Pengaruh Penggunaan Media Augmented Reality Assemblr Edu dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa SMP

Masri Masri, Dewi Surani, Ade Fricticarani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh penggunaan media Augmented Reality Assemblr Edu dalam meningkatkan minat belajar IPA pada siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Cilegon, khususnya pada topik sistem pencernaan manusia. Minat belajar yang kuat pada subjek ini dianggap penting untuk meningkatkan pemahaman dan prestasi akademik siswa dalam bidang sains. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian terdiri dari satu kelas di SMP Negeri 12 Cilegon, yang terdiri dari 35 siswa. Dengan diberikan perlakuan menggunakan media Augmented Reality Assemblr Edu dalam pembelajaran tentang sistem pencernaan manusia. Data minat belajar dikumpulkan menggunakan kuesioner setelah intervensi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji validitas, uji normalitas, uji regresi liniear sederhana, uji t dan uji koefisien determinasi (R2) untuk membandingkan perbedaan minat belajar antara menggunakan media Augmented Reality Assemblr Edu dengan pembelajaran konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media Augmented Reality Assemblr Edu memiliki dampak positif yang signifikan pada minat belajar siswa. Kelompok eksperimen yang menggunakan media Augmented Reality Assemblr Edu menunjukkan peningkatan yang lebih besar dalam minat belajar. Temuan ini memberikan bukti bahwa teknologi Augmented Reality dapat meningkatkan minat belajar siswa pada subjek IPA, khususnya dalam konteks sistem pencernaan manusia.

Keywords


Media, Augmented Reality, Minat Belajar

Full Text:

PDF

References


Adam, S. (2015). Pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknolog informasi bagi siswa kelas X SMA Ananda Batam. Computer Based Information System Journal, 3(2).

Amirudin, N. (2019). Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Era Digital. Jurnal Proseding Seminar Nasional. ISBN : 978-602-6697-31-8.

Febriningrum & Purwaningsih. (2022). Pengaruh Aplikasi Assemblr Edu Berbasis Teknologi Augmented Reality Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Sejarah Indonesia Kelas XI IPS SMAN 8 Surabaya. E-Jurnal Pendidikan Sejarah.

Fitriana M. Sabir. (2022). Aplikasi Media Pembelajaran IPA Berbasis Augmented Reality (AR). JTRISTE. 9 (1). 132-142.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25 (ke-9th ed.). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Kishino, P. M. and F. (2017). Markerless Augmented Reality Pada Perangkat Android. E-Journal Teknik Informatika.

Mangelep, N. O. (2017). Pengembangan Website Pembelajaran Matematika Realistik Untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 431-440.

Nurlaeli, A. (2020). Inovasi Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Pada Madrasah Dalam Menghadapi Era Milenial. Jurnal Wahana Karya Ilmiah. 4(2)

Nurlaila, (2018). Profesionalisme guru dalam meningkatkan mutu pendidikan. Palembang. Perpusnas.

Rohani. (2019). Media Pembelajaran. Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Sugiarto, A. (2022). Penggunaan Media Augmented Reality Assemblr Edu untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Peredaran Darah. Jurnal Guru Inovatif. 1-13.

Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Surani, D & Miftahudin. (2018). Kompetensi Guru Dan Motivasi Mengajar Guru Berpengaruh Terhadap Efektivitas Pembelajaran Di Smk Negeri 3 Kota Serang. Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan. Vol. 4 No. 02, 149-158.

Surani, D. (2019). Studi Literatur : Peran Teknolog Pendidikan Dalam Pendidikan 4.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP. Vol. 2, No.1, 2019, hal. 456 – 469.

Tiwow, D. (2020). The Effect of Cooperative Learning Model of STAD to the Mathematics Understanding. Atlantis Press, diambil dari https://doi.org/10.2991/assehr.k.200513.063.

Wijaya, T. T., Purnama, A., & Tanuwijaya, H. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berdasarkan Konsep Tpack pada Materi Garis dan Sudut Menggunakan Hawgent Dynamic Mathematics Software. JPMI – Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(3), 205–214.




DOI: https://doi.org/10.30596/jppp.v4i3.16429

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran [JPPP]

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jppp@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creation is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License