Pengaruh Video Animasi Powtoon terhadap Keterampilan Proses IPA di Kelas V SDN 067774

Dinda Afrillia Tanjung, Melyani Sari Sitepu

Abstract


Latar belakang penelitian ini adalah kurang efektifnya penggunaan teknologi dan media pembelajaran dalam proses pendidikan IPA. Pertanyaan penelitian ini adalah apakah keterampilan proses sains siswa kelas V SDN 067774 Medan Johor dipengaruhi oleh media video animasi kartun. Dilihat dari beberapa masalah yang muncul diantaranya kurang optimalnya penggunaan media pembelajaran dan teknologi yang berperan dalam proses pembelajaran IPA. Oleh sebab itu penggunaan media video animasi powtoon menjadi solusi terhadap penelitian ini untuk mengetahui  keterampilan proses IPA siswa pada pembelajaran IPA materi perpindahan kalor. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh media video animasi powtoon terhadap keterampilan proses belajar IPA siswa kelas eksperimen di SDN 067774 Medan Johor. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas V SD Negeri 067774 Medan Johor yang terdiri dari 2 kelas dengan uji purposive. Variabel mandiri adalah Media Video Gerakan Powtoon sedangkan variabel terikat adalah Kemampuan Siklus Sains mahasiswa. Uji Independen Samples Test digunakan untuk menguji hipotesis; sebelum itu, uji normalitas dan homogenitas juga digunakan. Temuan penelitian ini adalah sig. 2-tailed dari 0,000, atau kurang dari 0,05. Keterampilan proses IPA dengan media video animasi Powtoon tergolong baik dengan nilai rata rata 90,46, ditinjau dari KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum) maka nilai rata-rata keterampilan proses IPA termasuk dalam kategori tuntas karena ada di atas nilai 70. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran dengan menggunakan media video animasi powtoon terhadap keterampilan proses IPA siswa kelas V SDN 067774 Medan Johor T.A 2022/2023.


Keywords


pendidikan;pengajaran;penelitian

Full Text:

PDF

References


Aghni, R. I. (2018) “Fungsi Dan Jenis Media Pembelajaran Dalam Pembelajaran Akuntansi,” Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 16(1). doi: 10.21831/jpai.v16i1.20173.

Alwi, S. (2017) “Problematika Guru dalam Pengembangan Media Pembelajaran,” ITQAN: Jurnal Ilmu-Ilu Kependidikan, 8(2), pp. 145–167. Available at: http://ejurnal.iainlhokseumawe.ac.id/index.php/itqan/article/download/107/65/.

Aziz, F. (2020) “Pengembangan Cerpen Tematik Tema Menyayangi Tumbuhan Dan Hewan Menggunakan Aplikasi Powtoon Berbasis Video,” Dimar, 2(1), pp. 035–052.

Daryanto, I. S. (2014) “Konsumen dan pelayanan prima,” Cetakan I. Yogyakarta: Gava Media, pp. 117–118.

Dasar, S. S. (2007) “* Dosen Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Purwakarta,” 12(1), pp. 25–33.

Deliviana, E. (2017) “Aplikasi PowToon Sebagai Media Pembelajaran : Manfaat dan Problematikanya,” Journal of Chemical Information and Modeling, 6(1), pp. 1689–1699.

Fadilah, A. A. et al. (2022) “Analisis Pemanfaatan Media Powtoon Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Di Kelas 5 Sd Negeri Karang Tengah 11 Kota Tangerang,” Sibatik Journal | Volume, 1(9), pp. 1843–1858. Available at: https://publish.ojs-indonesia.com/index.php/SIBATIK.

Fatmawati, N. L. (2021) “Pengembangan Video Animasi Powtoon Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris Usia Sekolah Dasar di Masa Pandemi,” INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 26(1), pp. 65–77. doi: 10.24090/insania.v26i1.4834.

Gasila, Y. et al. (2019) “Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa Dalam Menyelesaikan Soal IPA di SMP Negeri Kota Pontianak,” Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, 06(1), pp. 14–22.

Habe, H. and Ahiruddin, A. (2017) “Sistem Pendidikan Nasional,” Ekombis Sains: Jurnal Ekonomi, Keuangan dan Bisnis, 2(1), pp. 39–45. doi: 10.24967/ekombis.v2i1.48.

Kartimi, Gloria, R. Y. and Ayani (2013) “Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses dalam Pengajaran Biologi untuk Mengetahui Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Ekosistem Kelas VII di SMPN 1 Talun,” Jurnal Scientiae Educatia, 2(1), pp. 73–85. Available at: http://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/sceducatia/article/view/524.

Krismony, N. P. A., Parmiti, D. P. and Japa, I. G. N. (2020) “Pengembangan Instrumen Penilaian Untuk Mengukur Motivasi Belajar Siswa SD,” Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(2), p. 249. doi: 10.23887/jippg.v3i2.28264.

