32502/jpt.v1i1.5719
Tan, O. S. (2000). Reflecting on Innovating the Academic Architecture for the 21st Century: A Singapore Perspective. Educational Development(1.3), 8-1.
Tan, O.-S. (2003). Problem-Based Learning Innovation: Using Problems to Power Learning in the 21st Century. Singapore: Gale Cengage Learning.
DOI: https://doi.org/10.30596/jppp.v4i3.16415
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran [JPPP]
Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jppp@umsu.ac.id
Creation is distributed under theĀ Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License