Luh, N. and Ekayani, P. (2021) “Pentingnya penggunaan media siswa,” Pentingnya Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa, (March), pp. 1–16. Available at: https://www.researchgate.net/profile/Putu-Ekayani/publication/315105651_PENTINGNYA_PENGGUNAAN_MEDIA_PEMBELAJARAN_UNTUK_MENINGKATKAN_PRESTASI_BELAJAR_SISWA/links/58ca607eaca272a5508880a2/PENTINGNYA-PENGGUNAAN-MEDIA-PEMBELAJARAN-UNTUK-MENINGKATKAN-PRESTASI-.

Mahmudah, S. (2018) “Media Pembelajaran Bahasa Arab,” An Nabighoh Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Arab, 20(01), p. 129. doi: 10.32332/an-nabighoh.v20i01.1131.

Miftah, M. (2013) “Fungsi, Dan Peran Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa,” Jurnal Kwangsan, 1(2), p. 95. doi: 10.31800/jkwangsan-jtp.v1n2.p95--105.

Muhson, A. (2010) “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi,” Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(2). doi: 10.21831/jpai.v8i2.949.

Noor, T. (2018) “Rumusan Tujuan Pendidikan Nasional Pasal 3 Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No 20 Tahun 2013 Melalui Pendekatan Nilai-Nilai Yang Terkandung Dalam Ayat 30 Surah Ar-Ruum dan Ayat 172 Surah Al-‘Araaf,” Universitas Singaperbangsa Karawang, (20), pp. 123–144.

Nuraini, F. and Kristin, F. (2017) “Penggunaan Model Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas 5 Sd,” E-Jurnalmitrapendidikan, 1(4), pp. 369–379. doi: 10.1080/10889860091114220.

Nurdiansyah, dan Amalia, F. (2018) “Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Pelajaran IPA Materi Komponen Ekosistem,” Pgmi Umsida, 1, pp. 1–8.

Nurrita, T. (2018) “Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa,” MISYKAT: Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah dan Tarbiyah, 3(1), p. 171. doi: 10.33511/misykat.v3n1.171.

Purba, H. S., Saputra, N. A. B. and Adini, M. H. (2021) “Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Powtoon Bagi Guru Madrasyah Aliyah Amuntai,” Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(4), p. 385. doi: 10.20527/btjpm.v3i4.3907.

Purbosari, P. M. (2016) “Pembelajaran Berbasis Proyek Membuat Ensiklopedia Ilmu Pengetahuan Alam (Ipa) Untuk Meningkatkan Academic Skill Pada Mahasiswa,” Scholaria : Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 6(3), p. 231. doi: 10.24246/j.scholaria.2016.v6.i3.p231-238.

Rahmawati, A. (2016) “Kelebihan Dan Kekurangan Powtoon Sebagai Media Pembelajaran,” Jurnal Ilmiah Kependidikan, 17(1), pp. 1–8.

Ridha Yoni Astika, Bambang Sri Anggoro and Siska Andriani (2020) “Pengembangan Video Media Pembelajaran Matematika Dengan Bantuan Powtoon,” Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Matematika (JP3M), 2(2), pp. 85–96. doi: 10.36765/jp3m.v2i2.29.

Siregar, E. and Widyaningrum, R. (2015) “Belajar Dan Pembelajaran,” 09(02), pp. 193–210. Available at: https://www.coursehero.com/file/52663366/BELAJAR-DAN-PEMBELAJARAN1-convertedpdf/.

Siswono, H. (2017) “Analisis Pengaruh Keterampilan Proses Sains Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Siswa,” Momentum: Physics Education Journal, 1(2), p. 83. doi: 10.21067/mpej.v1i2.1967.

Tauhid, R. (2020) “Dasar-Dasar Teori Pembelajaran,” Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 1(2), pp. 32–38. Available at: http://jurnal.stkipkieraha.ac.id/index.php/pendas/article/view/109.

Tyas, R. A., Wilujeng, I. and Suyanta, S. (2020) “Pengaruh pembelajaran IPA berbasis discovery learning terintegrasi jajanan lokal daerah terhadap keterampilan proses sains,” Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 6(1), pp. 114–125. doi: 10.21831/jipi.v6i1.28459.

Wahid, A. (2018) “Pentingnya Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Prestasi Belajar,” Istiqra, 5(2), pp. 1–11.

Yuliati, Y. (2016) “Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa Sekolah Dasar Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah,” Jurnal Cakrawala Pendas, 2(2). doi: 10.31949/jcp.v2i2.335.




DOI: https://doi.org/10.30596/jppp.v4i3.16418

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran [JPPP]

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jppp@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creation is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License